Cara Mengatasi HP Tidak Bisa 4G Paling Ampuh

1609
HP Tidak Bisa 4G
HP Tidak Bisa 4G

HP Tidak Bisa 4G – Internet di HP memang sering membuat kita lupa waktu, apalagi jika kuota yang dimiliki masih sangat banyak. Mengakses internet memberikan keseruan tersendiri bagi penggunanya, sehingga tidak heran banyak orang menghabiskan waktunya hanya untuk sekedar berselancar di internet. Apalagi sekarang ini sudah ada banyak platform hiburan di HP yang bisa diakses menggunakan jaringan internet, mulai dari sosial media, aplikasi streaming musik dan film, hingga game online. Mengaksesnya semakin nyaman dan seru jika kecepatan internet di HP sangat lancar dan stabil.

HP Tidak Bisa 4G
HP Tidak Bisa 4G

Untuk bisa terhubung ke internet, setidaknya ada dua metode yang bisa dilakukan di HP android, yakni dengan menggunakan data seluler dan jaringan wifi. Dan yang paling banyak digunakan sekarang ini yakni data seluler. Kita bisa menggunakan berbagai jenis kartu provider untuk diisi kuota data, sehingga nantinya bisa digunakan untuk mengakses internet. Lebih nyaman lagi karena semua provider seluler sekarang ini sudah mendukung jaringan 4G tercepat, bahkan ada beberapa yang sudah support jaringan 5G. Kedua jaringan ini bisa dibilang yang paling cepat dan stabil untuk saat ini.

Baca Juga:

Berbicara mengenai jaringan 4G di HP android, terkadang jaringan 4G tersebut tidak muncul atau tidak bisa digunakan. Justru saat data seluler dihidupkan, jaringan seluler di HP tersetting ke 3G atau jaringan H+ bahkan terkadang sampai menjadi jaringan E. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor dan tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan kita saat mengakses internet. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP tidak bisa 4G tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab HP Tidak Bisa Disetting ke Jaringan 4G LTE

Penyebab HP Tidak Bisa 4G
Penyebab HP Tidak Bisa 4G

HP android yang tidak dapat disetting ke jaringan tercepat 4G LTE, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Masalah tersebut bisa terjadi akibat error pada sistem android, gangguan jaringan, atau juga kartu SIM yang kamu gunakan. Penting untuk mengetahui hal ini agar lebih mudah untuk mengatasi masalah jaringan 4G di HP android tersebut. Adapun beberapa penyebab HP tidak bisa 4G selengkapnya, sebagai berikut:

  • Sedang terjadi gangguan pada jaringan provider, baik karena cuaca buruk, pemeliharaan jaringan, perbaikan server atau yang lain sebagainya.
  • Kartu SIM yang digunakan belum support jaringan 4G LTE.
  • Lokasi atau daerah tempat kamu berada belum tercover jaringan 4G.
  • Kesalahan pengaturan jaringan di HP android.
  • Error atau bug pada sistem android yang berpengaruh terhadap koneksi internetnya.
  • OS Android yang error atau bug karena belum diperbarui ke versi terbaru.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa 4G yang Mudah dan Ampuh

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah jaringan 4G tersebut. Adapun beberapa cara memperbaiki HP tidak bisa 4G selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Untuk mengatasi masalah HP yang tidak bisa menggunakan jaringan 4G, cara yang pertama bisa dilakukan yakni dengan melakukan restart. Cara ini akan memulai ulang HP yang secara otomatis juga akan melakukan restart pada jaringan HP.

Saat HP menyala kembali, kamu bisa menghidupkan data seluler di HP. Biasanya masalah jaringan 4G yang tidak muncul di HP akan teratasi. Selain itu, performa kinerja HP juga akan lebih cepat dan responsive setelah melakukan restart ini.

2. Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Pesawat

Hampir sama dengan cara di atas, menghidupkan dan mematikan lagi Mode Pesawat juga akan merestart jaringan di HP. Dengan cara ini HP akan mendeteksi kembali jaringan provider yang tersedia, kemudian akan langsung otomatis terhubung ke jaringan 4G jika memang tersedia.

Cara melakukannya sangat mudah, cukup usap layar dari atas ke bawah untuk menampilkan status bar. Kemudian klik pada icon Mode Pesawat atau AirPlane Mode untuk mengaktifkannya. Tunggu beberapa saat, kemudian kamu nonaktifkan lagi mode tersebut.

3. Mengganti Kartu SIM

HP yang tidak bisa 4G bisa juga disebabkan karena kartu SIM yang kamu gunakan memang belum support jaringan 4G tersebut. Tentu saja kartu SIM ini tidak bisa digunakan untuk mengakses jaringan 4G. Untuk itu, kamu perlu melakukan penggantian kartu SIM yang sudah mendukung jaringan 4G.

Atau jika kamu tidak ingin melakukan penggantian kartu SIM, maka bisa mendatangi gerai provider dan mintalah untuk melakukan upgrade kartu SIM ke kartu 4G. Misalnya kamu pengguna kartu Telkomsel, maka bisa mengunjungi Grapari Telkomsel terdekat.

4. Setting Jaringan di HP dengan Benar

Masalah lainnya yang membuat HP tidak bisa dibuat 4G yakni karena settingan jaringan seluler yang salah di HP android. Mungkin dengan sengaja atau tidak kamu menyetting jaringan seluler di HP ke jaringan 3G atau 2G. Pastinya dengan pengaturan seperti ini akan membuat HP tidak dapat menggunakan jaringan 4G.

Sebaiknya kamu periksa ulang settingan jaringan seluler di HP, kemudian lakukan perubahan ke jaringan 4G. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Koneksi.
  • Selanjutnya kamu klik pada opsi Jaringan Seluler.
  • Sekarang kamu klik pada opsi Mode Jaringan baik SIM1 ataupun SIM2.
  • Kemudian atur ke mode LTE/3G/2G (Sambung Otomatis) atau mode 4G LTE Only.
  • Selesai.

Biasanya dengan cara ini akan memunculkan jaringan 4G di HP android. Atau jika memang tidak muncul, kamu bisa melakukan restart atau mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Pesawat terlebih dahulu.

5. Berpindah Lokasi ke Area yang Tercover Jaringan 4G

Bisa jari HP yang tidak bisa memunculkan sinyal 4G dikarenakan tempat kamu berada belum tercover jaringan 4G dari provider yang digunakan. Atau bisa juga karena sinyal provider terhalang oleh gedung, bukit atau semacamnya sehingga tidak bisa dijangkau oleh HP.

Sebagai solusinya, kamu bisa berpindah ke lokasi lain yang memiliki sinyal 4G lebih baik dan stabil. Jika tidak ingin pindah, maka solusi terbaiknya yakni dengan mengganti kartu SIM dari provider lain yang sinyal 4G-nya lebih baik dan kuat.

6. Update OS Android

Penggunaan OS Android versi lawas memang tidak jarang menimbulkan error di HP android. Karena itulah, kamu harus rutin mengupdate OS Android di HP ke versi terbaru jika memang sudah tersedia. Kita tahu setiap vendor selalu rutin memberikan update OS Android terbaru untuk setiap tipe smartphone besutannya.

Untuk melakukan update OS Android di HP android, kamu bisa melakukannya melalui menu Pengaturan. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Selanjutnya klik pada opsi Update dan Install.
  • Jika memang tersedia versi android terbaru, selanjutnya kamu download filenya.
  • Kemudian lakukan penginstalan OS Android versi terbaru tersebut.
  • Selesai.

7. Lakukan Factory Reset Android

Masalah HP tidak bisa 4G ini mungkin sudah terlalu mendalam dan ini akibat sistem android yang error atau bug. Untuk itu, solusi terbaik untuk mengatasinya yakni dengan melakukan factory reset atau mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Lanjutkan dengan klik pada opsi Reset.
  • Dan terakhir klik Reset Data Pabrik.
  • Selesai.

Selain cara di atas, kamu juga bisa mencoba melakukan penggantian ROM atau yang dikenal dengan flashing Ulang HP android. Cara ini biasanya lebih ampuh dan menjadi cara terbaik untuk mengatasi berbagai masalah error sistem android.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP tidak bisa 4G yang paling ampuh dan mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Tanda Silang Wifi Android Paling Ampuh
Artikel SelanjutnyaCara Perbarui Google Playstore yang Mudah dan Cepat
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini