Cara Mengatasi Google Playstore Tidak Memenuhi Syarat

80
Google Playstore Tidak Memenuhi Syarat
Google Playstore Tidak Memenuhi Syarat

Google Playstore Tidak Memenuhi Syarat – Google Playstore merupakan salah satu layanan dari Google yang menjadi gudangnya aplikasi android. Bukan hanya aplikasi saja, di Google Playstore kita juga memungkinkan untuk menemukan dan membeli berbagai produk virtual yang disediakan oleh Google. Berbicara mengenai aplikasi android, di Google Playstore ada banyak sekali macamnya yang bisa kamu pilih dan gunakan. Hampir semua aplikasi bisa didownload dan digunakan secara gratis. Kamu tinggal mengunduh dan memasangnya langsung ke HP android menggunakan akun Google pribadi.

Google Playstore Tidak Memenuhi Syarat
Google Playstore Tidak Memenuhi Syarat

Selain aplikasi gratis, di Google Playstore juga ada beberapa aplikasi yang bersifat premium alias berbayar. Kamu perlu melakukan pembelian atau langganan agar bisa menikmati semua fitur yang disediakan di aplikasi tersebut. Untuk pembayarannya sendiri bisa menggunakan beberapa metode yang disediakan, salah satunya dengan metode potongan pulsa operator. Untuk pembayaran menggunakan pulsa ini, nomor HP yang kamu masukkan harus sudah terisi pulsa yang cukup, biasanya ada biaya adminnya juga. Nomor HP tersebut juga harus dalam keadaan aktif agar bisa menerima kode verifikasi yang dikirimkan nantinya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai pembayaran menggunakan pulsa di Google Playstore, terkadang memang terjadi masalah error. Salah satunya muncul notifikasi “Tidak Memenuhi Syarat” atau “Not Eligible Payment” pada saat melakukan pembayaran menggunakan metode pulsa operator. Munculnya notifikasi ini terjadi terus-menerus, sehingga pembelian item atau produk dari Google Playstore tidak bisa dilakukan. Lantas, bagaimana cara mengatasi Google Playstore tidak memenuhi syarat tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Google Playstore Tidak Memenuhi Syarat

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasi munculnya pemberitahuan Playstore Tidak Memenuhi Syarat, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebab utamanya. Yang pasti hal ini berhubungan dengan metode pembayaran pulsa yang kamu pilih dan gunakan ketika pembelian di Google Playstore. Adapun beberapa penyebab tersebut, di antaranya:

  1. Terjadi gangguan pada provider dari kartu SIM yang kamu gunakan.
  2. Adanya bug atau error pada Google Playstore atau Google Play Service.
  3. Sistem android yang error.
  4. Kesalahan dalam penggunaan slot kartu SIM di HP.
  5. Dan lain sebagainya.

Mengetahui beberapa penyebab di atas, kita akan jadi lebih mudah untuk cara memperbaiki masalah tersebut. Hal ini juga akan membantu kita untuk mencegah agar masalah error ini tidak dialami lagi.

Cara Mengatasi Google Playstore Tidak Memenuhi Syarat

Google Playstore Not Eligible Payment
Google Playstore Not Eligible Payment

Untuk soal memperbaiki masalah munculnya notifikasi tidak memenuhi syarat atau not eligible payment, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan. Yang pasti cara-cara in sangat mudah dilakukan, bahkan bagi kamu yang masih pemula. Adapun cara mudah untuk mengatasi Google Playstore tidak memenuhi syarat selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang pertama bisa kamu lakukan untuk menghilangkan pesan not eligible atau tidak memenuhi syarat yakni dengan melakukan restart HP. Masalah munculnya pesan tersebut bisa disebabkan oleh error pada sistem android, misalnya saja karena file cache yang tersimpan dan menumpuk di memori. Restart HP android akan membersihkan file cache yang tersimpan tersebut, sehingga masalah error di Google Playstore ini tidak akan terjadi lagi.

Tidak hanya itu saja, melakukan restart HP android juga akan membantu meningkatkan performa kinerja HP, sehingga ia lebih responsive dan lancar saat digunakan. Perlu kamu tahu juga, melakukan restart juga bisa mengatasi berbagai masalah error ringan lainnya di HP android.

2. Hapus Cache dan Hapus Data Google Playstore dan Google Play Service

Jika dengan cara restart belum bisa mengatasi gagal melakukan pembayaran dengan pulsa operator, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Bisa jadi error pada penggunaan metode pembayaran dengan pulsa atau not eligible payment karena adanya bug pada Google Playstore tersebut. Serta juga error pada Google Play Service yang bisa menyebabkan hal yang sama.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan penghapusan cache dan data dari kedua aplikasi sistem di android tersebut. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Google Playstore.
  • Selanjutnya klik tombol Paksa Berhenti.
  • Lanjutkan dengan masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Kemudian klik tombol Hapus Cache. Jika sudah, lanjutkan dengan klik Hapus Data.
  • Kembali lagi ke halaman Aplikasi tadi, lalu cari dan pilih aplikasi Google Play Service.
  • Klik tombol Paksa Berhenti, kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Kemudian klik tombol Hapus Cache dan lanjut dengan klik Hapus Data.
  • Selesai.

Catatan: Melakukan Hapus Data pada Google Playstore dan Google Play Service akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di dalamnya. Jadi, kedua aplikasi tersebut akan kembali seperti semula seperti saat kamu pertama kali menggunkannya.

3. Memindahkan Kartu SIM ke Slot SIM1

Kartu SIM yang ingin kamu gunakan sebagai alat pembayaran di Google Playstore, pastikan posisinya berada di slot SIM 1. Memang beberapa tipe HP sudah bisa secara otomatis mendeteksi kartu SIM yang digunakan. Namun, terkadang hal ini membuatnya error dan kamu perlu memindahkan secara manual kartu SIM yang digunakan untuk metode pembayarannya.

Tinggal kamu keluarkan kartu SIM dari masing-masing slot SIM card di HP, kemudian pindahkan kartu SIM yang ingin digunakan untuk proses pembayaran ke slot SIM1. Jika sudah, sekarang kamu coba ulangi lagi melakukan pembelian di Google Playstore menggunakan metode pembayaran dengan pulsa operator.

Catatan: Pastikan kartu SIM yang digunakan dalam keadaan aktif dan pulsa yang disediakan cukup untuk melakukan pembayaran beserta biaya adminnya.

4. Menunggu Hingga Jaringan Provider Normal

Seperti yang dijelaskan di atas, provider kartu seluler terkadang mengalami gangguan jaringan, sehingga ini bisa menyebabkan munculnya pesan not eligible payment saat pembelian item di Google Playstore. Gangguan tersebut bisa terjadi karena adanya perbaikan sistem, pemeliharaan server, cuaca buruk dan lain sebagainya.

Gangguan pada jaringan operator bisa kamu ketahui dari sinyal pada kartu SIM yang digunakan. Biasanya terdapat tanda silang merah atau tidak ada sinyal sama sekali pada ikon sinyal HP. Jika hal ini yang terjadi, maka kamu perlu menunggu hingga jaringan dari provider kembali normal.

5. Menggunakan Metode Pembayaran Lain

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi Google Playstore tidak memenuhi syarat yakni dengan mengganti metode pembayaran yang digunakan. Kita tahu, Google menyediakan beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih selain menggunakan metode potongan pulsa.

Kamu bisa mencoba mengganti metode pembayarannya saat melakukan pembelian di Google Playstore. Biasanya dengan mengganti metode pembayaran ini, masalah munculnya notifikasi Tidak Memenuhi Syarat atau Not Eligible Payment akan lenyap.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Google Playstore tidak memenuhi syarat yang paling ampuh dan mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel Sebelumnya4 Cara Mudah Keluar Mode Odin Samsung
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Android Download Sendiri
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini