Cara Mengatasi HP Android Ngecas Sendiri

HP Android Ngecas Sendiri – HP android menjadi salah satu jenis perangkat gadget yang paling diminati di era modern sekarang ini. Berbagai brand telah merilis smartphone android andalannya dengan mengusung banyak keunggulan, tentunya tujuannya untuk menarik minat pengguna. Beberapa HP android tersebut ada yang dibanderol dengan harga terjangkau dan ada pula yang dijual dengan harga mahal. Harganya ini tergantung dukungan spesifikasi, fitur dan kualitas yang dimiliki oleh masing-masing smartphone android. Persaingan yang ketat antar vendor juga menjadi pengaruh pada harga smartphone.

HP Android Ngecas Sendiri
HP Android Ngecas Sendiri

Meskipun demikian, tidak jarang juga smartphone android mengalami berbagai masalah error atau kerusakan, baik itu pada segi hardware maupun software-nya. Kerusakan atau error pada software dan hardware ini tentu berbeda penanganannya. Untuk masalah error pada software, biasanya pengguna tidak perlu melakukan pembongkaran HP, melainkan hanya dengan melakukan update, reset ataupun flashing. Sementara untuk kerusakan pada hardware, kemungkinan besar perlu pembongkaran HP untuk menemukan inti masalahnya.

Baca Juga:

Salah satu masalah pada HP android yang juga cukup sering dialami oleh pengguna yakni HP yang ngecas sendiri. Maksudnya HP tidak dalam kondisi charging, akan tetapi pada indikator baterai menandakan kalau HP sedang dicas. Di sana terdapat logo charging, seolah-olah memang HP dalam keadaan dicas. Untuk masalah seperti bisa terjadi pada hardware maupun software HP, dan penyebabnya pun bermacam-macam. Mengenai cara mengatasi HP android ngecas sendiri tersebut, bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab HP Android Nge-charging Padahal Tidak Dicas

HP Nge-charging Sendiri
HP Nge-charging Sendiri

Mengenai permasalahan HP yang mengecas sendiri seperti ini memang bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik dari sisi hardware maupun software. Beberapa penyebab yang dimaksud, di antaranya:

  • Indikator baterai pada HP android yang bermasalah atau error.
  • Dampak dari suhu panas terlalu tinggi pada HP atau overheat.
  • Adanya error atau bug pada sistem android.
  • Kerusakan pada konektor atau port charger, sehingga membuat HP seolah dichaging terus-menerus.
  • Kerusakan pada IC charger di dalam HP android.
  • Penggunaan kabel charger yang sudah tidak normal alias rusak.

Cara Mengatasi HP Android Ngecas Sendiri

Setelah mengetahui beberapa penyebab HP ngecas terus di atas, sekarang kita lanjut ke cara untuk memperbaikinya. Tidak sulit kok, bahkan bagi kamu yang masih awam pun akan cukup mudah menerapkan cara ini. Adapun beberapa cara mengatasi HP android ngecas sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP

Cara yang pertama bisa kamu terapkan untuk mengatasi HP ngecas terus padahal tidak terhubung ke charger yakni dengan melakukan restart. Bisa jadi munculnya status charging pada HP ini dikarenakan error sistem atau error pada indikator baterai HP.

Melakukan restart HP akan mengatasi permasalahan tersebut dengan mudah dan praktis. Cukup tekan agak lama tombol Power pada HP, kemudian pilih opsi Restart atau Mulai Ulang. Performa HP juga akan lebih meningkat sesaat setelah dilakukan restart ini.

2. Matikan dan Istirahatkan HP Android

Alternatif lainnya yakni dengan mematikan HP dan mendiamkannya selama beberapa saat, sekitar 30 menit hingga satu jam. Error pada indikator baterai yang seolah HP dicas terus-menerus seperti ini juga bisa disebabkan karena overheat atau panas terlalu tinggi. Jadi, mematikan HP dan mengistirahatkannya  beberapa saat akan menormalkan lagi suhunya.

Selain mematikan HP, disarankan Anda juga melepas baterai HP jika memang HP-mu mendukung jenis baterai removable atau bisa dilepas. Jika dirasa sudah dingin, kamu bisa memasang baterai kembali dan nyalakan HP seperti biasa.

3. Mengganti Charger Beserta Kabelnya

Masalah HP mengecas terus seperti ini juga bisa disebabkan karena charger yang digunakan, di mana charger tersebut sudah usang dan rusak. Baik itu pada bagian kepala charger, kabel, maupun konektornya. Yang pasti kerusakan pada charger ini membuat HP error dan seolah terus mengecas, padahal sudah dicabut konektor chargernya.

Solusi terbaiknya untuk mengatasi permasalahan ini yakni dengan melakukan penggantian chager. Anda bisa mengganti salah satu bagian atau semua komponen charger, baik itu kepala charger atau kabelnya. Pastikan Anda menggantinya dengan charger ORI alias sama dengan kabel charger bawaan HP.

4. Unroot HP Android

Aktivitas rooting HP biasanya dilakukan oleh pengguna untuk memudahkan ia melakukan oprek sistem android. Melakukan rooting HP membuat pengguna mendapatkan hak spesial pada sistem android sehingga mereka bisa melakukan apa pun. Sayangnya, hal ini tidak jarang membuat HP mengalami error, termasuk error pada indikator baterainya yang seolah dalam keadaan dicharging.

Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan unroot HP android tersebut. Caranya bisa menggunakan aplikasi bernama Super Su yang bisa kamu download melalui Google Playstore. Atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi root yang kamu gunakan untuk melakukan rooting HP. Biasanya dalam aplikasi Root tersebut terdapat fitur untuk melakukan unrooting.

5. Lakukan Reset HP Android

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, HP android yang terus mengecas seperti ini juga bisa diakibatkan oleh adanya error atau bug di sistem android. Baik itu karena aktivitas root, oprek sistem, penggunaan aplikasi MOD, dan yang lain sebagainya. Jika ini yang terjadi, maka kamu bisa melakukan factory reset HP android. Caranya sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu matikan HP android seperti biasa.
  • Kemudian hidupkan HP android dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas selama beberapa detik hingga HP bergetar dan memunculkan tampilan di sana.
  • Nantinya kamu akan langsung dibawa ke halaman Recovery Mode.
  • Pada halaman tersebut kamu pilih Wipe Data / Factory Reset.
  • Kemudian konfirmasi dengan pilih Yes, Wipe Data All.
  • Tunggu proses reset selesai, kemudian kamu pilih Reboot System Now.
  • HP akan melakukan restart dan menyala kembali.
  • Selesai.

Catatan: Melakukan reset akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal. Untuk itu, kamu perlu melakukan backup data jika memang terdapat data penting di dalamnya.

6. Mengganti Konektor atau Port Charger

Masalah juga bisa terjadi pada bagian port charger yang ada pada HP android. Untuk itu, kamu perlu melakukan pengecekan dan perbaikan pada konektor chargernya tersebut. Lakukan pembongkaran HP, kemudian periksa konektor charging HP tersebut dengan teliti.

Jika memang terdapat kabel yang putus, maka kamu bisa memperbaikinya. Atau jika memang kerusakan ada pada konektor tersebut, maka kamu perlu melakukan penggantian.

7. Mengganti IC Charger

Dan cara untuk mengatasi HP android ngecas sendiri yang terakhir yakni dengan mengganti IC chargernya. IC ini sendiri berada di mainboard dan ukurannya cukup kecil. Jadi, kamu perlu lebih hati-hati saat menggantinya dan memasangnya lagi di mainboard HP.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah mengatasi HP android ngecas sendiri secara terus-menerus yang bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini