Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Getar Paling Ampuh

HP Tidak Bisa Getar – HP android bisa dibilang sebagai salah satu perangkat gagdet yang paling dibutuhkan di jaman modern seperti sekarang ini. Bagaimana tidak? Hampir semua orang tidak bisa terlepas dari penggunaan HP android tersebut setiap harinya. Tidak heran karena memang smartphone android memiliki banyak fungsi penting yang bisa membantu berbagai aktivitas harian pengguna. Selain itu, smartphone android juga bisa dijadikan sebagai sarana hiburan bagi penggunanya, baik itu dengan bermain game atau berselancar di sosial media.

HP Tidak Bisa Getar
HP Tidak Bisa Getar

Lain dari itu, fungsi utama dari HP ini sendiri adalah sebagai alat komunikasi. Di mana penggunaan HP tersebut akan memudahkan pengguna terhubung dengan pengguna lain yang jaraknya jauh. Berkomunikasi via HP bisa melalui layanan SMS, chatting online, panggilan suara ataupun panggilan video atau video call. Dalam hal komunikasi, HP android memberikan fitur notifikasi yang akan memberitahukan pengguna ketika ada notifikasi yang masuk. Notifikasi ini sendiri bisa berupa suara ataupun getaran sebagai penandanya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai fitur getar pada HP android, ada kalanya fitur tersebut tidak berfungsi normal pada HP. Maksudnya HP tidak bisa bergetar sama sekali ketika ada notifikasi masuk atau saat kondisi lainnya. Getar pada HP yang tidak bisa berfungsi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, yang paling penting di sini adalah bagaimana cara kita mengatasi HP tidak bisa getar tersebut. Untuk informasi selengkapnya bisa kalian simak pada ulasan di bawah ini!

Penyebab HP Tidak Bisa Bergetar

Seperti yang disinggung di atas, ada banyak faktor yang menjadi penyebab HP android tidak bisa getar. Mengetahui penyebabnya ini tentu akan memudahkan kamu untuk melakukan perbaikan pada masalah tersebut. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan smartphone android tidak dapat bergetar selengkapnya, sebagai berikut:

1. Fitur Getar Belum Diaktifkan

Secara default fitur getar pada smartphone android memang akan langsung diaktifkan, sehingga kamu tidak perlu mengaturnya lagi. Akan tetapi terkadang pengguna mematikan fitur getar tersebut secara sengaja atau tidak sengaja.

Dan dalam hal ini ia lupa belum mengaktifkannya lagi, sehingga HP tidak bergetar saat ada notifikasi yang masuk. Seperti yang kita tahu, penggunaan Mode Getar dan Suara kebanyakan hanya digunakan salah satu saja oleh pengguna.

2. Error pada Sistem Android

Selain itu, fitur Getar yang tidak berfungsi di HP android juga bisa disebabkan karena adanya error atau bug pada sistem android. Bug ini sendiri bisa karena serangan virus dan malware, efek root android, custom ROM atau yang lain sebagainya.

3. Kerusakan pada Komponen Vibrator

Komponen vibrator dipasang pada HP android dan komponen inilah yang berfungsi untuk menciptakan getaran pada HP android tersebut. Jika komponen ini mengalami kerusakan, tentu saja HP tidak akan lagi bergetar, meskipun fitur getar tersebut tidak diaktifkan untuk setiap jenis notifikasi.

4. Kerusakan pada PCB

Selain komponen getar, kerusakan pada PCB juga bisa berakibat matinya fungsi getar di HP android. Ini karena jalur penghubung ke komponen getar tersebut telah terputus, sehingga getar tidak lagi berfungsi.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Getar Paling Ampuh

HP Android Tidak Bisa Getar
HP Android Tidak Bisa Getar

Sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah HP yang tidak bisa bergetar, di mana caranya ini terbilang mudah dan kamu yang masih awam pun bisa melakukannya. Adapun beberapa cara mudah dan ampuh mengatasi HP tidak bisa getar tersebut, di antaranya:

1. Mengaktifkan Mode Getar di HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah HP tidak bisa getar yakni dengan melakukan pengaktifan pada Mode Getar tersebut. Mengaktifkannya bisa melalui menu Pengaturan yang tersedia di smartphone android. Untuk langkah-langkah mengaktifkan Mode Getar di HP android ini sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Suara dan Getar.
  • Selanjutnya Kamu klik pada Mode Getar untuk mengaktifkannya.
  • Selain itu, kamu bisa mengatur Pola Getaran serta Intensitas Getar yang tersedia di sana.

2. Melakukan Tes Getar dengan Kode Khusus

Jika mendapati fungsi getar di HP android tidak aktif, maka kamu perlu melakukan pengecekannya menggunakan kode rahasia atau kode dial. Lakukan pengetesan pada fungsi getar HP tersebut untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau tidak. Terkadang meskipun komponen Getar di HP dalam keadaan normal, namun tidak bisa berfungsi pada HP android dikarenakan suatu hal.

Untuk cara melakukan tes Getar HP android melalui kode rahasia tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Panggilan atau Telepon di android.
  • Kemudian ketik kode dial *#0#*
  • Maka di layar HP akan muncul halaman baru untuk mengetes komponen dan fungsi di HP.
  • Karena yang ingin dicek adalah fungsi Getar, kamu kamu klik pada menu Getar atau Vibration.
  • Jika memang komponen getar pada HP berfungsi normal, biasanya HP akan bergetar secara terus-menerus ketika kamu klik pada menu Vibration tersebut.

3. Melakukan Unroot HP Android

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu penyebab HP tidak bisa bergetar dikarenakan efek dari rooting HP. Sebaiknya kamu kembalikan lagi HP ke kondisi belum di-root dengan cara melakukan unroot. Hal ini diklaim akan mengatasi berbagai dampak kerusakan dari root, termasuk getar yang tidak aktif.

Untuk melakukan unroot HP android, kamu bisa menggunakan aplikasi yang sama dengan yang sebelumnya kamu gunakan untuk rooting HP. Biasanya pada aplikasi root android tersebut terdapat menu untuk melakukan unroot. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama SuperSU untuk melakukan unrooting pada HP android.

4. Reset HP Android

Mungkin saja fungsi getar pada HP yang tidak berfungsi dikarenakan adanya error atau bug pada sistem android. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan factory reset atau mengembalikan HP kepengaturan awal pabrik. Dalam hal ini semua data di memori internal dan pengaturan pada HP akan direset atau dihapus secara permanen. Sebaiknya lakukan pencadangan atau backup jika memang terdapat data penting di memori internal HP tersebut.

Untuk melakukan reset HP android ini sendiri bisa melalui menu Pengaturan, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Kemudian klik pada opsi Reset.
  • Lalu pilih opsi Reset Data Pabrik.

5. Flashing Ulang HP Android

Cara lainnya untuk mengatasi HP tidak bisa bergetar yakni dengan melakukan flashing ulang. Cara ini tidak hanya akan mereset HP ke pengaturan awam pabrik, melainkan juga mengupdate firmware yang digunakan di dalamnya.

Cara ini bisa dilakukan jika yang menyebabkan HP android tidak bergetar yakni karena pemasangan custom ROM. Pastikan kamu menggunakan ROM atau firmware ORI agar tidak ada lagi masalah error pada smartphone android.

6. Mengecek Komponen Getar pada HP Android

Dan cara terakhir untuk mengatasi HP tidak bisa getar yakni dengan melakukan pembongkaran pada HP. Sebaiknya kamu melakukannya dengan hati-hati agar tidak merusak komponen vital di dalam HP android.

Cek pada komponen vibrator yang terpasang pada HP serta kabel yang menjadi penyambungnya. Cek apakah ada kabel yang putus atau kobong. Jika memungkinkan, cobalah untuk mengganti komponen vibrator pada HP dengan yang baru dan pasang dengan benar. Jika saat penggantian ternyata HP sudah bisa bergetar lagi, berarti dapat dipastikan komponen getar tersebutlah yang memang mengalami kerusakan.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi HP tidak bisa getar yang paling mudah dan ampuh beserta beberapa penyebabnya yang perlu kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini