Fungsi Lain Tombol Volume HP Android Belum Orang Tahu

414
Fungsi Lain Tombol Volume HP Android
Fungsi Lain Tombol Volume HP Android

Fungsi Lain Tombol Volume HP Android – Hampir semua orang sekarang ini punya yang namanya smartphone. Smartphone sudah menjadi kebutuhan penting bagi sebagian besar masyarakat modern. Tidak lain karena fungsi dan kegunaan dari smartphone, khususnya smartphone android yang sangat banyak. Selain memudahkan kita untuk terhubung dengan orang lain, juga bisa dijadikan sebagai sarana bisnis, browsing internet, hingga hiburan seperti bermain game misalnya.

Fungsi Lain Tombol Volume HP Android
Fungsi Lain Tombol Volume HP Android

HP android ini sendiri terbentuk dari beberapa komponen, seperti bodi, layar, baterai, casing hingga tombol. Masing-masing komponen punya fungsi atau kegunaan tersendiri. Misalnya saja, layar berguna untuk menampilkan gambar, baterai sebagai penyokong daya, dan tombol untuk melakukan perintah tertentu.

Baca Juga:

Lain dari itu, tahukah kamu apa fungsi dari tombol volume di android android? Sebagian besar dari kalian mungkin akan menjawab tombol volume berfungsi untuk memperbesar dan mengecilkan suara di android. Memang benar fungsi dari tombol volume di android untuk mengatur besar kecilnya suara. Tetapi, ternyata ada fungsi lain dari tombol volume tersebut yang tidak banyak pengguna yang tahu. Lantas, apa saja fungsi lain tombol volume HP android tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah in!

Fungsi Lain Tombol Volume HP Android Tidak Banyak Tahu

Fungsi Lain Tombol Volume Smartphone Android
Fungsi Lain Tombol Volume Smartphone Android

Tombol-tombol di HP android diciptakan untuk fungsinya masing-masing, termasuk juga tombol volume. Selain bisa digunakan untuk mengatur besar kecilnya suara saat memutar musik, memutar video atau nada dering dan notif HP, fungsi lain ternyata juga dimilikinya. Berikut ini fungsi lain dari tombol volume HP android yang perlu kamu tahu, yakni:

1. Untuk Mengambil Foto

Tahukah kamu? Tombol volume di HP android ternyata juga bisa digunakan untuk mengambil foto lho. Ya, kamu bisa mengambil foto yang mudah tanpa menyentuh layar dengan mengalihfungikan tombol volume. Kamu cukup buka pengaturan kamera HP, kemudian mengubah fungsi tombol volume sebagai tombol Shutter.

Saat ingin mengambil foto objek di tempat yang sulit, kamu tidak perlu lagi menyentuh tombol shutter di layar. Cukup tekan tombol volume up ataupun volume down untuk mengambil foto. Selain itu, tombol volume juga bisa difungsikan untuk mulai merekam video di HP.

2. Sebagai tombol Zoom In / Zoom Out

Selain bisa difungsikan sebagai tombol Shutter, tombol volume ternyata juga bisa kamu ubah menjadi tombol Zoom In dan Zoom Out di kamera HP. Ini menjadi alternatif terbaik jika kamu kesulitan untuk swipe layar  dengan dua jari untuk Zoom In atau Zoom Out di kamera.

Sama seperti cara di atas, kamu cukup mengubah fungsi tombol volume ini melalui menu Pengaturan kamera. Sekarang kamu bisa dengan mudah mendekatkan atau menjauhkan objek di tampilan kamera HP.

3. Untuk Melakukan Screenshot

Tangkapan layar atau Screenshot sering dilakukan banyak pengguna untuk urusan tertentu, seperti menyimpan momen, membuat tutorial dan menyimpan hal penting lainnya. Beberapa HP android sudah dibekali dengan fitur screenshot, sehingga tidak perlu lagi menginstall yang namanya aplikasi pihak ketiga.

Salah satu cara untuk mengambil screenshot di semua tipe HP android adalah menekan tombol volume dan tombol Power secara bersamaan. Selain itu, di beberapa HP android bisa juga mengambil screenshot dengan kombinasi tombol Home + tombol Power yang ditekan secara bersamaan.

4. Untuk Menghidupkan Layar HP

Fungsi lain tombol volume HP android berikutnya yang jarang pengguna tahu adalah bisa untuk menghidupkan layar. Umumnya, menghidupkan layar smartphone yang dalam kondisi sleep dilakukan dengan menekan tombol Power atau tombol Home. Tetapi, di sini kamu juga bisa memanfaatkan tombol volume asalkan melakukan pengaturan terlebih dahulu.

Untuk mengubah tombol volume agar berfungsi untuk menghidupkan layar HP, kamu bisa menginstall aplikasi bernama Volume Unlock Power Button Fix. Cara ini juga bisa menjadi alternatif terbaik jika ternyata tombol Power di HP-mu rusak atau tidak berfungsi.

5. Untuk Membuka Lock Screen HP

Mengunci layar HP merupakan langkah tepat untuk melindungi HP agar tidak bisa diakses oleh sembarangan orang. Hal ini juga memungkinkan kita mencegah adanya pencurian data atau kebocoran privasi. Mengenai layar yang terkunci, umumnya kita menggunakan password atau pola tertentu yang sebelumnya sudah diatur.

Tetapi, ada lho cara lain untuk mengunci layar HP yang anti-mainstream yakni dengan menggunakan kombinasi tombol, termasuk tombol volume. Namun, untuk melakukan cara tersebut kamu perlu menginstall aplikasi bernama Sequency Unlock. Di aplikasi tersebut bisa membuat kombinasi dari tombol volume agar tidak mudah dibuka oleh orang lain.

6. Sebagai Shortcut Aplikasi

Fungsi lain yang juga bisa diperankan oleh tombol volume HP android yakni sebagai shortcut aplikasi. Sama seperti sebelumnya, kamu juga perlu bantuan aplikasi lain untuk mengubah fungsi dari tombol volume tersebut. Aplikasi yang bisa kamu manfaatkan di sini adalah aplikasi QuickClick.

Cukup dengan menginstall aplikasi tersebut kamu sudah bisa mem-fungsikan tombol volume untuk berbagai hal. Misalnya saja sebagai shortcut untuk mempercepat membuka aplikasi. Selain itu, masih banyak hal lagi yang bisa dilakukan hanya dengan tombol volume tersebut.

7. Untuk Masuk ke Recovery Mode

Dan fungsi lain tombol volume di HP android yang terakhir adalah untuk masuk ke Recovery Mode. Untuk masuk ke mode tersebut, kamu tidak hanya menggunakan tombol volume saja, melainkan juga bantuan tombol lain. Tombol volume bisa dikombinasikan dengan tombol Power agar bisa masuk ke mode tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa fungsi lain tombol volume HP android yang tidak banyak pengguna yang mengetahuinya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?

Artikel SebelumnyaCara Membersihkan Lensa Kamera HP yang Benar
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi HP Hang dan Nge-Lag Paling Ampuh
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini