Cara Hapus Penyimpanan Google Drive Lewat HP

80
Hapus Penyimpanan Google Drive
Hapus Penyimpanan Google Drive

Hapus Penyimpanan Google Drive – Google Drive merupakan salah satu layanan cloud storage dari raksasa Google yang yang cukup populer digunakan. Google Drive ini sendiri berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan berbagai jenis file dengan aman dan nyaman. Pengguna bisa menyimpan berbagai file miliknya dengan aman melalui akun Google Drive miliknya. Google Drive ini sendiri adalah satu dari sekian banyaknya layanan cloud storage yang disediakan secara gratis.

Hapus Penyimpanan Google Drive
Hapus Penyimpanan Google Drive

Meski demikian, ada batasan kapasitas bagi pengguna yang ingin menyimpan pentingnya di akun Google Drive yakni maksimal hanya 15GB saja. Jika melebihi dari kapasitas free storage tersebut, maka kamu tidak bisa lagi mengunggah file atau data ke dalamnya. Jika ingin ruang yang lebih luas bahkan unlimited, kamu bisa melakukan upgrade akun ke versi premium alias berbayar. Dengan demikian kamu tidak perlu lagi takut kapasitas ruang penyimpanan cloud yang disediakan di Google Drive akan habis.

Baca Juga:

Hanya saja mungkin menurut beberapa pengguna tidak begitu penting untuk upgrade akun Google Drive ke versi premium. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk menghapus berbagai jenis file yang diunggah ke Google Drive sebelumnya. Misalnya file-file yang sudah tidak dianggap penting sehingga perlu untuk dihapus secara permanen dari penyimpanan Google Drive. Namun, nyatanya beberapa pengguna ada yang belum tahu cara hapus penyimpanan Google Drive tersebut. Tidak perlu bingung, karena pada artikel kali ini saya akan membahasnya untuk kalian semua. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Hapus Penyimpanan Google Drive Lewat HP

Cara Menghapus Penyimpanan Google Drive
Cara Menghapus Penyimpanan Google Drive

Menghapus file yang sudah diunggah di akun Google Drive sebenarnya sangat mudah. Hanya saja memang masih ada beberapa pengguna awam yang belum mengetahui cara tersebut. Menghapus penyimpanan Google Drive bisa dilakukan melalui platform apa pun, baik itu melalui smartphone ataupun PC atau laptop.

Namun, pada artikel kali ini saya contohkan cara untuk hapus penyimpanan Google Drive melalui perangkat HP android. Setidaknya ada dua metode yang bisa kamu terapkan untuk menghapus penyimpanan di Google Drive, yakni lewat aplikasi dan tanpa aplikasi. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menghapus Penyimpanan di Google Drive Lewat Aplikasi

Cara yang pertama yakni menghapus file atau data yang tersimpan di Google Drive lewat aplikasi. Di sini kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Drive yang umumnya sudah terinstall secara default di setiap perangkat HP android. Jadi, kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi tersebut secara manual.

Namun, jika ternyata di HP android tidak ada aplikasi Google Drive entah itu dihapus secara sengaja atau tidak, maka kamu perlu menginstal ulang aplikasi tersebut. Kamu bisa menginstall aplikasi Google Drive langsung dari Google Play Store. Setelah berhasil, selanjutnya yakni menghapus file yang tersimpan di dalamnya. Mengenai langkah-langkah menghapus penyimpanan Google Drive tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu jalankan aplikasi Google Drive di HP androidmu.
  • Pastikan kamu sudah login ke akun Google Drive yang ingin dihapus penyimpanan di dalamnya. Jika kamu login dengan beberapa akun Google Drive, maka untuk mengganti akun bisa dengan klik Foto Profil di pojok kanan atas, kemudian pilih akun yang diinginkan.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu masuk ke menu Dibagikan atau dengan ikon orang yang ada di bagian bawah tampilan.
  • Di sana kamu akan melihat berbagai jenis file yang sudah kamu unggah ke Google Drive. Selanjutnya pilih file mana saja yang ingin kamu hapus dari Google Drive. Untuk memilih beberapa file sekaligus caranya dengan tekan dan tahan pada salah satu file sampai muncul tanda centang.
  • Jika sudah dipilih semua, selanjutnya kamu klik ikon Tong Sampah yang ada di atas tampilan. Secara otomatis file yang dipilih tadi akan dihapus dari tampilan tersebut.

File sudah berhasil kamu hapus, namun file tadi sebenarnya masih belum terhapus secara permanen. File masih tetap ada dan tersimpan di menu Sampah. Untuk menghapusnya secara permanen, bisa dengan cara berikut:

  • Pada halaman utama Google Drive, kamu klik ikon tiga garis horizontal yang ada di pojok kiri atas tampilan.
  • Kemudian pilih menu Sampah atau Bin.
  • Di sana kamu akan melihat file-file yang sudah kamu hapus tadi.
  • Untuk menghapus, kamu tekan dan tahan pada salah sampai muncul tanda centang. Kamu bisa memberi tanda centang pada semua file tersebut untuk dihapus sekaligus.
  • Kalau sudah, selanjutnya klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Dan terakhir klik Hapus Selamanya atau Delete Forever.
  • Selesai.

Catatan: Sebenarnya tanpa melakukan penghapusan secara permanen di atas file di menu Sampah akan terhapus dengan sendirinya. Namun, butuh waktu 30 hari sebelum akhirnya file-file tersebut terhapus secara permanen.

2. Menghapus Penyimapanan di Google Drive Tanpa Aplikasi

Cara yang kedua ini bisa diterapkan jika di HP androidmu tidak terpasang aplikasi Google Drive. Di sini kamu bisa mengakses Google Drive melalui menu browser. Caranya mudah kok, tidak jauh berbeda seperti cara di atas. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka browser di HP androidmu, bisa menggunakan browser Google Chrome.
  • Kemudian login ke akun Google Drive yang ingin kamu hapus penyimpanan di dalamnya.
  • Selanjutnya pilih file yang ingin dihapus, lalu klik tombol Tong Sampah atau Remove.
  • File hanya akan dipindahkan ke menu Sampah atau Trash. Karena itulah perlu tindakan lanjutan untuk menghapus file tersebut secara permanen. Caranya klik ikon tiga garis di pojok kiri atas, kemudian pilih menu Trash atau Sampah.
  • Pilih file yang ingin dihapus secara permanen, kemudian klik tombol Delete Forever atau Hapus Selamanya.
  • Selesai.

Namun, selama di HP androidmu terinstall aplikasi Google Drive, saat mengaksesnya lewat browser maka kamu akan tetap diarahkan ke versi aplikasi. Sebenarnya memang lebih praktis melakukan penghapusan lewat aplikasi Google Drive dibandingkan versi browser.

Penutup

Itulah tadi dua cara hapus penyimpanan Google Drive lewat smartphone android yang mudah dan efektif. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel Sebelumnya7 Rekomendasi Aplikasi Saham Online Terbaik
Artikel SelanjutnyaCara Menggunakan Kuota Streaming Tri di HP
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini