Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima Panggilan

22
HP Tidak Bisa Menerima Panggilan
HP Tidak Bisa Menerima Panggilan

HP Tidak Bisa Menerima Panggilan – HP android merupakan salah satu perangkat gadget paling diminati sekarang ini. Tidak lain karena fungsinya yang fleksibel sehingga bukan hanya sebagai alat komunikasi saja. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan melalui smartphone android, bahkan berbagai aktivitas harian bisa dibantu dipermudah dengan kehadiran smartphone android tersebut. Terlebih lagi saat ini semakin banyak vendor HP yang menghadirkan produk smartphone android andalannya. Hal ini semakin memperketat saingan sehingga terjadi perang harga, bahkan beberapa tipe HP ada yang dijual dengan harga sangat murah.

HP Tidak Bisa Menerima Panggilan
HP Tidak Bisa Menerima Panggilan

Meski demikian, hal ini sama sekali tidak menghilangkan fungsi utama dari HP, khususnya HP android. HP tetap bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi, baik itu melakukan panggilan ataupun mengirim pesan. Untuk urusan melakukan panggilan, di HP android kita juga bisa melakukan panggilan berbasis video. Jadi, tidak hanya suara saja yang didengar saat menelpon, melainkan juga kelihatan orangnya layaknya kita sedang berhadap-hadapan. Hal ini tentunya akan semakin membuat kita puas dalam berkomunikasi melalui HP android.

Baca Juga:

Berbicara mengenai melakukan panggilan di HP android, terkadang ada masalah yang dialami oleh pengguna. Salah satunya adalah HP android yang tidak bisa menerima panggilan sama sekali. Saat ditelpon melalui HP lain, panggilannya tidak mau tersambung dan tidak muncul notifikasi sama sekali di HP tesebut. Untuk masalah tidak bisa menerima telepon ini, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utamanya. Namun, yang paling penting adalah bagaimana cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab HP Android Tidak Bisa Menerima Panggilan

Sebelum lanjut ke cara untuk memperbaiki masalah HP tidak dapat menerima panggilan, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja faktor penyebabnya. Adapun beberapa penyebab smartphone android tidak dapat menerima panggilan tersebut, di antaranya:

  • Sinyal HP bermasalah. Sinyal menjadi hal paling penting saat ingin melakukan panggilan melalui HP android. Jadi, jika sinyalnya bermasalah sudah pasti tidak dapat melakukan panggilan tersebut.
  • Sistem Android error. Entah itu karena terlalu banyak aplikasi yang dijalankan atau hal lainnya sehingga membuat sistem android tidak bekerja dengan normal. Hal ini juga bisa berdampak pada errornya penerimaan panggilan di HP.
  • Nomor HP terblokir. Mungkin karena kamu lupa tidak memperpanjang masa aktif kartu, sehingga masuk ke masa tenggang. Bahkan jika tetap tidak diperpanjang, maka hal ini akan membuat kartu provider yang kamu gunakan diblokir.
  • Kesalahan dalam mengatur jaringan. Pada HP yang dilock jaringan 4G kemungkinan hal ini bisa menyebabkan HP tersebut tidak dapat melakukan atau menerima panggilan. Salah satu penyebabnya adalah HP belum memiliki fitur VoLTE, yang mana fitur ini akan memungkinkan HP bisa melakukan panggilan di jaringan LTE.
  • Aplikasi Telepon error. Aplikasi atau menu Telepon di HP berperan penting dalam hal melakukan atau menerima panggilan. Jika mengalami error, tentu saja hal ini akan membuat HP tidak bisa melakukan dan menerima panggilan.
  • Bug pada sistem android. HP android bisa saja terdapat bug atau crash pada sistemnya sehingga mengganggu fungsi HP dalam menerima dan melakukan panggilan.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima Panggilan

HP Android Tidak Bisa Menerima Panggilan
HP Android Tidak Bisa Menerima Panggilan

Setelah mengetahui beberapa penyebab HP error tidak bisa menerima panggilan di atas, sekarang lanjut le cara untuk mengatasi masalah error tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, di antaranya:

1. Melakukan Restart HP

Cara yang paling mudah untuk mengatasi HP android tidak bisa menerima panggilan yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang. Cara ini memang sangat ampuh untuk mengatasi error ringan pada HP, termasuk HP yang tidak bisa melakukan dan menerima panggilan ini.

Selain itu, performa HP akan menjadi lebih ringan dan cepat dibandingkan sebelumnya, dikarenakan semua file cache dan sampah yang tersimpan di RAM akan dihapus secara permanen.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

Selain cara di atas, alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode. Tunggu beberapa saat dan biarkan mode tersebut tetap aktif. Selanjutnya kamu matikan lagi Mode Pesawat tersebut dan silakan lakukan panggilan lagi di HP lain. Biasanya cara ini akan cukup ampuh mengatasi HP yang tidak bisa ditelepon.

Mengaktifkan dan menonaktifkan lagi Mode Pesawat di HP akan merestart jaringan yang digunakan. HP akan kembali mendeteksi sinyal kartu provider sehingga hal ini akan mengatasi error pada sinyalnya.

3. Pindah ke Lokasi Lain

HP yang tidak bisa ditelepon biasanya juga disebabkan karena di lokasimu tersebut tidak memiliki sinyal yang stabil. Beberapa hal yang menyebabkannya antara lain, lokasi belum tercover sinyal operator, terganggung oleh sinyal lain, tower terhalang oleh gedung / bukit / atau bangunan tinggi lainnya.

Untuk itu, kamu bisa mencoba berpindah ke lokasi lain yang lebih lapang dan tercover sinyal provider dengan baik. Biasanya dengan cara ini kamu sudah bisa melakukan atau menerima panggilan telepon.

4. Jangan Melakukan Lock Jaringan 4G

Beberapa orang mengatur jaringan di HP androidnya menjadi 4G Only, di mana hal ini dilakukan untuk memaksimalkan sinyal 4G yang diterima oleh HP. Hal ini tentunya akan membuat HP tidak bisa berpindah ke jaringan lain, baik itu 3G atau 2G. Sementara untuk melakukan panggilan suara dibutuhkan sinyal 2G atau 3G di HP tersebut.

Sebenarnya bisa saja HP tetap dapat melakukan panggilan dengan sinyal 4G yang terkunci. Hanya saja, ini mengharuskan HP sudah dibekali fitur yang bernama VoLTE. Fitur ini hanya bisa ditemukan di HP keluaran baru dan pada HP android jadul kemungkinan besar belum memiliki fitur tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya atur jaringan di HP menjadi otomatis. Dengan demikian HP bisa menggunakan jaringan menyesuaikan kondisi yang ada, baik itu 4G, 3G, atau 2G. Untuk mengaturnya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Masuk ke opsi Koneksi.
  • Kemudian masuk ke opsi Jaringan Seluler.
  • Pilih SIM card yang ingin diubah jaringannya ke mode otomatis.
  • Kemudian pada bagian Mode Jaringan, kamu atur ke mode LTE/3G/2G (sambung otomatis).
  • Selesai.

5. Cek Kartu Provider yang Digunakan

HP android yang tidak bisa menerima panggilan bisa jadi karena kartu provider yang kamu gunakan habis masa aktifnya atau bahkan sudah diblokir. Kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika memang masa aktifnya sudah habis, maka kamu bisa melakukan perpanjangan dengan cara mengisi pulsa. Namun, jika terblokir maka harus ganti kartu baru atau bisa mengunjungi Grapari provider yang kamu gunakan.

Selain itu, bisa cek juga sinyal pada smartphone, pastikan terdapat sinyal di sana. Jika ternyata kartu SIM tidak terdeteksi oleh HP, maka kamu bisa mencabutnya dan membersihkan bagian kuningan SIM card dengan karet penghapus.

6. Lakukan Hapus Cache dan Data Telepon

Seperti yang dijelaskan di atas, smartphone tidak bisa menerima panggilan juga disebabkan karena aplikasi Telepon yang terpasang mengalami error. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan penghapusan cache atau data Telepon tersebut. Mengenai langkah-langkah melakukannya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Telepon.
  • Klik Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Pilih opsi Penyimpanan.
  • Klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Terakhir klik tombol Hapus Data.
  • Selesai.

7. Melakukan Reset HP Android

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi HP android tidak dapat melakukan dan menerima panggilan yakni dengan melakukan reset. Mungkin saja hal ini disebabkan karena HP tersebut mengalami bug pada bagian sistemnya. Untuk langkah-langkah melakukan reset HP android tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Klik pada opsi Reset.
  • Dan terakhir klik Reset Data Pabrik.
  • Selesai.

Perlu kamu tahu, melakukan reset HP android akan menyebabkan semua data yang tersimpan di memori internal akan terhapus secara permanen. Untuk itu, kamu perlu melakukan backup data jika memang terdapat data penting yang tersimpan di dalamnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP tidak bisa menerima panggilan yang paling ampuh dan mudah. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi di HP
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini