7 Game Android untuk Anak Terbaik dan Populer

Game Android untuk Anak – Bermain game merupakan salah satu aktivitas seru yang disukai oleh semua kalangan. Dulu bermain game mungkin hanya bisa dilakukan melalui perangkat konsol dan PC saja. Namun tidak untuk sekarang ini, kamu juga bisa memainkan game seru di HP android. Sama halnya dengan game PC dan konsol, game di HP android juga cukup beragam yang mana terdiri dari berbagai genre seru. Beberapa game juga dibekali dengan grafis yang berkualitas bagus sehingga nyaman dipandang mata.

Game Android untuk Anak
Game Android untuk Anak

Game-game di android ini sendiri sebagian besar cocok dimainkan oleh semua kalangan. Namun, ada pula beberapa game android yang tidak boleh dimainkan oleh anak di bawah umur. Biasanya di Google Play Store disediakan lambang umur yang menandakan game tersebut boleh dimainkan oleh umur tertentu. Salah contohnya game dengan lambang 7+, berarti game ini cocok dimainkan oleh anak-anak umur 7 tahun ke bawah. Biasanya game dengan lambang 7+ ini berisi edukasi yang tentunya selain menghibur juga mengedukasi anak.

Baca Juga:

Berbicara mengenai game untuk anak-anak, di Google Play Store juga ada banyak sekali jumlahnya. Game-game tersebut ada yang bergenre teka-teki, belajar menghitung, merawat hewan, mewarnai dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada artikel kali ini saya akan membahas beberapa rekomendasi game android untuk anak yang populer dan juga bisa mengedukasi anak. Informasi lebih jelasnya bisa disimak di bawah ini.

Daftar Game Android untuk Anak Terbaik 2020

1. Toddler Learning Games – Little Kids Games

Toddler Learning Games - Little Kids Games
Toddler Learning Games – Little Kids Games

Pilihan game android untuk anak yang seru pertama yakni Toddler Learning Games – Little Kids Games. Game satu ini dikembangkan oleh Greysprings yang sangat cocok dimainkan oleh anak balita ataupun batita. Game ini tidak hanya memberikan gameplay seru, tetapi juga memiliki sisi edukasi bagi anak. Dengan konsep permainannya tersebut akan mampu melatih sistem motorik anak. Selain itu, game ini juga akan membuat anak harus berpikir dengan cepat.

Berbagai fitur permainan disediakan di dalamnya, mulai dari mencocokkan angka dan huruf, membuat jembatan untuk dilewati karakter, hingga menangkap burung. Toddler Learning Games – Little Kids Games juga didukung dengan grafis memukau dan animasi yang menarik.

2. Fun Kids Planes Game

Fun Kids Planes Game
Fun Kids Planes Game

Berikutnya ada game bernama Fun Kids Planes Game yang juga sangat cocok dimainkan oleh anak TK khususnya. Game besutan Raz Games ini selain seru juga bisa mengedukasi anak saat memainkannya. Dalam game Fun Kids Planes Game ini anak diharuskan untuk bisa mengendalikan pesawat dengan benar. Sangat pas dimainkan oleh anak yang cita-citanya ingin jadi seorang pilot.

Kendalikan pesawat dan ambil semua balon dan bintang yang tersebar dilintasan. Gameplaynya memang cukup sederhana, namun permainan seperti ini justru akan membuat anak senang dan kegirangan. Visual grafis di game ini dibuat dengan tema animasi yang memang sangat disukai oleh anak-anak. Desain pesawatnya pun juga beragam dengan desain yang lucu-lucu pastinya.

3. Suara Hewan

Suara Hewan
Suara Hewan

Sesuai dengan judulnya, dalam game ini akan mengenalkan anak tentang berbagai jenis suara hewan yang ada di alam. Dengan demikian, anak akan tahu bagaimana suara dari jenis-jenis hewan dengan lebih mudah. Hal ini tentunya sangat penting, khususnya bagi anak-anak yang masih balita.

Permainan seperti ini diklaim akan membantu melatih dan mengembangkan kemampuan kognitif anak. Kemampuan tersebut seperti daya ingat, sistem pendengaran dan juga kosa kata. Menariknya lagi, game besutan Papumba ini juga melibatkan tim pakar pendidikan dalam pembuatannya.

4. Funny Food 2! Game

Funny Food 2! Game
Funny Food 2! Game

Game Funny Food 2! Game juga menjadi salah satu game edukasi untuk anak yang tidak kalah populer dimainkan. Permainannya dibuat khusus untuk anak-anak, yang pastinya gameplaynya juga terbilang mudah. Selain seru, game besutan Mega Studio Kid Games akan mengedukasi anak dan juga melatih otaknya.

Dalam game Funny Food 2! Game ini disediakan beragam jenis permainan, mulai dari permainan mengenal dan mengingat jenis buah dan sayur, mengenal warna, belajar menghitung, hingga belajar memasak. Bermain game Funny Food 2! Game ini diklaim akan membantu anak mengembangkan kreatifitas dan juga ketelitiannya. Permainannya tersebut juga punya beberapa tingkatan level, bisa dipilih sesuai dengan kemampuan anak.

5. Dokter anak : dokter gigi

Dokter anak : dokter gigi
Dokter anak : dokter gigi

Game berikutnya ini sangat cocok dimainkan oleh anak yang punya cita-cita menjadi seorang dokter gigi. Game besutan YovoGames ini memang mengusung konsep permainan yang mengharuskan anak berperan sebagai seorang dokter gigi. Namun bukan dengan permainan yang rumit, gameplay yang diusung terbilang mudah karena memang dibuat khusus untuk anak-anak.

Dalam permainannya, anak akan diberi tugas layaknya seorang dokter gigi sungguhan. Tugas yang dimaksud, mulai dari membersihkan gigi, merawat gigi, hingga melakukan operasi kecil. Sisi edukasi yang bisa diambil dari game ini yakni pentingnya bagi anak untuk merawat gigi dengan baik. 

6. Kids Dino Adventure Game

Kids Dino Adventure Game
Kids Dino Adventure Game

Game untuk anak di android paling seru berikutnya yakni Kids Dino Adventure Game. Game satu ini dikembangkan oleh App Family Kids – Games for boys and girls yang juga cukup populer dimainkan. Terbukti game yang bertema kehidupan dinosaurus ini sudah diunduh lebih dari 5 juta kali di Google Play Store.

Memainkan game satu ini akan membantu kita untuk mengenalkan hewan prasejarah yang pernah hidup di jaman dahulu. Ada banyak sekali karakter dinosaurus yang disediakan dalam game ini. Desain dinosaurus yang disediakan tidaklah menyeramkan, melainkan dibuat lebih lucu.

7. Monster Trucks Game for Kids 2

Monster Trucks Game for Kids 2
Monster Trucks Game for Kids 2

Dan pilihan game android untuk anak yang seru dan populer terakhir yakni Monster Trucks Game for Kids 2. Game satu ini juga dikembangkan oleh Raz Games yang mengusung konsep permainan kendaraan. Berbeda dengan sebelumnya, dalam game ini anak akan ditugaskan untuk mengendalikan kendaraan dari jenis truk.

Truk-truk yang disediakan di dalamnya dibaut dengan desain yang unik dan bervariasi. Memainkan game satu ini akan membantu melatih sistem motorik anak dengan sangat baik. Di dalamnya sudah disediakan sebanyak 42 level permainan yang siap untuk dimainkan.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi game android untuk anak terbaik dan populer dimainkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?