Cara Mengatasi Google Playstore No Connection di HP

31
Google Playstore No Connection
Google Playstore No Connection

Google Playstore No Connection – Sebagai pengguna smartphone android pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan salah satu layanan gratis dari Google satu ini. Google Playstore disediakan oleh Google sebagai tempat atau wadah menampung berbagai jenis aplikasi dan layanan google lainnya sehingga bisa diakses dengan mudah oleh pengguna. Di Google Playstore sendiri ada banyak sekali jenis aplikasi yang bisa ditemukan dan kamu gunakan secara gratis. Namun, ada pula beberapa jenis aplikasi yang bersifat premium alias berbayar.

Google Playstore No Connection
Google Playstore No Connection

Mengunduh aplikasi lewat Google Playstore dan menginstallnya di perangkat HP android tentunya bisa dilakukan dengan sangat mudah, bahkan bagi pengguna awam pun tidak akan kesulitan melakukannya. Seperti yang dijelaskan di atas, di Google Playstore ini tidak hanya menyediakan aplikasi android saja, melainkan juga langganan buku dan film. Untuk langganannya sendiri kamu bisa memanfaatkan pulsa atau metode pembayaran lain yang sudah disediakan di layanan Google tersebut. Yang pasti cara pembayarannya ini sangat mudah dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Baca Juga:

Meski begitu, ada kalanya layanan Google Playstore tersebut mengalami error saat diakses oleh pengguna. Misalnya saja masalah Google Playstore yang tidak ada koneksi atau tidak tersambung ketika pengguna ingin mendownload aplikasi atau game tertentu. Masalah seperti ini tentunya sangat mengganggu dan tidak jarang dari pengguna yang tidak tahu cara untuk mengatasinya. Berikut ini cara mudah untuk mengatasi Google Playstore No Connection atau Koneksi Error bisa kamu simak dan terapkan.

Cara Mengatasi Google Playstore No Connection di HP

Penyebab Google Playstore No Connection
Penyebab Google Playstore No Connection

Masalah Google Playstore Connection Error atau No Connection ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, faktor yang paling utama adalah masalah jaringan di HP yang tidak bisa berfungsi sebagaimana biasanya. Baik itu karena adanya gangguan jaringan operator, jaringan wifi yang tidak terhubung atau bermasalah, kuota internet habis atau yang lain sebagainya.

Namun tidak hanya soal jaringan, Google Playstore yang tidak bisa download aplikasi karena muncul error No Connection ini juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya. Mulai dari layanan Google Playstore error, bug pada sistem android, pengaturan tanggal dan waktu yang tidak sesuai, dan lain sebagainya. Adapun cara untuk mengatasi Google Playstore No Connection Error selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang pertama untuk memperbaiki masalah Google Playstore tidak ada koneksi yakni dengan melakukan restart HP. Cara ini diklaim sangat ampuh mengatasi berbagai masalah error pada sistem dan aplikasi android, termasuk masalah Google Playstore ini.

Cukup kamu tekan dan tahan tombol Power selama beberapa saat, kemudian pilih opsi Restart. Melakukan restart HP ini akan menghapus cache atau sampah yang tersimpan di android, di mana ini juga yang bisa menyebabkan error pada aplikasi atau sistem android, termasuk pada Google Playstore. Setelah itu, kamu bisa buka lagi Google Playstore dan lakukan download ulang aplikasi atau game, biasanya masalah jaringan error seperti tadi tidak akan didapati lagi.

2. Periksa Jaringan di HP

Masalah utama Google Playstore koneksi error atau tidak ada koneksi tersebut adalah karena jaringan di HP yang bermasalah. Baik itu saat HP dihubungkan ke data seluler maupun ke jaringan wifi. Yang pasti hal ini akan mengganggu aktivitas di HP android dalam hal mengakses internet.

Untuk mengatasinya, coba kamu aktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode di HP android. Tunggu beberapa saat, kemudian matikan lagi Mode Pesawat tersebut dan sambungkan lagi HP ke internet, baik itu menggunakan data seluler atau sambungan wifi.

3. Menghapus File Cache Google Playstore

Jika cara di atas masih belum ampuh mengatasi Google Playstore no connection, maka bisa lanjut menerapkan cara kedua ini. Melakukan restart mungkin tidak akan menghapus file cache yang disimpan di aplikasi. Karena itulah, kamu perlu melakukan tindakan tambahan untuk membersihkan file cache yang menyebabkan error pada koneksi HP tersebut.

Untuk melakukan penghapusan file cache yang tersimapn di Google Playstore tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Google Playstore.
  • Lanjutkan dengan klik pada opsi Penyimapanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache.
  • Sekarang kamu bisa coba jalankan lagi Google Playstore seperti biasa. Dan masalah no connection seperti tadi tidak akan muncul lagi.
  • Selesai.

Catatan: Jika masih belum bisa, kamu lakukan lagi restart HP setelah penghapusan cache Google Playstore tersebut.

4. Mengatur Tanggal dan Waktu dengan Benar

Koneksi error yang muncul saat mendownload aplikasi di Google Playstore juga bisa disebabkan karena kesalahan dalam mengatur tanggal dan waktu di dalamnya. Dikarenakan download aplikasi di Google Playstore membutuhkan akses ke server Google, tentunya waktu dan tanggal yang tidak cocok akan menghambat cara ini.

Agar lebih mudah, sebaiknya kamu aktifkan saja pengaturan tanggal dan waktu otomatis di HP android. Dengan demikian HP akan menyesuaikan sendiri tanggal dan waktu sesuai yang berlaku untuk waktu global. Untuk cara mengakifkan pengaturan tanggal dan waktu otomatis di HP android tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Lanjutkan dengan klik pada opsi Tanggal dan Waktu.
  • Di sana kamu akan menemukan opsi Tanggal dan Waktu Otomatis, kamu aktifkan saja opsi tersebut.
  • Jangan lupa untuk mengaktifkan pula opsi Format Waktu 24Jam.
  • Selesai.

Biasanya dengan cara ini akan menghilangkan koneksi error pada Google Playstore dan kamu bisa mendownload aplikasi seperti biasa.

5. Lakukan Hapus Data Google Playstore

Selain menghapus cache, bisa jadi Google Playstore tidak ada koneksi ini karena cata corrupt pada Google Playstore. Sehingga untuk mengatasinya kamu perlu melakukan penghapusan data Google Playstore tersebut. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Google Playstore.
  • Kemudian klik pada opsi Penyimpanan.
  • Klik tombol Hapus Data. Konfirmasi penghapusan data dengan klik OK.
  • Selesai.

6. Lakukan Factory Reset HP

Bisa jadi kondisi error pada HP sudah parah, yakni terdapat bug pada sistem android yang berdampak pada fungsi dari aplikasi lainnya, termasuk Google Playstore. Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan factory reset atau mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik.

Ada dua metode yang bisa dilakukan untuk mereset HP android, yakni melalui menu Pengaturan dan lewat Recovery Mode. Untuk melakukan reset HP lewat Pengaturan HP, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Masuk ke Biometrik dan Keamanan.
  • Klik pada opsi Reset.
  • Lanjut dengan pilih Reset Data Pabrik.
  • Konfirmasi reset HP dan tunggu sampai HP selesai melakukan reboot.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara yang paling mudah dan ampuh untuk mengatasi masalah Google Playstore No Connection atau tidak ada koneksi bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mencari Postingan Lama di Twitter Terbaru
Artikel SelanjutnyaCara Mendaftar Akun Tiktok Shop Untuk Berjualan Online
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini