7 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Terima SMS

192
HP Tidak Bisa Terima SMS
HP Tidak Bisa Terima SMS

HP Tidak Bisa Terima SMS – HP android sejatinya berfungsi sebagai alat komunikasi, namun dengan bentuk yang lebih canggih. Sebelum hadirnya HP android, dulunya berkomunikasi hanya bisa dilakukan dengan cara SMS atau telepon. Namun, sekarang ini sudah bisa lebih dari itu. HP android hadir untuk semakin memudahkan pengguna dalam hal berkomunikasi dengan orang lain yang ada di tempat yang jauh. Sekarang ini kita sudah bisa melakukan panggilan video, di mana tidak hanya suara saja yang didengar melainkan juga bisa saling bertatap muka dengan orang yang kita ajak komunikasi.

HP Tidak Bisa Terima SMS
HP Tidak Bisa Terima SMS

Sementara untuk SMS sendiri, sekarang sudah semakin tergeser dengan adanya aplikasi chatting online yang diklaim lebih cepat dan mudah digunakan. Pengguna juga tidak perlu membayar pulsa secara terus-menerus layaknya SMS. Cukup menghubungkan HP ke jaringan internet, maka dengan mudah kita chattingan sepuasnya. Salah satu aplikasi chatting online yang paling populer digunakan sekarang ini yakni WhatsApp. Tidak hanya di Indonesia saja, pengguna dari seluruh dunia juga banyak yang memilih aplikasi satu ini.

Baca Juga:

Meskipun sudah semakin canggih dan mudah, namun ternyata masih ada beberapa pengguna yang tetap setia menggunakan SMS sebagai sarana komunikasinya. Entah apa alasannya, yang pasti SMS masih dibutuhkan oleh beberapa orang. Berbicara mengenai SMS, terkadang HP android memiliki masalah tentang itu. Salah satu masalah yang cukup sering dialami yakni HP tidak bisa terima SMS yang masuk. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP android tidak bisa menerima SMS tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Terima SMS

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Terima SMS
Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Terima SMS

HP yang tidak bisa menerima SMS biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya saja karena sinyal HP yang bermasalah, operator sedang gangguan, aplikasi SMS error, salah dalam mengatur jaringan dan lain sebagainya. Dari beberapa penyebab tersebut, tentunya cara untuk mengatasinya juga berbeda-beda. Meski demikian, tidak sulit kok untuk mengatasi HP tidak bisa menerima SMS tersebut.

Adapun cara mengatasi HP tidak bisa terima SMS dari HP lain selengkapnya, sebagai berikut:

1. Merestart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi Smartphone android tidak bisa menerima SMS yakni dengan melakukan restart. Cara satu ini selain mudah juga sangat ampuh mengatasi berbagai error ringan pada sistem android, termasuk juga masalah SMS yang tidak masuk.

Dengan merestart HP android juga akan membuat HP menjadi lebih enteng dan performa kinerjanya menjadi lebih cepat.

2. Menghapus Cache Aplikasi SMS

SMS yang tidak masuk ke HP android mungkin juga disebabkan oleh file cache aplikasi yang sudah sangat menumpuk. Jika hal ini terjadi pada HP androidmu, sebaiknya kamu hapus semua file cache aplikasi yang tersimpan tersebut. Tidak hanya masalah ini saja, file cache yang menumpuk juga bisa menyebabkan error lain pada aplikasi SMS.

Mengenai langkah-langkah untuk menghapus file cache aplikasi SMS selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan HP android.
  • Selanjutnya pilih opsi Aplikasi Terinstall.
  • Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi SMS di halaman tersebut.
  • Masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

Jika setelah melakukan penghapusan file cache aplikasi masalah tersebut belum teratasi, maka kamu bisa mencoba menghapus data aplikasinya. Caranya hampir sama, pada halaman Penyimpanan tadi kamu bisa klik pada tombol Hapus Data. Namun perlu diingat, cara ini akan membuat semua SMS dan pengaturan di dalamnya akan direset atau dihapus. Dengan begitu aplikasi SMS akan seperti baru pertama kali digunakan.

