Cara Mengatasi Galeri Berhenti Error Tidak Bisa Dibuka di HP

120
Galeri Berhenti Error Tidak Bisa Dibuka
Galeri Berhenti Error Tidak Bisa Dibuka

Galeri Berhenti Error Tidak Bisa Dibuka – HP android bisa dibilang sebagai salah satu perangkat elektronik yang paling banyak digunakan sekarang ini. Harganya yang semakin terjangkau memudahkan banyak orang untuk membelinya. Selain itu, fungsinya yang semakin fleksibel juga mendorong banyak orang untuk memiliki smartphone android tersebut. Tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, HP android juga punya fungsi yang lebih dari itu. Hal ini didukung dengan semakin beragamnya fitur dan aplikasi yang disediakan untuk perangkat tersebut.

Galeri Berhenti Error Tidak Bisa Dibuka
Galeri Berhenti Error Tidak Bisa Dibuka

Di android pengguna memungkinkan untuk menginstall berbagai jenis aplikasi, yang mana aplikasi ini bisa didapat melalui Google Playstore. Aplikasi yang tersedia ini memiliki fungsi masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Hadirnya beragam aplikasi ini tentunya semakin memperluas fungsi dari HP android dan tentunya juga akan semakin memudahkan aktivitas harian pengguna. Hampir semua aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Playstore ini bisa didownload dan diinstall secara gratis. Selain itu, di HP android biasanya juga sudah terpasang aplikasi bawaan yang dikenal dengan sebutan bloawtware.

Baca Juga:

Aplikasi bawaan di android merupakan aplikasi yang secara default terpasang di sistemnya, sehingga pengguna tidak perlu menginstallnya secara manual. Ada banyak jenis aplikasi bloatware ini, salah satunya adalah Galeri. Ini merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan dan mengakses file media, seperti foto dan video. Berbicara mengenai Galeri HP, terkadang aplikasi tersebut mengalami masalah error sehingga tidak bisa berfungsi secara normal. Misalnya saja aplikasi Galeri yang sering keluar sendiri secara tiba-tiba. Lantas, bagaimana cara mengatasi Galeri berhenti error tidak bisa dibuka tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Penyebab Galeri Telah Berhenti dan Tidak Bisa Dibuka

Penyebab Galeri Berhenti Error Tidak Bisa Dibuka
Penyebab Galeri Berhenti Error Tidak Bisa Dibuka

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasi Galeri error tidak bisa dibuka, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menjadi penyebab utamanya. Beberapa penyebab menu Galeri error berhenti sendiri tersebut, di antaranya:

  • Aplikasi Galeri mengalami bug atau crash sehingga tidak bisa berfungsi sempurna.
  • Error pada sistem android yang berdampak pada aplikasi di dalamnya, termasuk pada Galeri.
  • Virus dan malware yang menyerang sistem android.
  • Terlalu banyak aplikasi yang berjalan yang membuat RAM penuh sehingga tidak bisa menjalankan aplikasi lain.
  • OS Android yang digunakan belum diupdate ke versi terbaru.

Cara Mengatasi Galeri Berhenti Error Tidak Bisa Dibuka di HP

Sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi menu Galeri di HP android yang terus berhenti dan tidak bisa dibuka tersebut. Adapun cara mudah mengatasi Galeri berhenti error tidak bisa dibuka selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi Galeri error dan muncul pesan “Sayangnya, Galeri Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Gallery has Stopped” yakni dengan melakukan restart HP. Cara ini diklaim yang paling mudah dan ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Biasanya menu Galeri akan kembali normal setelah dilakukan restart pada HP android.

Melakukan restart akan menghapus data yang tersimpan di RAM, sehingga ruang penyimpanannya akan kembali lega. Hal ini juga akan membantu mempercepat kinerja HP ketika diberikan perintah oleh pengguna.

2. Melakukan Penghapusan Cache di Android

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu penyebab Galeri telah berhenti yakni karena file cache yang menumpuk di memori, baik RAM maupun memori internal. Solusi terbaiknya yakni dengan melakukan penghapusan file cache dan file tersembunyi tersebut.

