Cara Mengatasi Gyroscope Tidak Berfungsi di HP Android

43
Gyroscope Tidak Berfungsi di HP
Gyroscope Tidak Berfungsi di HP

Gyroscope Tidak Berfungsi di HP – Bermain game di smartphone android diklaim lebih seru dibandingkan bermain melalui perangkat game lainnya, seperti konsol dan PC. Permainan game menjadi lebih mudah dan nyaman dalam hal kontrol, serta dukungan grafis game yang memukau. Apalagi di android sudah disediakan banyak sekali game seru yang bisa didownload dan dimainkan secara gratis. Meskipun ada beberapa jenis game yang bersifat berbayar, serta beberapa ada pula yang menyediakan item premium khusus dan bisa dinikmati oleh pengguna berbayar saja.

Gyroscope Tidak Berfungsi di HP
Gyroscope Tidak Berfungsi di HP

Bermain game di HP android semakin seru dengan adanya dukung fitur Gyrosope yang disematkan di sebagian besar HP android keluaran terbaru saat ini. Fitur ini akan berfungsi untuk mendeteksi gerakan HP, baik ke atas, ke bawah, ataupun ke samping dan menyesuaikannya dengan tampilan di game. Misalnya saja dalam permainan FPS atau Battle Royale, pemain akan dibuat nyaman dengan adanya Gyroscope saat membidik atau penggunaan scope. Fitur Gyroscope juga sangat berguna untuk kamu yang suka bermain game VR atau Virtual Reality.

Baca Juga:

Namun, terkadang fitur Gyroscope yang ada di HP android mengalami error sehingga tidak bisa berfungsi sempurna saat permainan game. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik yang diketahui ataupun yang tidak diketahui oleh pengguna. Yang terpenting di sini adalah bagaimana cara kita untuk memperbaiki masalah fitur Gyroscope yang tidak berfungsi di smartphone android tersebut. Informasi selengkapnya mengenai cara mengatasi Gyroscope tidak berfungsi di HP selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Gyroscope Tidak Bisa Berfungsi Normal

Sebelum lanjut ke cara memperbaiki masalah Gyroscope error di HP, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja yang bisa menjadi penyebab masalah error tersebut. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar nantinya masalah error pada sensor Gyroscope ini bisa dicegah atau diminimalisir. Adapun beberapa penyebab Gyroscope tidak berfungsi selengkapnya, sebagai berikut:

  1. HP tidak memiliki Gyroscope. Coba cek dulu apakah di HP androidmu sudah dibekali sensor Gyroscope atau belum. Bisa saja Gyroscope tidak berfungsi saat main game dikarenakan memang HP androidmu belum disematkan sensor gerakan tersebut.
  2. RAM penuh sehingga tidak bisa berfungsi sempurna. Gyroscope yang tidak merespon juga bisa disebabkan karena ruang RAM yang penuh dengan file cache. Hal ini memungkinkan HP tidak bisa berfungsi normal, membuatnya tidak bisa menjalankan aplikasi game dengan lancar atau bahkan mengalami hang.
  3. Sensor Gyroscope rusak. Gyroscope yang tidak bisa digunakan bisa juga karena kerusakan pada komponen fisik atau chip sensor Gyroscope tersebut.
  4. Bug pada sistem android. Sistem perangkat lunak pada android bisa saja mengalami bug, sehingga mempengaruhi seluruh aktivitas yang dilakukan di dalamnya, termasuk saat menggunakan sensor Gyroscope.
  5. Penggunaan OS Android versi lama. Inilah pentingnya untuk rutin melakukan update OS Android smartphone jika mendapatkan pemberitahuan adanya versi terbaru yang tersedia. OS Android lama mungkin sudah tidak kompatibel atau terdapat bug sehingga menyebabkan sensor Gyroscope di HP tidak berfungsi normal.
  6. Penggunaan Custom ROM. Kamu yang sering mengoprek sistem android, khususnya dalam penggunaan custom ROM, terkadang hal ini mematikan salah satu atau beberapa fungsi di HP. Dalam hal ini juga bisa membuat fungsi dari Gyroscope dibuat tidak aktif.
  7. Game mengalami bug atau error. Dan penyebab yang terakhir yakni karena game yang kamu mainkan tersebut yang mungkin mengalami bug, sehingga tidak bisa mendeteksiĀ  Gyroscope di HP.

Cara Mengatasi Gyroscope Tidak Berfungsi di HP Android

Cara Mengatasi Gyroscope Tidak Berfungsi di HP Android
Cara Mengatasi Gyroscope Tidak Berfungsi di HP Android

Untuk memperbaiki masalah Gyroscope di HP android yang tidak berfungsi, ada beberapa cara atau metode yang bisa kamu terapkan. Cara ini bahkan sangat mudah dilakukan, bahkan bagi kamu yang masih awam. Adapun cara mudah memperbaiki Gyroscope tidak berfungsi di HP selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang paling mudah untuk mengatasi sensor Gyroscope yang tidak berfungsi normal di HP yang dengan melakukan restart. Melakukan restart akan menghapus semua file cache yang tersimpan di RAM dan yang tersembunyi di memori. Hal ini juga sedikit membantu mengatasi masalah error di HP, termasuk menormalkan fungsi dari Gyroscope.

Selain itu, melakukan restart HP juga akan mempercepat performa kinerja HP sehingga membuatnya lebih responsif dan lancar.

2. Memperbaiki Error pada Game

Seperti dijelaskan di atas, bukan sensor Gyroscope di HP yang error melainkan game yang kamu mainkan mungkin yang bermasalah. Bug pada game bisa saja menyebabkan ia tidak bisa menggunakan fungsi dari Gyroscope dengan baik, sehingga kamu mengira sensor Gyroscope di HP lah yang bermasalah.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukan install ulang game yang error tersebut. Pastikan kamu menginstallnya melalui Google Playstore agar lebih aman. Selain itu, kamu juga bisa melakukan penghapusan data pada game. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan klik pada game yang error tadi.
  • Masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Dan terakhir klik Hapus Data.

3. Melakukan Kalibrasi Sensor Gyroscope

Kalibrasi sensor Gyroscope juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah error pada sensor tersebut. Untuk melakukan kalibrasi Gyroscope ini bisa dilakukan dengan 3 metode yang tentunya bisa dilakukan dengan mudah.

Metode 1 – Kalibrasi Gyroscope Lewat Pengaturan

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Tentang Ponsel.
  • Selanjutnya klik opsi Informasi Perangkat Lunak.
  • Kemudian klik sebanyak 5 – 7 kali pada opsi Nomor Versi atau Build Number hingga opsi Developer Option diaktifkan.
  • Kembali ke menu Pengaturan, kemudian masuk ke opsi Developer Option atau Opsi Pengembang.
  • Cari dan klik pada opsi Gyroscope.
  • Sekarang kamu letakkan HP di permukaan yang data, kemudian klik tombol Calibration yang ada di halaman Gyroscope tersebut. Tunggu sampai muncul notifikasi Calibration Success.

Metode 2 – Kalibrasi Gyroscope Menggunakan Kode Rahasia

  • Buka menu Panggilan atau Telepon di HP.
  • Ketik kode rahasia *#0#* atau *#800# atau .1234+= (bisa pilih salah satu untuk mencari mana kode rahasia yang berfungsi di HP-mu).
  • Pada halaman yang ditampilkan kamu pilih Gyroscope.
  • Kemudian lakukan kalibrasi.

Metode 3 – Kalibrasi Gyroscope dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk metode yang terakhir ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengkalibrasi Gyroscope. Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa kamu temukan di Google Playstore, salah satunya yakni Antutu Tester.

4. Update Sistem Operasi Android ke Versi Terbaru

Alternatif lainnya untuk mengatasi masalah Gyroscope di HP yang error dan tidak berfungsi yakni dengan melakukan update OS Android ke versi terbaru. Untuk melakukannya sendiri terbilang sangat mudah, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Kemudian klik pada opsi Update Perangkat Lunak.
  • Klik opsi Unduh dan Install.
  • Jika memang tersedia versi OS Android terbaru, maka bisa kamu Download dan Perbarui.

5. Lakukan Reset HP Android

Penyebab Gyroscope di smartphone android yang tidak berfungsi ini dikarenakan adanya bug pada sistem android. Untuk mengatasinya kamu perlu melakukan factory reset HP atau mengembalikannya ke pengaturan awal pabrik. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Matikan HP seperti biasa dan pastikan baterainya tersisa minimal 60%.
  • Sekarang Tekan dan Tahan tombol Power+Volume Up (beberapa tipe HP menggunakan Volume Bawah) secara bersamaan selama beberapa detik.
  • Lepaskan tekanan pada kedua tombol ketika HP bergetar dan muncul tampilan di layar.
  • Pada halaman Recovery Mode yang ditampilkan, kamu pilih Wipe Data / Factory Reset.
  • Konfirmasi dengan pilih Yes, Wipe All Data.
  • Terakhir klik Reboot System Now.

6. Lakukan Flashing HP Android

Mungkin melakukan factory reset tidak cukup untuk mengatasi masalah Gyroscope tidak berfungsi, untuk itu kamu bisa lanjut melakukan flashing HP. Cara ini juga bisa diterapkan bagi kamu yang menggunakan Custom ROM di HP androidmu. Cara ini tidak hanya akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik, melainkan juga mengganti firmware yang digunakannya.

Untuk melakukan flashing ini, pastikan kamu menggunakan ROM atau Firmware ORI yang sesuai dengan tipe HP milikmu. Melakukannya juga bisa dengan menggunakan bantuan PC atau tanpa PC. Untuk cara flashing HP android sendiri bisa kamu cari di halaman website ini, pasalnya saya sudah membahas ini pada artikel sebelumnya.

7. Mengganti Chip Sensor Gyroscope

Sensor Gyroscope bukan berbentuk software, melainkan sebuah hardware yang bentuknya seperti chip. Mungkin Gyropscope yang tidak berfungsi dikarenakan kerusakan pada chip sensornya tersebut. Jika hal ini yang terjadi, pastinya kamu perlu melakukan penggantian pada komponen Gyroscope yang rusak tersebut.

Penutup

Itulah tadi cara terampuh mengatasi Gyroscope tidak berfungsi di HP android bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa untuk share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi HP Tidak Bisa Getar Paling Ampuh
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Icon Aplikasi Hilang di Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini