Fitur MIUI 8 Yang Harus Kamu Ketahui

Fitur MIUI 8 Yang Harus Kamu Ketahui – MIUI 8 akhirnya menjawab semua kerinduan para pengguna ROM MIUI pada Xiaomi, yang mana kini telah di luncurkan MIUI 8 penerus dari MIUI 7 sebelumnya. Lei Jun beberapa saat lalu menyatakan bahwa sudah ada sekitar 200 juta user MIUI aktif di seluruh dunia, mereka merasa termotivasi akan banyak nya pengguna Xiaomi sekarang dan akan lebih berusaha keras agar dapat memberikan update MIUI yang lebih baik kedepan nya bagi seluruh user MIUI tersebut. Pada smartphone Xiaomi sendiri memang banyak terdapat fitur – fitur yang dapat kamu gunakan dan lakukan tanpa harus melakukan root lebih dulu.

Fitur MIUI 8 Yang Harus Kamu Ketahui

Fitur lengkap MIUI tersebut sayang nya baru terealisasikan ke beberapa negara saja, seperti Indonesia, India, Hongkong, dan Malaysia. Oh iya, jika kalian ingin memakai beberapa fitur yang sudah saya deretkan di dalam artikel ini tapi kamu tidak bisa menemukan nya di hp Xiaomi kamu padahal sudah memakai MIUI 8, maka artinya sistem fitur tersebut tersembunyi di dalam smartphone tersebut. Untuk bisa menggunakan nya kalian harus lah mengganti pengaturan lokasi terlebih dulu ke India, Indonesia, Hongkong, Malaysia, atau yang lainnya. Hal ini wajib di lakukan karena memang pada dasarnya ada beberapa fitur khusus yang hanya bisa digunakan atau di miliki oleh negara – negara tertentu.

Baca Juga :

Seperti negara India misalnya, yang mana mereka mempunyai fitur berupa pengganti font, nah untuk menggunakan nya jika lokasi negara kalian adalah Indonesia maka tidak akan muncul bukan ? Maka langkah yang harus anda lakukan ialah masuk ke dalam menu Pengaturan HP, kemudian buka menu Setelan Tambahan, dan klik Lokasi untuk mengganti lokasi negara anda. Jika sudah melakukan langkah tadi maka anda bisa menikmati semua daftar fitur di bawah ini, setelah itu langsung saja simak fitur – fitur apa saja itu.

Fitur MIUI 8 Yang Harus Kamu Ketahui

Dengan banyak nya varian android populer yang selalu menawarkan fitur keren atas persediaan android yang ada, maka dengan di perbaharuinya MIUI tersebut tentu akan terdapat lebih bayak fitur – fitur terbaru dan mungkin juga ada yang tersembunyi. Jadi oleh karena itu lah pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar trik & tips dalam penggunaan fitur MIUI 8, silahkan langsung saja simak daftar nya berikut ini.

1. Mode Satu Tangan

Sering kali kita berpergian di keramaian seperti sedang di dalam bus, kendaraan umum, dan tempat – tempat lainnya yang pada saat itu lah terkadang kita tidak bisa menggunakan smartphone menggunakan ke dua tangan. Yang menambah sulit dalam penggunaan smartphone sekarang yang mengharuskan kita menggunakan kedua tangan di karenakan pertumbuhan hp pintar yang sekarang rata – rata memiliki ukuran lebih besar. Nah sekarang kalian tidak usah khawatir, sebab telah hadir fitur yang memungkinkan kita sebagai pengguna Xiaomi MIUI 8 untuk dapat memakai smartphone hanya dengan mengandalkan satu tangan saja.

Mode Satu Tangan

Fitur tersebut bernama One – Handed Mode atau Mode satu tangan. Cara untuk menggunakan mode satu tangan ini sendiri sangat lah mudah, yang mana orang awam sendiri juga akan bisa langsung mengerti bagaimana sistem pengoperasian nya. Yaitu anda cukup mengusap tombol Navigasi yang di antara tombol Home, kembali dan pilih Task Manager, lalu untuk mengecilkan serta menyesuaikan ukuran layar yang di inginkan kamu cukup mengusap nya ke kiri atau ke kanan.

2. Aplikasi Ganda / Dual Aplikasi

Tidak jarang terkadang kita menginginkan untuk dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan di dalam satu ponsel Xiaomi yang kita dimiliki ini. Contohnya saja seperti ketika kita mempunyai dua buah kartu SIM dan mau menjalankan aplikasi perpesanan WhatsApp dengan dua nomor tersebut, yang mana hal ini tidak mungkin bisa di lakukan pada setiap ROM lain jika tidak melakukan rooting terlebih dulu atau tanpa menggunakan suatu aplikasi pihak ketiga seperti hal nya dengan apliaksi Parallel Space, akan tetapi pada Xiaomi MIUI 8 yang sudah di built – up ini kita bisa melakukan hal yang seperti itu dengan cukup mudah tanpa repot lagi.

Aplikasi Ganda / Dual Aplikasi

Nah bagi kamu pengguna smartphone Xiaomi dan sudah update ke MIUI 8, untuk mengaktifkan fitur ini sangat lah mudah, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah pergi menuju menu Settings pada hp, lalu pilih opsi Aplikasi Ganda. Pada menu tersebut kalian bisa memilih apl mana saja yang hendak mau di gandakan, untuk apl yang asli atau pertama nya akan tetap tidak akan berpengaruh dalam penggunaan dari pengganda nya, dan untuk melihat beda nya sendiri mana yang asli dan ganda cukup lihat simbol kuning di pojok bawah kiri ikon. Jadi tidak usah khawatir lagi kalau anda ingin menggandakan apl, karena si cloning akan berjalan secara independen ketimbang dari apl asli nya.

3. Screenshot Panjang

Screenshot Panjang

Di posisi ketiga ada fitur yang memungkinkan kita untuk bisa melakukan screenshot lebih panjang dari layar hp. Tentu saja dengan ada nya feature ini akan sangat membantu sekali ketika hendak ingin me’screenshot sesuatu yang lebih dari satu layar saja, seperti hal nya ketika pada saat mau menangkap layar pada suatu halaman website, menangkap percakapan chat dengan lengkap, dan masih banyak lagi. Untuk cara pemakaian nya sendiri tidak lah begitu sulit, kamu cukup menahan tombol Volume Bawah dan juga tombol Power, lalu pilih opsi Screenshot untuk melakukan nya.

4. Quick Ball

Quick Ball

Fitur Quick Ball adalah suatu pintasan dari beberapa menu berupa shortcut transparan yang muncul pada layar hp Xiaomi, untuk mengaktifkan fitur ini ada pada opsi di dalam menu Settings. Jika kita menekan tombol Quick Ball tersebut maka nantinya akan muncul 5 pintasan menu, di antara nya yaitu Kunci, Menu, Screenshot, Kembali, dan Home. Tidak hanya itu, kita sebagai user juga bisa mengedit sesuai dengan keinginan kita opsi mana saja yang nanti nya kalau di tekan akan membuka aplikasi apa, bisa saja Facebook, Game, dan lain – lain yang anda inginkan.

5. Ruang Kedua

Salah satu fitur keren dan terbaik serta unik pada seri MIUI 8 adalah feature Second Space atau Ruang Kedua. Dengan memakai mode ruang kedua tersebut memungkinkan anda agar bisa mengkonfigurasi ruang kerja kedua dari dalam smartphone, hampir sama dengan bagaimana account user Windows dan MacOS bekerja. Dari kedua ruang itu bertindak secara sendiri – sendiri atau independen dengan sistem foto, tema, file, apps, rekening Mi, passcode, dan lain sebagainya.

Ruang Kedua

Salah satu contoh dasar pemakaian fitur ini adalah menggunakan ruang pertama untuk membuka hal – hal pribadi seperti Instagram, Facebook, Snapchat, mungkin juga office, dan seterus nya yang mengandung urusan pribadi kita. Nah kemudian pada ruang kedua bisa kalian gunakan untuk bermain game, browser, dan apa pun itu yang pada inti nya dengan Second Space tersebut kita bisa menggunakan dua hp dalam satu smartphone saja.

Penutup

Baiklah itu dia tadi 5 feature tersembunyi pada sistem MIUI 8 yang dapat kalian temukan dan gunakan. Jika kalian merasa terbantu dengan ada nya artikel ini, maka bukandroid akan senang hati kalau anda mau membagikan artikel ini ke dalam akun sosial media kamu, supaya lebih banyak orang yang bisa terbantu dengan ada nya ini.