3. Menghapus Beberapa Pesan Masuk

Mungkin saja SMS yang tidak bisa masuk disebabkan oleh kotak masuk SMS yang terlalu banyak. Ada batasan kapasitas tersendiri yang sudah diatur untuk kotak masuk SMS tersebut. Hal ini biasanya juga dipengaruhi dengan dukungan kapasitas memori internal di HP android tersebut.

Jika memori internal HP sudah penuh dan jumlah kotak masuk SMS sangat banyak, bisa jadi hal ini membuat HP tidak bisa menerima SMS yang masuk lagi. Karena itulah, untuk mengatasi masalah tersebut kamu perlu menghapus beberapa SMS yang sekiranya tidak begitu penting. Kalau memang semuanya tidak penting, maka kamu bisa menghapus semua kotak masuk SMS.

4. Mengubah Jaringan HP ke 3G

Belum banyak yang tahu kalau tidak semua HP android masih belum didukung dengan fitur menerima dan mengirim SMS di jaringan 4G. Karena itulah, kamu perlu menyetting jaringan HP ke 3G agar SMS-an bisa dilakukan dengan lancar. Atau bisa juga memilih jaringan otomatis, di mana HP bisa mengubah sendiri jaringannya sesuai kondisi yang ada.

Masalah satu ini biasanya sering dialami oleh pengguna yang melakukan lock jaringan 4G di HP android. Sehingga ketika ingin mengirim atau menerima SMS/telepon tentunya tidak bisa dilakukan. Mengenai cara mengubah jaringan HP ke 3G atau otomatis, yakni:

  • Langkah pertama kamu masuk ke menu Pengaturan HP android.
  • Kemudian masuk ke menu Koneksi.
  • Klik pada opsi Jaringan Seluler.
  • Pada bagian Mode Jaringan, kamu bisa menggantinya ke Jaringan 3G atau otomatis (2G/3G/4G LTE).
  • Selesai.

5. Pengaturan SMSC atau Layanan Pusat Pesan Operator

Umumnya SMSC ini diatur secara otomatis oleh pihak operator, sehingga kamu tidak perlu melakukan pengaturan lagi. Kamu bisa langsung menggunakannya untuk SMS seperti biasa di HP androidmu. Tetapi, pada kondisi tertentu pengaturan SMSC tersebut berubah dengan sendirinya. Alhasil, hal ini menyebabkan HP tidak bisa digunakan untuk mengirim dan menerima SMS.

Sebaiknya kamu mengecek SMSC atau Layanan Pusat Pesan Operator tersebut. Pastikan nomornya sesuai dengan jenis operator yang sedang kamu gunakan. Kamu bisa melihat pengaturan ini melalui pengaturan jaringan seluler.

6. Menghubungi Pihak Operator

Jika cara di atas sudah kamu lakukan, namun HP tetap tidak bisa menerima SMS, maka cara satu ini bisa dijadikan alternatif. Kamu bisa menghubungi call center operator yang kamu gunakan. Pihak operator biasanya akan senantiasa membantu kendala yang dialami oleh penggunanya. Termasuk masalah HP yang tidak bisa menerima SMS tersebut.

Kamu tinggal menjelaskan apa masalah yang kamu alami pada kartu operator yang digunakan. Nantinya pihak operator akan memberikan solusi terbaik untuk masalah tersebut.

7. Melakukan Factory Reset

Mungkin saja masalah HP tidak bisa terima SMS disebabkan oleh sistem android yang bermasalah. Karena itulah kamu perlu memperbaiki masalah di sistem android tersebut. Cara terbaik untuk mengatasinya yakni dengan melakukan factory reset.

Melakukan factory reset akan menghapus semua data tersimpan di memori internal HP. Dan HP android tersebut nantinya akan dikembalikan ke settingan pertama pabrik layaknya HP baru pertama kamu digunakan. Sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP tidak bisa terima SMS yang paling mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?

Artikel SebelumnyaCara Menghilangkan Notifikasi Google Chrome di Android
Artikel SelanjutnyaCara Cek Sensor HP Samsung Paling Akurat
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini