7 Fungsi Unik USB OTG yang Jarang Diketahui

Fungsi Unik USB OTG – USB OTG umumnya digunakan para pengguna smartphone untuk menghubungkan perangkat smartphone tersebut dengan perangkat lain. Misalnya untuk menghubungkan smartphone dengan controller game (stik PS). Cara ini bisa dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah memainkan game di HP android. Kamu tidak perlu lagi harus menyentuh layar saat ingin mengotrol permainan. Tidak ada lagi masalah layar basah karena keringat di jari yang menyebabkan layar tidak merespon.

Fungsi Unik USB OTG
Fungsi Unik USB OTG

Selain fungsi tersebut, kabel USB OTG juga punya fungsi lain yang mungkin saja belum kamu ketahui. USB OTG atau On The Go sendiri sangat penting peranannya di era modern seperti sekarang ini. Pasalnya banyak hal yang bisa dilakukan melalui smartphone dengan cara menghubungkannya dengan USB OTG ini. Namun, untuk bisa memanfaatkan USB OTG, smartphone Androidmu harus sudah mendukung fitur tersebut.

Baca Juga:

Untuk smartphone keluaran lama mungkin masih ada beberapa yang belum dilengkapi dengan dukungan fitur USB OTG. Namun, untuk smartphone android keluaran terbaru hampir semuanya sudah didukung fitur tersebut. Cara mengetahui apakah smartphone mendukung fitru OTG atau tidak, Anda bisa mengeceknya di kotak dus HP atau melalui situs spesifikasi online, GsmArena misalnya. Adapun fungsi unik USB OTG yang belum banyak pengguna tahu, selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

7 Fungsi Unik USB OTG yang Jarang Diketahui

Fungsi Unik USB OTG Android
Fungsi Unik USB OTG Android

1. Membaca Fashdisk atau Card Reader

Fungsi unik USB OTG yang pertama adalah memungkinkan Anda membaca isi file dari sebuah flashdisk. Layaknya sebuah PC atau laptop, semua isi file di dalam flashdisk bisa kamu akses dengan mudah. Baik itu membuka file, memindahkan, menghapus, hingga memodifikasi suatu file dari flashdisk.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengakses isi memori card yang dipasangkan ke Card Reader. Sama seperti di flashdisk, di sini kamu juga bisa mengakses dan melakukan hal apapun pada isi file dari memori card. Tidak perlu pengaturan khusus, Card Reader atau flasdisk yang dihubungkan melalui USB OTG akan memungkinkan smartphone membacanya dengan mudah.

2. Menambah Kapasitas Memori Internal HP

Pernah berpikir untuk menambah kapasitas memori internal HP yang terbilang cukup kecil? Sekarang kamu bisa melakukannya dengan memanfaatkan USB OTG. Di sini Anda membutuhkan sebuah flashdisk yang nantinya akan beralih fungsi menjadi memori internal tambahan dari HP.

Cara ini bisa dilakukan selama HP android mendukung fitur Adoptable storage atau memori eksternal. Fitur ini bisa ditemukan di HP yang berjalan pada OS Android Marshmallow. Namun, jika smartphone-mu tidak mendukung memori eksternal tersebut, maka bisa menjadikan flashdisk sebagai memori tambahan. Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat menyimpan file foto, video, musik dan jenis file lainnya.

3. Menggunakan Keyboard dan Mouse Wireless

Siapa bilang mouse dan keyboard hanya bisa digunakan untuk perangkat PC atau laptop saja? Di era modern seperti sekarang ini Anda sudah bisa menjadikan keyboard atau mouse sebagai kontroler dari smartphone android. Dengan begitu, Anda bisa mengoperasikan smartphone android dengan lebih mudah layaknya sebuah PC atau laptop.

Untuk menikmati kemudahan ini, kamu perlu memastikan bahwa HP android sudah didukung oleh fitur Host Mode dan USB OTG. Jika memang sudah mendukungnya, Anda hanya perlu menancapkan konektor OTG dari mouse atau keyboard wireless ke smartphone. Secara otomatis mouse atau keyboard wireless tersebut sudah bisa kamu gunakan untuk mengoperasikan smartphone.

4. Menjadikan HP sebagai Power Bank

Fungsi unik USB OTG smartphone android berikutnya adalah untuk mengubah smartphone menjadi Power Bank. Cara ini bisa menjadi alternatif jika smartphone teman kehabisan daya baterai dan tidak memungkinkan mengecas dengan charge biasa. Namun, pastikan smartphone androidmu sudah mendukung USB OTG.

Kamu cukup hubungkan smartphone dengan smartphone lain yang kehabisan baterai dengan kabel OTG. Secara otomatis HP androidmu sudah berubah fungsi menjadi Power Bank. Tidak hanya bisa mentransfer daya ke smartphone lain, HP juga bisa dijadikan pengisi daya untuk perangkat gadget lain, seperti Action Cam, MP3 Player dan lain sebagainya.

5. Untuk Mengontrol Kamera DSLR

Smartphone yang sudah support USB OTG juga memungkinkan untuk difungsikan sebagai alat kontrol dari kamera DSLR. Di sini Anda bisa menghubungkan smartphone android dengan kamera DSLR melalui OTG.

Dengan cara ini memungkinkan kamu melakukan kontrol pada kamera DSLR melalui smartphone android yang terhubung. Dari layar HP android kamu bisa melihat hasil jepretan yang sudah dilakukan oleh kamera DSLR tersebut. Ini tentunya bisa dijadikan alternatif jika kamu kesulitan melihat dengan jelas hasil foto dari kamera melalui layar di kamera secara langsung.

6. Menghubungkan Smartphone dengan Printer

USB OTG juga berfungsi untuk menghubungkan smartphone android dengan perangkat printer. Syaratnya printer yang kamu hubungkan harus sudah mendukung fitur USB Plug and Play. Jika sudah berhasil terhubung, sekarang kamu bisa mencetak dokumen secara langsung ke printer tersebut.

Kamu tidak perlu lagi susah payah harus memindahkan file dokumen ke PC atau laptop untuk nantinya diprint. Tidak hanya dokumen saja yang bisa dicetak secara langsung di printer, malainkan juga foto atau gambar. Hanya saja, untuk bisa mencetak dokumen atau foto dengan jumlah banyak sekligus, kamu perlu koneksi dengan mode PTP atau MTP.

7. Menghubungkan Portable CD Player

Dan fungsi unik USB OTG yang belum banyak pengguna tahu yakni bisa menghubungkan Portable CD Player ke perangkat smartphone. Di sini kamu bisa menghubungkan kedua perangkat tersebut melalui konektor USB OTG. Jika sudah seperti ini Anda maka akan memungkinkan kamu membaca data dari kepingan CD dengan mudah dan cepat.

Kalau dulu, membaca isi data dari kepingan CD hanya bisa dilakukan melalui CD Player atau laptop yang mendukung fitur CD atau DVD Player tersebut. Tetapi tampaknya fungsi ini kurang dibutuhkan. Eksistensi kepingan CD sebagai penyimpanan data sudah tergantikan oleh perangkat lain, seperti Flashdisk atau memori card.

Penutup

Itulah tadi beberapa fungsi unik USB OTG yang jarang diketahui oleh pengguna. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?