6 Fitur Tersembunyi Google Maps di Android Jarang Diketahui

Fitur Tersembunyi Google Maps – Google Maps merupakan salah satu aplikasi navigasi terbaik yang di perangkat android. Dibesut oleh sang raksasa Google, Google Maps menjelma menjadi aplikasi yang paling dibutuhkan sekarang ini. Bagaimana tidak? Dengan adanya Google Maps memudahkan semua orang ketika ingin mengunjungi suatu tempat yang bahkan belum ia kunjungi sebelumnya. Google Maps akan menuntun perjalananmu hingga sampai di tempat tujuan dengan cepat dan tepat pastinya.

Fitur Tersembunyi Google Maps
Fitur Tersembunyi Google Maps

Google Maps semakin banyak diminati berkat fitur-fitur canggih yang tersedia di dalamnya. Salah satunya adalah fitur yang mampu merekomendasikan jalan atau jalur terbaik yang bisa dilewati oleh pengguna. Selain itu, ada pula fitur tampilan yang menyesuaikan kondisi siang dan malam. Di saat siang hari tampilan peta akan dibuat lebih cerah, sementara saat malam hari tampilannya beralih ke mode malam atau dark mode.

Baca Juga:

Selain itu, masih ada banyak lagi fitur menarik yang disematkan di dalam Google Maps. Bahkan beberapa fitur tersembunyi juga ada yang tentunya tidak semua pengguna mengetahuinya. Supaya kamu tidak dibilang kudet, ketahui apa saja fitur tersembunyi di Google Maps di android tersebut. Yuk simak ulasan di bawah ini!

6 Fitur Tersembunyi Google Maps di Android Jarang Diketahui

Fitur Tersembunyi Google Maps di Android
Fitur Tersembunyi Google Maps di Android

Bersyukurlah jika kamu hidup di jaman modern seperti sekarang ini, semua hal dipermudah dengan adanya teknologi. Saat bepergian, baik menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum kamu tidak perlu lagi takut tersesat. Hadirnya Google Maps sebagai aplikasi navigasi terbaik memudahkan semua orang saat tidak tahu jalan.

Seperti yang dijelaskan di atas, aplikasi Google Maps memiliki fitur-fitur tersembunyi. Apa saja? Berikut beberapa fitur tersembunyi Google Maps di android tersebut, antara lain:

1. Fitur untuk Menyimpan Lokasi Favorit

Fitur yang cukup jarang diketahui oleh para pengguna aplikasi Google Maps yang pertama adalah fitur penyimpan lokasi favorit. Fitur ini memungkinkan kamu membuat daftar lokasi mana saja yang paling difavoritkan atau sering dikunjungi. Dengan menyimpan lokasi tersebut, nantinya kamu akan lebih mudah saat mengaksesnya kembali di kemudian hari.

Tidak hanya itu saja, daftar lokasi favorit yang sudah dibuat tadi juga bisa dishare ke pengguna lainnya. Dan Juga di sini kamu bisa membuat yang berisikan teman-teman kamu, kemudian tentukan tempat yang ingin di tuju. Untuk mengakses fitur ini sangat mudah, yakni:

  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Klik ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Pilih opsi Tempat Anda.
  • Pilih menu Disimpan dengan cara geser layar ke kiri.

2. Fitur Menambah Lokasi Pemberhentian di perjalanan

Selanjutnya ada fitur menarik yang memungkinkan kamu memilih dan menambahkan lokasi yang nantinya dijadikan tempat pemberhentian yang pas saat perjalanan. Beberapa tempat pemberhentian bisa kamu pilih, baik itu masjid, pom bensin, restoran, tempat ngopi dan lain sebagainya.

Untuk mengakses fitur ini juga tidak sulit, kamu tinggal klik ikon Pencarian pada saat masih berada di mode navigasi. Beberapa tempat rekomendasi untuk pemberhentian akan muncul di layar. Bisa juga memanfaatkan search bar agar lebih banyak mendapatkan rekomendasi tempat yang pas untuk pemberhentian.

3. Fitur Berkirim Rute ke HP Android

Google Maps tidak hanya bisa diakses melalui smartphone android saja, melalui perangkat PC atau laptop juga memungkinkan untuk mengaksesnya. Jika kebetulan kamu mengakses Google Maps melalui PC atau laptop, nantinya kamu juga bisa mengirim rute yang ditentukan ke smartphone android.

Misalnya saja saat kamu ingin mengunjungi suatu tempat, tidak mungkin dong mencari alamatnya dengan PC atau laptop? Karena itulah pentingnya fitur satu ini. Namun untuk mengirim rute Google Maps dari PC ke perangkat android, kedua perangkat tersebut harus login kea kun Google yang sama. Caranya cukup mudah, saat membuka suatu rute di PC atau laptop, kamu tinggal klik opsi Send direction to your phone. Secara otomatis rute yang dipilih tersebut akan dikirim ke smartphone.

4. Fitur Pengecekan Durasi Perjalanan yang Dibutuhkan

Sering keteteran waktu ketika ingin mengunjungi suatu tempat dengan menggunakan pesawat atau kereta api? Tidak perlu bingung selama kamu masih mempunyai smartphone dan aplikasi Google Maps. Melalui Google Maps kamu bisa mengetahui berapa durasi perjalanan yang harus ditempuh untuk bisa sampai di tujuan.

Misalnya saja kamu ingin ke bandara dengan waktu keberangkatan tertentu. Kamu tinggal cek durasi waktu perjalanan dari tempatmu sekarang ke bandara yang ingin dituju dengan cara search seperti biasa. Setelah itu, pilih opsi Petunjuk Arah. Di bagian menu tertera durasi waktu dari masing-masing transportasi yang ingin kamu gunakan, seperti sepeda motor, mobil, hingga angkutan umum. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan sendiri kapan kamu harus berangkat agar tidak telat mengejar pesawat.

5. Fitur Share Perjalanan

Di Google Maps juga menyediakan fitur khusus yang memungkinkan kamu sharing lokasi ke teman melalui berbagai platform, baik itu WhatsApp, Gmail, pesan atau yang lainnya. Kamu juga bisa mengatur durasi sharing lokasi. Ketika sudah mencapai waktu yang ditentukan, maka teman yang dibagikan lokasi tidak bisa lagi mengakses lokasi yang kamu share tersebut.

Untuk mengakses fitur ini tidaklah sulit, cukup klik ikon tiga garis yang ada di bagian pojok kiri atas. Selanjutnya pilih opsi Berbagi Lokasi, kemudian pilih platform share lokasi yang kamu inginkan. Jangan lupa juga pilih durasi share lokasi, bisa 1 jam atau sampai dinonaktifkan.

6.  Fitur Indoor Map

Fitur tersembunyi Google Maps di android berikutnya adalah fitur dalam ruangan. Ya, fitur ini memungkinkan kamu menjelajahi sebuah ruangan dengan mudah tanpa takut tersebut. Ini tentu berguna bagi kalian yang sedang berada di tempat atau bangunan yang luas, bangunan mall misalnya.

Dengan adanya fitur ini tidak akan lagi membuatmu tersesat saat ingin mencari pintu untuk keluar atau kembali ke parkiran. Caranya cukup mudah, lakukan zoom in pada lokasi kamu saat ini. Dengan begitu kamu bisa melihat layout mall yang kamu kunjungi tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa fitur tersembunyi di Google Maps android yang mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya. BTW, apa kamu juga belum tahu fitur-fitur tersebut?