Cara Mengatasi HP Android Sering Restart Sendiri

73
HP Android Sering Restart Sendiri
HP Android Sering Restart Sendiri

HP Android Sering Restart Sendiri – Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat elektronik tercanggih satu ini. Ya, smartphone android sudah menjadi salah satu jenis perangkat yang paling populer dan banyak digunakan. Fungsinya yang fleksibel membuatnya mampu membantu memudahkan berbagai aktivitas harian para penggunanya. Tidak hanya itu saja, smartphone android juga bisa menjadi sarana hiburan terbaik bagi para pengguna, misalnya dengan bermain game. Seperti yang kita tahu, di android sudah tersedia banyak sekali jenis game seru dan menantang untuk dimainkan.

HP Android Sering Restart Sendiri
HP Android Sering Restart Sendiri

HP android juga dibekali dengan beragam fitur canggih yang pastinya bertujuan untuk memanjakan para pengguna. Dewasa ini smartphone androis juga sudah dibekali dengan spesifikasi unggulan yang membuat performanya semakin handal. Misalnya untuk bagian kamera, beberapa vendor sudah menyematkan kamera dengan kekuatan piksel yang besar beserta fitur untuk memaksimalkan fungsinya. Dengan demikian, hasil jepretan kamera HP tersebut menjadi sangat berkualitas layaknya hasil jepretan kamera DSLR.

Baca Juga:

Meskipun terbilang sangat canggih, namun tidak jarang pula smartphone android mengalami beberapa masalah error. Salah satu error yang sering dialami oleh para pengguna yakni HP android yang sering restart sendiri. Masalah seperti ini tentunya membuat kita kesal, apalagi saat enak-enak mengoperasikan HP. Kebanyakan dari pengguna akan merasa bingung saat mendapati HP androidnya yang me-restart sendiri seperti ini. Tenang saja, pada artikel kali ini saya sudah merangkumkan bagaimana cara untuk mengatasi HP android sering mati sendiri tersebut.

Cara Mengatasi HP Android Sering Restart Sendiri

Cara Mengatasi HP Android Sering Restart Sendiri
Cara Mengatasi HP Android Sering Restart Sendiri

Sebelum lanjut ke cara mengatasi HP sering restart sendiri, kamu perlu tahu dulu apa saja faktir yang menyebabkan kondisi tersebut. Mengenai penyebab HP android sering restart sendiri cukup beragam, di antaranya:

  • Ruang RAM yang terlalu penuh akibat banyaknya aplikasi yang berjalan.
  • Ruang memori internal yang sudah penuh.
  • HP terlalu panas atau Overheat.
  • Banyak file cache atau file sampah yang menumpuk.
  • Sistem android mengalami error.
  • Aplikasi corrupt, error atau terinfeksi virus.
  • Terjadi crash pada aplikasi.
  • HP sudah diroot sehingga mengalami error system.

Setelah mengatahui beberapa penyebab HP android sering merestart sendiri di atas, tentunya kamu bisa dengan lebih mudah untuk mengatasinya. Tinggal kamu analisis apa yang menjadi faktor utama HP restart sendiri tersebut. Adapun Cara memperbaiki masalah HP sering restart sendiri tersebut, antara lain:

1. Istirahatkan HP Android Sejenak

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu penyebab HP mati atau restart sendiri disebabkan karena HP terlalu panas atau overheat. Untuk mengatasi masalah tersebut, langkah yang paling tepat untuk dilakukan yakni dengan mengistirahatkan HP android. Cobalah untuk mematikan HP, kalau perlu lepas bagian baterai dari bodi HP (khusus HP dengan baterai bisa lepas).

Diamkan HP di tempat dengan suhu ruangan sedang, tidak panas juga tidak terlalu lembap. Diamkan HP sekitar kurang lebih 30 menit hingga 1 jam. Jika sudah, coba pasang kembali baterai dan hidupkan HP android.

2. Hapus File Cache Android

Cara mengatasi masalah smartphone android restart sendiri berikutanya yakni dengan menghapus file cache yang menumpuk. File cache sejatinya memiliki fungsi yang sangat bermanfaat, yakni bisa mempercepat loading aplikasi pada saat membukanya di momen kedua. Namun, file cache yang dibiarkan terlalu lama juga bisa menyebabkan error, termasuk menjadi penyebab masalah satu ini.

Untuk menghapus file cache android sangat mudah. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang memang dibekali dengan layanan pembersihan file cache tersebut. Ada banyak sekali pilihan aplikasi cleaner yang bisa kamu temukan di Google Play Store. Salah satunya yang paling direkomendasikan yakni aplikasi Ccleaner.

3. Melakukan Update Sistem Android

Jika cara di atas masih belum bisa mengatasi HP android yang selalu restart sendiri, maka cara satu ini bisa kamu coba. Mungkin saja HP yang merestart sendiri disebabkan oleh sistem android yang sudah usang. Jadi, kamu perlu melakukan update sistem android agar berbagai bugs yang terjadi bisa hilang. Selain itu, mengupdate sistem android juga bakal membuatmu mendapatkan fitur-fitur terbaru di perangkat smartphone-mu.

Terkadang juga sistem android yang belum diupdate membuatnya tidak kompatibel dengan beberapa aplikasi terbaru. Maka saat kamu mencoba menjalankan aplikasi tertentu justru membuat HP merestart sendiri. Untuk cara mengupdate sistem operasi android, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di HP Android.
  • Scroll ke bawah lalu klik pada opsi About Phone.
  • Klik pada opsi System Update.
  • Lihat apakah di halaman tersebut tersedia update sistem operasi android atau tidak. Jika memang ada, maka kamu tinggal klik Update Sistem.
  • Proses update biasanya membutuhkan waktu agak lama.

4. Hapus Aplikasi yang Terakhir Diinstall

Jika HP yang selalu restart sendiri terjadi setelah kamu menginstall aplikasi tertentu, maka penyebab utamanya tentu aplikasi baru tersebut. Masalah seperti ini biasanya sering dialami jika kamu mencoba menginstall aplikasi dari luar Google Play Store. Mungkin saja aplikasi yang baru diinstall tersebut tidak kompatibel dengan perangkat androidmu. Atau bsia juga karena di dalamnya sudah disisipi virus sehingga menyebabkan error pada sistem android.

Sebaiknya kamu langsung hapus atau uninstall aplikasi yang baru diinstall tersebut. Caranya sangat mudah, tinggal kamu tekan dan tahan pada shortcut aplikasi tersebut hingga muncul beberapa opsi. Lepas dan klik pada opsi Uninstall.

5. Unroot HP Android

Apabila HP sering restart sendiri terjadi setelah HP di-root, maka melakukan unroot adalah langkah yang paling tepat untuk kamu lakukan. Mungkin saja kamu melakukan kesalahan saat proses rooting smartphone android. Atau bisa juga saat sudah di-root justru sistem android mengalami error sehingga menyebabkan HP sering me-restart dengan sendirinya.

Untuk melakukan Unroot HP android, kamu bisa memanfaatkan aplikasi khusus. Ada banyak jenis aplikasi yang memungkinkan untuk menghapus rooted pada HP android. Dengan begitu, HP akan menjadi normal kembali.

6. Melakukan Factory Reset HP Android

Dan cara terakhir untuk mengatasi smartphone sering restart sendiri yakni dengan melakukan factory reset. Cara ini akan membuat HP kembali ke pengaturan awal pabrik, artinya HP kembali seperti baru pertama kali dibeli. Karena itulah, sebelum melakukan reset HP sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu agar tidak hilang.

Untuk melakukan factory reset HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama Anda masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Scroll ke bawah lalu pilih opsi Backup & Reset.
  • Klik pada opsi Factory Data Reset.
  • Dan terakhir klik Reset Phone.
  • Tunggu hingga proses reset selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP android sering restart sendiri paling mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi RAM Penuh Terus Paling Ampuh
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini