Cara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi di HP

119
Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi di HP
Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi di HP

Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi di HP – Mendengarkan musik merupakan salah satu aktivitas yang paling disukai oleh banyak orang. Musik dapat membuat kita rileks dan tentram, bahkan hal ini juga bisa meningkatkan produksivitas kita saat bekerja. Apalagi yang di putar merupakan musik favorit, pasti akan semakin semangat lagi dalam beraktivitas. Berbagai jenis perangkat bisa digunakan untuk memutar musik, salah satunya adalah smartphone android. Di smartphone sudah dibekali fitur audio yang memungkinkan untuk memutar musik dengan lebih mudah dan nyaman.

Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi di HP
Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi di HP

Selain memutar musik secara langsung di smartphone, kita juga bisa menggunakan headset supaya musik yang didengar lebih nyaman. Tidak akan ada suara lain yang mengganggu jika memutar musik menggunakan headset tersebut. Berbicara mengani headset ini sendiri, setidaknya ada 2 jenis yang bisa ditemukan di pasaran saat ini, yakni headset dengan kabel dan headset tanpa kabel atau nirkabel. Headset nirkabel mungkin lebih menarik untuk dipilih dikarenakan penggunaannya tidak akan direpotkan oleh kabel headset.

Baca Juga:

Untuk menggunakan headset tanpa kabel, biasanya kita membutuhkan sambungan bluetooth atau wireless. Namun, yang paling banyak ditemukan di pasaran saat ini adalah headset bluetooth. Meskipun mudah digunakan, terkadang memang beberapa pengguna mengalami kesulitan saat ini menghubungkan headset dengan smartphone melalui sambungan bluetooth tersebut. Headset bahkan tidak terdeteksi sama sekali di HP android yang digunakan. Lantas, bagaimana cara mengatasi headset bluetooth tidak terdeteksi di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi di HP

Headset Bluetooth Tidak Terbaca di HP
Headset Bluetooth Tidak Terbaca di HP

Seperti yang kita tahu, dalam penggunaan headset berbasis bluetooth kita perlu melakukan pairing terlebih dahulu headset tersebut ke HP android. Namun, terkadang ada masalah error yang dialami oleh pengguna saat melakukan pairing headset bluetooth. Masalah yang dimaksud headset tidak dapat terdeteksi oleh HP android sehingga tidak bisa terhubung. Hal yang demikian ini tentunya akan membuat headset tidak bisa digunakan untuk memutar musik melalui HP.

Tetapi tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah headset bluetooth yang tidak bisa terdeteksi di HP android tersebut. Cara ini tentunya bisa dilakukan dengan mudah dan ampuh mengatasi masalah error pada headset bluetooth. Adapun langkah-langkah untuk mengatasi headset bluetooth tidak terdeteksi di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Pairing Ulang Headset ke HP

Sebelumnya mungkin headset normal-normal saja dan bisa memutar musik dari HP. Namun, lama-kelamaan suaranya semakin kecil dan terdengar suara berisi, lalu akhirnya headset terputus. Jika hal ini yang kamu alami, maka solusinya yakni dengan melakukan penyambungan ulang atau pairing headset bluetooth ke HP android.

Cara melakukan pairing ulang headset ke HP ini terbilang sangat mudah dan bisa kamu lakukan melalui menu Pengaturan di HP android. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

Langkah 1 – Memutuskan Sambungan

  • Langkah pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Koneksi.
  • Pilih opsi Bluetooth, kemudian cek perangkat yang terhubung.
  • Selanjutnya kamu putuskan saja sambungan headset bluetooth yang tersedia. Dengan cara ini kamu perlu melakukan pairing ulang jika ingin menghubungkan headset bluetooth tersebut ke HP android.

Langkah 2 – Melakukan Pairing Ulang Headset Bluetooth ke HP

  • Pertama hidupkan headset bluetooth yang ingin disambungkan ulang ke HP.
  • Hidupkan juga fitur Bluetooth di HP android.
  • Biasanya pada perangkat HP akan langsung terdeteksi headset bluetooth tersebut. Selanjutnya tinggal Anda sambungkan saja headset tersebut ke perangkat HP.
  • Selesai.

2. Lakukan Reset Headset Bluetooth

Headset bluetooth yang tidak dapat terdeteksi di perangkat smartphone android bisa disebabkan karena terjadi error pada perangkat headset tersebut. Salah satu cara untuk mengatasinya bisa dengan melakukan reset headset bluetooth. Cara ini diklaim akan mengatasi berbagai masalah error pada headset tersebut, termasuk error tidak bisa terdeteksi di perangkat HP android.

Untuk melakukan reset pada headset bluetooth berbeda-beda untuk setiap tipenya. Kamu bisa mengeceknya di buku panduan headset, biasanya di sana tertera bagaimana cara untuk melakukan reset headset tersebut. Namun, secara umum ada dua cara untuk melakukan reset headset berbasis bluetooth, di antaranya:

Cara 1 – Menekan Tombol Power

Cara yang pertama ini kemungkinan bisa diterapkan di hampir semua jenis atau tipe headset bluetooth. Caranya yakni dengan Tekan dan Tahan pada tombol Power yang terdapat pada headset bluetooth. Jangan lepaskan tekanan pada tombol tersebut sampai lampu indikator headset berkedip beberapa kali.

Jika sudah berkedip, lepaskan tekanan pada tombol Power tersebut. Tunggu beberapa saat, biasanya headset akan menyala dengan sendirinya. Jika tidak menyala secara otomatis, maka kamu bisa menghidupkannya secara manual. Kalau sudah, kamu bisa menyambungkan lagi headset bluetooth ke HP android.

Cara 2 – Mekeran Tombol Reset

Selain tombol Power, pada beberapa jenis atau tipe headset bluetooth biasanya juga menyediakan tombol Reset. Pada tombol tersebut biasanya juga terdapat keterangan RESET, baik itu di bagian bawah, samping atua pada tombolnya.

Untuk melakukan reset headset, kamu tinggal menekan agak lama tombol tersebut sampai lampu indikatornya berkedip. Saat sudah menyala lagi, kamu bisa menyambungkan ulang headset ke perangkat HP android.

3. Lakukan Restart HP Android

Selain error pada headset, HP yang tidak bisa mendeteksi headset bluetooth ini bisa juga disebabkan karena terjadi masalah error pada HP tersebut. Mungkin karena HP terlalu banyak menjalankan aplikasi sehingga membuat penuh di RAM, dan dalam hal ini HP tidak bisa berfungsi maksimal dalam menggunakan koneksi bluetoothnya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan restart HP android. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah error ringan pada HP, termasuk tidak bisa menggunakan fitur bluetooth dengan baik.

4. Mengganti dengan Headset Lain

Untuk mengetahui apakah yang mengalami error ini adalah headset ataukah HP itu sendiri. Cara untuk melakukan pengetesannya yakni dengan mencoba menggunakan headset bluetooth lain yang masih normal. Cobalah untuk melakukan pairing bluetooth headset lain tersebut ke HP android.

Jika memang headset bluetooth tersebut ternyata bisa terdeteksi dan terhubung ke HP, maka bisa dipastikan yang bermasalah adalah headset bluetooth tadi. Kamu perlu memperbaiki headset tersebut jika memang ada kerusakan. Selain itu, pada beberapa tipe headset bluetooth juga ada yang perlu dilakukan update firmware jika memang ada kerusakan atau error di dalamnya.

Tetapi, jika saat menghubungkan ternyata headset bluetooth lain tersebut juga tidak terdeteksi, berarti HP tersebutlah yang mengalami error. Jika memang ada kerusakan pada fitur bluetooth di HP, kamu bisa mencoba melakukan Factory Reset atau flashing ulang pada HP tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah mengatasi Headset bluetooth tidak terdeteksi di HP android yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima Panggilan
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Suara Headset Kecil yang Ampuh
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini