5 Fitur Tersembunyi di Smartphone Xiaomi Jarang Diketahui

Fitur Tersembunyi di Smartphone Xiaomi – Sebagai pecinta gadget khususnya smartphone, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan brand smartphone asal China ini. Ya, Xiaomi menjadi salah satu brand asal negeri Tiongkok yang cukup sukses dalam produksi HP android. Hampir semua produk yang dikeluarkannnya laku keras di pasar dunia, khususnya di Indonesia.

Fitur Tersembunyi di Smartphone Xiaomi

Tidak heran memang karena smartphone dari Xiaomi ini punya spesifikasi mumpuni dengan banderol harga lumayan murah. Selain itu, Xiaomi juga terkenal dengan inovasinya dalam menyematkan berbagai fitur terbaru untuk setiap produk keluaran baru. Fitur-fitur canggih dihadirkan guna untuk semakin memanjakan para fans Xiaomi di seluruh dunia.

Baca Juga:

Dari adanya fitur-fitur terbaru tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna untuk memilih smartphone dari Xiaomi. Selain fitur yang Nampak, ada pula beberapa fitur tersembunyi di smartphone Xiaomi yang bahkan jarang pengguna tahu. Padahal fitur-fitur tersembunyi tersebut mempunyai fungsi penting dan sayang jika tidak dimanfaatkan. Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Fitur Tersembunyi di Smartphone Xiaomi Jarang Diketahui

Seperti yang kita tahu, HP dari Xiaomi dibekali dengan berbagai fitur canggih yang berguna untuk semakin mengoptimalkan kinerjanya. Selain itu, fitur-fitur yang disematkan di dalamnya juga bertujuan untuk membantu penggunanya dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Karena hal inilah, semakin banyak saja peminat HP Xiaomi khususnya di Indonesia.

Fitur Tersembunyi di HP Xiaomi

Di dalam HP Xiaomi juga terdapat beberapa fitur canggih tersembunyi yang jarang pengguna tahu. Sama seperti yang dijelaskan tadi, fitur ini juga berguna untuk mengoptimalkan kinerja smartphone dan juga membantu aktivitas penggunanya. Adapun fitur tersembunyi di smartphone Xiaomi tersebut, antara lain:

1. Fitur Dual Apps

Fitur Dual Apps sedang menjadi tren sekarang ini, dimana hampir semua HP keluaran baru disematkan fitur tersebut. Xiaomi juga tidak mau kalah, fitur Dual Apps juga dihadirkan pada smartphone Xiaomi yang sudah menggunakan MIUI 8. Fitur Dual Apps ini sendiri berfungsi untuk melakukan kloning pada sebuah aplikasi agar menjadi dua dan bisa digunakan secara bersamaan pada satu HP.

Untuk melakukan kloning aplikasi di android, App Cloner menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak dipilih. Namun sekarang aplikasi tersebut tampaknya tidak berguna lagi, karena di Xiaomi khususnya sudah memungkinkan mengkloning aplikasi tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga lagi. 

Aplikasi yang terinstall di HP Xiaomi bisa kamu kloning dengan mudah, dan sangat aman pastinya. Untuk menggunakan aplikasi tersebut sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama masuk ke menu Setelan atau Settings.
  • Setelah itu, scroll ke bawah lalu pilih opsi Dual Apps.
  • Pilih aplikasi yang ingin dikloning.
  • Tunggu sampai proses kloning selesai dilakukan.

2. Fitur Second Space

Fitur tersembunyi di HP Xiaomi berikutnya adalah fitur Second Space. Dengan adanya fitur satu ini memungkinan kamu membuat layaknya tampilan layar kedua pada sebuah HP Xiaomi. Di layar kedua tersebut kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu tampilkan. Fitur seperti ini dulunya hanya ada di perangkat PC, tapi sekarang sudah hadir pula di smartphone android Xiaomi.

Fitur Second Space akan sangat berguna untuk kamu yang menginginkan tampilan layar baru, di mana pada layar tersebut hanya berisi aplikasi yang kamu anggap penting dan memiliki privasi tersendiri. Untuk menggunakan fitur ini sangat mudah, simak langkah-langkah berikut:

  • Pertama kamu masuk ke menu Setelan atau Settings.
  • Setelah itu, scroll ke bawah dan klik opsi Second Space.
  • Terakhir aktifkan fitur tersebut dengan klik pada tombol Turn on Second Space.
  • Selesai.

3. Fitur RAM Booster

RAM menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah smartphone, di mana RAM tersebut sangat berpengaruh terhadap performa kinerjanya. Fungsi dari RAM ini sendiri adalah untuk menyimpan data aktivitas dari sebuah aplikasi yang dijalankan di smartphone. Dengan begitu, saat pengguna ingin membuka aplikasi yang sama kembali maka akan lebih cepat loadingnya. Data yang tersimpan di RAM akan membantu mempercepat loading dari aplikasi tersebut.

Karena banyaknya aplikasi yang dijalankan setiap harinya, membuat ruang di RAM semakin penuh. Ini akan berdampak terhadap menurunkan performa kinerja smartphone. Jika kamu pengguna Xiaomi, tidak perlu lagi mengkhawatirkan kondisi tersebut karena sekarang sudah ada fitur RAM Booster. RAM Booster berfungsi untuk mengosongkan RAM sehingga membuat kinerja HP lebih cepat. Untuk Menggunakan fitur ini sangat mudah, yakni:

  • Pada layar utama smartphone, lakukan swipe layar ke bawah untuk memunculkan menu bar.
  • Selanjutnya tinggal kamu tap pada menu RAM Booster.
  • Secara otomatis RAM akan dikosongkan.

4. Fitur One Hand Mode

Fitur tersembunyi di smartphone Xiaomi berikutnya adalah fitur One Hand Mode atau mode satu tangan. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan kamu mengoperasikan HP hanya dengan satu tangan saja.

Fitur ini akan membuat tampilan layar menyesuaikan dengan jangkauan jari saat HP dipegang hanya dengan satu tangan. Untuk smartphone Xiaomi keluaran baru umumnya mengusung layar minimal 5.0 inci. Ini tentu cukup sulit untuk dioperasikan dengan satu tangan, karena itulah dihadirkanlah fitur satu ini. Untuk cara mengaktifkan fitur One Hand Mode, sebagai berikut:

  • Pertama masuk ke menu Setelan atau Settings.
  • Setelah itu, klik pada opsi One Hand Mode.
  • Sesuaikan ukuran layar sesuai dengan keinginan.
  • Berikutnya, agar bisa masuk ke mode satu tangan kamu tinggal lakukan swipe pada tombol Recent Apps, Home dan juga Back. Dengan begitu kamu akan langsung masung ke mode satu tangan.

5. Fitur Permission

Untuk fitur satu ini memungkinkan kamu memilih aplikasi mana saja yang diizinkan untuk berjalan di latar belakang atau background. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka kinerja smartphone akan lebih cepat dikarenakan ruang di RAM yang masih lega.

Untuk mengaktifkan fitur Permission, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu masuk ke menu Setelan atau Settings.
  • Setelah itu, scroll ke bawah dan klik pada opsi Security.
  • Selanjutnya klik opsi Auto Start.
  • Dan yang terakhir kamu tinggal pilih aplikasi mana saja yang tidak diperbolehkan berjalan di latar belakang.

Penutup

Itulah tadi beberapa fitur tersembunyi di smartphone Xiaomi yang tidak banyak pengguna tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?