Ada dua metode yang bisa dilakukan, yakni penghapusan melalui fitur Cleaner di HP atau menggunakan aplikasi Cleaner tambahan. Kamu bisa memilih sendiri cara yang mana yang dianggap paling mudah. Sementara untuk keefektifannya tidak jauh berbeda, hanya saja penggunaan aplikasi Cleaner tambahan akan memberikan kamu banyak opsi atau fitur yang berguna untuk memaksimalkan pembersihan di android.

3. Menghapus File Cache Galeri

Selain file cache di android, file sampah yang tersimpan di aplikasi Galeri juga bisa menjadi penyebab lain aplikasi tersebut sering keluar sendiri. File cache ini perlu kamu hapus agar masalah error pada Galeri bisa teratasi. Cara penghapusannya sendiri terbilang sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Selanjutnya Anda cari dan pilih Galeri yang ada di list.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

Setelah melakukan penghapusan file cache pada Galeri, sekarang kamu coba lagi buka menu tersebut. Atau kamu bisa melakukan restart HP terlebih dahulu, kemudian jalankan lagi menu Galeri. Biasanya masalah error pada Galeri seperti tadi tidak akan terulang lagi.

4. Menghapus File Data Galeri

Jika cara di atas masih belum ampuh mengatasi Galeri tidak bisa dibuka, maka lanjut dengan melakukan penghapusan file data. Namun, menghapus file data pada Galeri akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di dalamnya. Positifnya, cara ini akan mampu memperbaiki berbagai masalah error pada menu Galeri tersebut. Untuk melakukan penghapusan data Galeri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih Galeri yang ada di list.
  • Selanjutnya kamu klik Force Close atau Paksa Berhenti.
  • Lanjut dengan masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Data.
  • Selesai.

Setelah melakukan penghapusan data aplikasi Galeri, selanjutnya kamu lakukan restart HP terlebih dahulu. Jika sudah, sekarang jalankan kembali Galeri di HP, biasanya masalah error tidak akan terjadi lagi pada menu tersebut.

5. Update OS Android ke Versi Baru

Setiap vendor biasanya rutin memberikan update versi OS Android untuk setiap tipe smartphone besutannya. Beberapa pengguna memang acuh dengan masalah ini, sehingga ketika ada pemberitahuan update OS Android ia tidak melakukan pembaruan. Justru membiarkan HP-nya menggunakan versi OS Android lama.

Masalah yang akan timbul jika hal ini tetap dibiarkan yakni munculnya banyak error, termasuk aplikasi yang keluar sendiri atau tidak bisa dijalankan. Sebaiknya kamu lakukan pembaruan OS Android yang tersedia untuk mengatasinya. Untuk cara melakukannya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Masuk ke opsi Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Klik pada opsi Update dan Install.
  • Pada versi OS Android yang tersedia, kamu klik Download Pembaruan.
  • Jika sudah, selanjutnya klik Install Pembaruan.
  • Selesai.

6. Lakukan Factory Reset

Jika semua cara di atas tetap tidak bisa mengatasi Galeri telah berhenti dan tidak bisa dibuka, maka kamu bisa melakukan factory reset. Cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal HP. Karenanya, jika memang ada data penting yang tersimpan, maka kamu perlu melakukan backup data terlebih dahulu.

Untuk cara melakukan factory reset HP android semua tidak, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke Manajemen Umum.
  • Klik pada opsi Reset.
  • Dan terakhir pilih opsi Reset Data Pabrik.
  • Selesai.

7. Lakukan Flash Ulang HP

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi menu Galeri error tidak bisa dibuka yakni dengan melakukan flashing ulang HP android. Cara ini tidak hanya mereset HP saja, melainkan juga akan memperbarui ROM yang digunakan.

Melakukannya bisa menggunakan PC atau tanpa PC, kamu juga butuh file ROM untuk dipasang di android. Sementara jika menggunakan PC, kamu juga harus download software FlashTool sebagai alat bantunya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Galeri berhenti error tidak bisa dibuka yang mudah dan ampuh. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial oribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Web Terbuka Sendiri di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Tanda Silang Wifi Android Paling Ampuh
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini