5 Fitur Unggulan dari MIUI 11 Terbaru untuk HP Xiaomi

Fitur Unggulan dari MIUI 11 – MIUI merupakan perangkat tegar atau firmware yang dikembangkan oleh Xiaomi dan khusus diterapkan pada HP besutannya. Setiap tahunnya Xiaomi selalu memberikan update terbaru dari MIUI tersebut. Seri MIUI yang terakhir kali dirilis oleh Xiaomi adalah MIUI 10 yang punya banyak keunggulan. MIUI 10 cukup sukses menyita banyak pengguna berkat keunggulan yang dibawanya. Pengguna juga sudah banyak yang mengupdate perangkatnya dengan MIUI 10.

Fitur Unggulan dari MIUI 11
Fitur Unggulan dari MIUI 11 Terbaru

Belum selesai kekaguman Mi Fans terhadap MIUI 10, kabarnya Xiaomi sudah menyiapkan peluncuran seri MIUI terbarunya yakni MIUI 11. Kabar perilisan dari MIUI 11 ini santer diperbincangkan di forum Mi Fans dan juga di media sosial. Dari kabar yang beredar, MIUI 11 bakal megusung fitur unggulan yang sebelumnya belum pernah dihadirkan oleh Xiaomi .

Baca Juga:

Fitur unggulan dari MIUI 11 yang akan hadir juga membuat pada MI Fans penasaran. Tidak jarang dari mereka juga mereka-reka apa saja fitur yang bakal dihadirkan tersebut. Dari pada hanya mereka-reka saja, ketahui yuk 5 fitur andalan dari MIUI 11 yang bakal disegera dirilis oleh Xaiomi di bawah ini.

5 Fitur Unggulan dari MIUI 11 Terbaru untuk Xiaomi

Fitur Unggulan dari MIUI 11 Terbaru

Meskipun kabar yang beredar tentang MIUI 11 yang semakin santer terdengar, tetapi belum diketahui secara pasti kapan waktu perilisannya. Dari informasin yang saya himpun, MIUI 11 kabarnya bakal dirilis pada kuartal kedua tahun 2019 ini. Perilisannya tersebut bakal berbarengan dengan peluncuran salah satu HP flagship terbaru dari Xiaomi. 

Yang semakin membuat Mi Fans tidak sabar, MIUI 11 diklaim akan hadir untuk perangkat lawas sekalipun seperti Xiaomi Redmi Note 3 dan Mi 5. Setidaknya ada 38 perangkat HP Xiaomi yang bakal mendapatkan update MIUI 11. Tapi demikian yang paling dinanti-nantikan oleh pengguna Xiaomi adalah fitur terbaru yang dibawa oleh MIUI 11. Mengenai fitur terbaru MIUI 11 tersebut, antara lain :

1. Antarmuka baru dengan animasi yang lebih halus

Tampilan antarmuka sebuah HP menjadi poin utama untuk bisa menarik minat para penggunanya. Pada MIUI 11 ini kabarnya Xiaomi akan menghadirkan tampilan antarmuka yang baru untuk sistem operasinya. Akan ada perubahan pada ikon-ikon yang ada dalam HP android. Tidak hanya unik, ikon-ikon tersebut dibuat dengan lebih sederhana dan minimalis.

Tidak sampai disitu saja, ikon-ikon tersebut juga memungkinkan untuk pengguna lakukan customize agar lebih sesuai dengan selera masing-masing. Dengan begitu tampilan antarmuka dari HP akan lebih menarik bagi penggunanya.

Selain perubahan pada ikon-ikonnya, MIUI 11 juga diklaim bakal membawa animasi yang lebih halus dibandingkan dengan yang ada di versi MIUI sebelumnya. Pengguna akan dibuat semakin terkesa dengan geraka dan efek yang diberikan saat mengoperasikan HP Xiaomi dengan MIUI 11.

2. Punya pilihan tema gelap dan terang

Fitur tema gelap dan terang masih dalam tahap pengembangan, yang mana bakal dihadirkan pada Sistem Operasi Android Q. Namun ternyata Xiaomi berinisiatif untuk lebih mempercepat peluncuran fitur tersebut. Fitur tema gelap dan terang akan dihadirkan pada versi MIUI 11 ini. Meskipun, MIUI 11 ini sendiri masih berdasar pada Sistem Operasi Android 9.0 Pie.

Belum tahu bagaimana tampilan secara persis dari tema gelap dan terang yang bakal hadir di MIUI 11 ini. Kita tunggu saja bagaimana hasilnya nanti saat MIUI 11 sudah resmi dirilis.

3. Pengoptimalan pada ikon di Status Bar

Fitur unggulan dari MIUI 11 berikutnya adalah adanya pengoptimalan ikon yang ada di bagian Status Bar.  Peletakan ikon akan lebih dirapikan lagi sehingga membuat tampilan layar semakin menarik. Khususnya pada smartphone Xiaomi yang memiliki poni atau notch, saat membuka Status Bar notc atau poni tersebut akan disembunyikan. Menyembunyikannya sendiri dengan cara memblock Status Bar menjadi warna hitam.

Tidak hanya ikon di Status Bar saja, pengoptimalan juga dilakukan pada sistem notifikasi. Pengguna bisa dengan mudah mengelola notifikasi melalui opsi-opsi baru yang disediakan.

4. Fitur baru pada sistem screenshot

Satu lagi fitur unggulan dari MIUI 11 yang bakal hadir yakni fitur screenshot yang lebih baru. Fitur baru tersebut memungkinkan hasil screenshot akan secara otomatis dihapus ketika sudah dibagikan oleh pengguna. Selain itu, hadir pula opsi pengeditan baru dari hasil screenshot yang sudah dilakukan. Lakukan pengeditan gambar lalu nantinya bisa kamu bagikan melalui berbagai platform, seperti WhatsApp, Bluetooth atau juga Instagram.

5. Ultra Power Saving Mode

Dan fitur unggulan MIUI 11 yang bakal hadir terakhir adalah Ultra Power Saving Mode. Fitur satu ini memungkinkan smartphone android bisa lebih hemat daya baterai meskipun penggunaan secara continue. Bahkan saat daya baterai tinggal sedikit, fitur ini akan membuatnya tetap awet dan bertahan lebih lama. 

Saat fitur ini diaktifkan maka semua fitur dan aplikasi akan dinonaktifkan secara otomatis, kecualai hanya SMS dan juga panggilan telepon. Selain itu, fitur ini juga akan mengubah layar HP menjadi hitam putih tanpa adanya warna, wallpaper juga akan berubah menjadi hitam. Dengan begitu, daya baterai smartphone akan lebih hemat dan tahan lama.

Penutup

Itulah tadi beberapa fitur unggulan dari MIUI 11 yang bakal hadir di kuartal kedua tahun ini. Kita tunggu saja sampai MIUI 11 benar-benar sudah diluncurkan oleh pihak Xiaomi. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosial kamu agar bisa bermanfaat untuk orang banyak.