10 Fitur WhatsApp Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

10 Fitur WhatsApp Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui – Siapa sangka kalau aplikasi whatsapp banyak menyimpan fitur rahasia yang bisa sangat membantu pengguna nya jika mengetahui penggunaan nya secara keseluruhan, dan mungkin sebagian besar pengguna nya tidak mengetahui termasuk anda pembaca setia bukandroid. Aplikasi whatsapp sendiri telah banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia, termasuk indonesia yang terbanyak mengunduh aplikasi ini pada perangkat smartphone mau pun pc yang dimiliki. Whatsapp merupakan suatu aplikasi berupa pesan instan yang terfokus untuk android, tapi dengan berjalan nya waktu maka sekarang telah di hadir kan untuk versi pc dan tak ada fitur yang berubah.

10 Fitur WhatsApp Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Fungsi dari whatsapp ini sendiri sama seperti aplikasi sms pada perangkat handphone umum biasa nya. Hanya saja dengan menggunakan aplikasi whatsapp ini kalian bisa mengirim video dan masih banyak fitur lain untuk bisa di gunakan, karena memang di kembang kan dari generasi lama nya yaitu sms. Serta aplikasi whatsapp sendiri tidak perlu menggunakan pulsa dalam penggunaan nya, melainkan data internet yang umum semua orang sekarang miliki untuk mengisi kebutuhan sehari hari dengan berinternet. Jadi, kalian tidak perlu khawatir dalam penggunaan nya karena tidak akan menyedot isi pulsa dan memikirkan panjang pendek karakter pesan yang akan di kirim, sebab di whatsapp ini tidak ada batasan karakter kiriman selagi anda memiliki data internet.

Ada sesuatu yang unik dari aplikasi whatsapp ini meski ia serupa dengan perpesanan instan lain nya. Yang unik dari aplikasi ini adalah ia tetap menggunakan nomor ponsel yang sudah kalian miliki sebelum nya untuk di gunakan dalam system pengenalan kontak, pengiriman pesan, dan verifikasi. Dengan cara yang di bawakan oleh whatsapp ini lah yang membuat nya berbeda dari aplikasi lain nya, seperti line yang menggunakan id user dan bbm menggunakan pin untuk pengenalan kontak pengguna nya. Ukuran aplikasi ini sendiri tergolong kecil jika di bandingkan dengan banyak pesaing dan tampilan nya yang sangat begitu sederhana buat siapa saja akan jadi tergila gila dengan aplikasi bertema hijau ini.

Sedikit info untuk anda dari sejarah whtasapp ini, kalau ia didirkan pada tahun 2009 februari tanggal 24, yang mana sekarang sudah mau menginjak usia ke delapan. Dan sudah menjadi anak perusahaan dari facebook ini didirikan oleh Jan Koum dan Brian Action yang dulu nya pernah bekerja di perusahaan ternama, yaitu Yahoo. Jan Koum bermodalkan uang $400.000 yang di dapatkan nya selama bekerja di Yahoo, ia mengunjungi teman nya bernama Alex Fishman dan mengajak Alex berdiskusi tentang App Store yang pada saat itu baru menginjak usia ke 7 bulan, karena Jan Koum merasa memiliki banyak potensi besar untuk meraih peluang sukses di sana. Dan pada sekitar tahun 2018 ini pengguna whatsapp telah mencapai angka sebanyak 1,5 miliar unduhan.

10 Fitur WhatsApp Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Mengerti akan keinginan dari user nya, tak habis akal maka tiap tahun whatsapp selalu menghadirkan banyak fitur fitur baru untuk memuaskan user dalam penggunaan aplikasi nya. Di bawah ini sudah ada beberapa fitur rahasia yang ada di whatsapp karena pada umum nya kalian terkadang sering malas untuk membaca keterangan sewaktu aplikasi ini di update, dan juga memang di antara banyak fitur mungkin ada yang akan membuat anda merasa semakin betah dengan menggunakan aplikasi whatsapp.

1. Fitur Bintang Pada Chat Berfungsi Menyimpan Percakapan

Terkadang pada suatu waktu anda perlu menyimpan sebuah percakapan pada whatsapp supaya pesan pesan penting yang ada bisa anda akses dengan mudah nanti nya ketika pesan penting tersebut telah tertimbun oleh banyak nya pesan baru. Melakukan hal ini sangat penting dilakukan untuk anda yang kerap menganggap suatu percakapan menjadi sangat penting terutama ketika percakapan tersebut telah berganti topik. Bagi user whatsapp agar bisa menyimpan suatu percakapan bisa dilakukan dengan cara menggunakan fitur pesan berbintang. Dengan cara menyentuh cukup lama suatu pesan penting yang mau di simpan, lalu pilih lah icon bintang yang muncul di bagian atas aplikasi.

Fitur Bintang Pada Chat Berfungsi Menyimpan Percakapan

Dan untuk melihat pesan yang telah anda simpan tadi cukup lah mudah, yaitu dengan cara menyentuh nama pengguna atau nama group yang berada di bagian atas untuk bisa membuka informasi seputar group atau pengguna. Kemudian anda dapat melihat pesan yang di simpan tersebut pada bagian starred messages.

2. Backup Percakapan

Backup Percakapan

Untuk berjaga jaga gunakan lah fitur ini sebelum anda melakukan hal seperti berganti perangkat telepon, menginstal ulang apl, mereset ulang smartphone, dan lain sebagai nya. Menggunakan fitur backup tersebut akan sangat berguna untuk menjaga data anda agar tidak hilang. Selain dapat menyimpan data backup ke dalam memori internal, pihak whatsapp sendiri telah menambah fitur nya tersebut agar bisa melakukan backup ke dalam akun google drive. Cara nya cukup mudah, yaitu kalian hanya perlu memasukkan akun gmail ke dalam smartphone lalu mengatur nya dengan cara pergi ke menu chat backup dalam pengaturan aplikasi whatsapp, perhatikan gambar di atas untuk lebih jelas nya.

3. Menyembunyikan Online atau Last Seen

Pada dasar nya pihak whatsapp memberi hak pada pengguna nya agar bisa saling melihat waktu terakhir online nya masing masing. Tetapi, jika anda merasa ini adalah suatu hal yang menjadi privasi atau di rasa mengganggu, maka anda juga dapat menembunyikan notif terakhir online atau last seen tersebut. Untuk cara nya sendiri tidak lah susah, yaitu pilih menu setting pada whatsapp, lalu pilih lah tab account dan privacy. Pada tahap tersebut kalian akan menemukan opsi yang bertuliskan last seen dan pilih lah opsi last seen itu, kemudian akan muncul opsi lain secara pop up.

Menyembunyikan Online atau Last Seen

Lalu kalian tinggal pilih nobody jika tidak mau ada satu pun orang yang mengetahui terakhir anda online, ada juga everybody supaya semua orang dapat melihat last seen anda, dan yagn terakhir adalah pilihan my contact agar cuman orang yang ada di dalam buku kontak anda saja yang dapat melihat last seen. Untuk lebih jelas nya kalian dapat melihat gambar yang ada di atas.

4. Quote Suatu Percakapan Untuk di Bahas

Kerap banyak sekali topik yang di bahas melalui chat biasa atau pun chat group, di mana terkadang topik tersebut sudah terlalu jauh dari topik awal pembicaraan yang sering juga membuat kita atau orang lain bingung untuk melihat alur pembicaraan tersebut. Dan kerap juga orang salah tanggapan tentang topik yang di bicara kan, karena topik yang sedang di bahas berbeda dengan yang di tanggapi. Pihak dari whatsapp sendiri memahami akan hal itu, karena memang sering kali di temukan dalam penggunaan aplikasi perpesanan lain nya.

Quote Suatu Percakapan Untuk di Bahas

Kemudian whatsapp menghadirkan fitur yang sangat berguna sekali agar orang tidak salah menanggapi topik yang sedang di bicarakan. Cara nya cukup mudah, tekan cukup lama pesan yang mau kalian tanggapi, lalu pilih lah opsi tanda balas yang memiliki bentuk panah mengarah atas melengkung ke kiri, seperti yang ada pada gambar di atas.

5. Colek Anggota Pada Group

Pada aplikasi whatsapp juga memiliki fitur mencolek atau mention seperti hal nya dengan apl sosial media lain nya, yang membuat nya berbeda mention di whatsapp ini di gunakan pada penggunaan pesan bukan status. Ketika menggunakan fitur mention tersebut, pasti nya akan membuat orang yang di mention pada group akan lebih waswas. Karena meski notifikasi percakapan pada group telah di ubah ke dalam mode mute atau senyap, system akan tetap memaksa mengeluarkan sebuah bunyi notifikasi pada saat di mention.

Pada umum nya di aplikasi lain pada saat orang telah mematikan notifikasi suatu group, maka system tidak akan mengeluarkan notifikasi bunyi atau apa pun itu, sehingga orang terkadang tidak menyadari kalau sedang di ajak berbincang di dalam suatu group. Cara untuk menggunakan fitur mention ini pun tergolong sangat lah mudah, yaitu kalian hanya perlu menambah kan tanda karakter “@” tanpa tanda kutip, pada kolom chat pada saat sebelum mengetik kan nama orang yang mau di mention, contoh nya seperti @ani. Selain mengetik nama pengguna yang mau di mention, kalian juga dapat memillih dari salah satu daftar kontak pada whatsapp.

6. Mematikan Download Otomatis

Biasa nya pada saat mengirim dan menerima file seperti foto atau pun gambar melalui whatsapp akan secara otomatis terdownload. Dengan ada nya fitur download otomatis tersebut pasti nya akan sedikit membuat anda jengkel, karena bisa menghabiskan data dan juga memakan banyak daya baterai smartphone yang lumayan besar. Sebagian dari kalian mungkin belum tahu bahwa fitur tersebut dapat di atur agar semua pengiriman dan penerimaan file akan terdownload secaramanual, dengan cara menyentuh file nya terlebih dahulu.

Mematikan Download Otomatis

Untuk cara nya juga cukup mudah, silahkan ikuti langkah langkah nya sebagai berikut. Masuk ke dalam menu setting pada whatsapp, kemudian pilih opsi data usage. Pada menu yang tertulis media auto download terdapat beberapa opsi yang bisa untuk kalian pilih. Tepat nya ada tiga pilihan, yaitu when connected on wifi, when using mobile data, dan when roaming. Akan lebih mudah untuk memahami nya jika aplikasi whatsapp kalian sudah berbahasa indonesia.

7. Mematikan Tanda Centang

Tanda centang pada whatsapp mempunyai banyak fungsi dan sangat penting keberadaan nya. Melalui fitur centang tersebut kalian akan bisa mengetahui suatu kondisi pesan yang tadi telah di kirim, jika centang satu yang bewarna abu abu maka pesan tersebut tertunda oleh faktor sinyal atau semacam nya, kalau bercentang dua dan masih bewarna abu abu maka mengartikan kalau pesan terlah masuk kepenerima tetapi belum di baca, dan yang terakhir yaitu tanda centang dua lalu bewarna biru yang memiliki makna kalau pesan telah terkirim serta di baca.

Mematikan Tanda Centang

Mungkin sebagian dari kalian berkeinginan untuk mematikan fitur ini, yang mana hal tersebut pasti nya memiliki tujuan atau pun merasa terganggu, karena tidak ingin orang lain mengetahui jika anda telah membaca pesan serta enggan untuk membalas. Jika iya, maka hal yang perlu di lakukan ialah menonaktifkan fitur centang tersebut, untuk cara nya sendiri bisa kalain perhatikan gambar di atas.

8. Mengetahui Secara Detail Pesan Yang Terbaca dan Terkirim

Fitur ini sangat bagus untuk mengintai pesan pacar atau juga teman. Untuk menggunakan fitur ini juga amat mudah tapi tidak mudah untuk di tebak, cara nya adalah dengan menggeser layar ke kiri tepat di atas pesan yang ingin di lihat rincian nya. Setelah itu maka akan secara otomatis muncul detail informasi dari pesan tersebut. Langkah ini hanya berlaku untuk pengguna iPhone.

Mengetahui Secara Detail Pesan Yang Terbaca dan Terkirim

Sedangkan untuk Android sendiri sebagai berikut, tekan cukup lama pesan yang ingin di lihat detail nya, kemudian akan secara otomatis muncul beberapa pilihan opsi yang terletak di atas layar, lalu tinggal tekan icon info yang berada di sebelah kiri kotak sampah. Maka akan muncul info detail dari pesan itu.

9. Cara Mengetahui Siapa Yang Sering di Hubungi

Cara Mengetahui Siapa Yang Sering di Hubungi

Fitur ini juga sangat penting untuk kalian ketahui agar bisa mengintai pacar atau juga gebetan anda. Dengan menggunakan fitur ini maka anda akan dapat mengetahui kontak whatsapp siapa saja yang sering ia hubungi, seperti chat dan telpon. Cara untuk iOS sendiri yaitu dengan masuk ke dalam menu setting, kemudian data and storage use, lalu storage use. Dan untuk pengguna android sebagai berikut, masuk ke dalam pengaturan whatsapp, lalu pilih chat kemudian chat history dan email chat. Di situ kalian akan mengetahui nya secara pasti.

10. Mengirim Gambar Berformat GIF

Mengirim Gambar Berformat GIF

Mungkin tanpa kalian sadari kalau di whatsapp chatting bisa mengirim foto atau potongan video yang memiliki format GIF. Untuk menggunakan fitur ini kalian hanya perlu menyentuh icon GIF yang berada di sebelah icon emoticon. Setelah membuka menu GIF, maka anda dapat mengirim file yang memiliki format tersebut. Dan tentu kalian juga dapat memilih banyak gambar GIF yang sudah di sediakan oleh pihak whatsapp untuk semua pengguna aplikasi nya.

Penutup

Semoga dengan ada nya artikel ini akan bisa menambah wawasan serta membuat kalian lebih bijak dalam menggunakan aplikasi tersebut. Sekian dari saya kali ini, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke seluruh akun sosial media yang kalian punya ya.