Inilah 7 Fitur Android 10 Tersembunyi yang Canggih

Fitur Android 10 Tersembunyi – Belum tuntas kekaguman pengguna pada OS Android 9 Pie, Google kembali memperkenalkan versi android terbarunya yakni Android 10. Sistem Operasi Android 10 sendiri secara resmi dirilis pada bulan September 2019 lalu melalui gelaran acara Google I/O. Pengguna khususnya pecinta android sangat antusias dengan dihadirkannya sistem operasi terbaru dari Google ini.

Fitur Android 10 Tersembunyi
Fitur Android 10 Tersembunyi

Yang membuat pengguna antusias sekali adalah karena OS Android 10 ini dibekali dengan beragam fitur canggih. Bahkan banyak yang mengklaim fitur canggih dari Android 10 ini lebih unggul dibandingkan dengan iOS 13 yang juga baru saja dirilis oleh Apple. Kedua sistem operasi mobile ini memang senantiasa berseteru dengan berlomba-lomba menghadirkan fitur terbaru. Tujuan utamanya pasti untuk mempermudah dan memanjakan para penggunanya.

Baca Juga:

Kembali ke OS Android 10, kabarnya ada beberapa fitur tersembunyi yang bahkan tidak diketahui oleh pengguna. Fitur-fitur tersebut padahal diklaim sangat membantu aktivitas harian pengguna. Mungkin saja kamu juga salah satu pengguna yang belum paham betul mengenai fitur-fitur canggih yang disematkan di Android 10. Agar lebih tahu, berikut informasi mengenai fitur android 10 tersembunyi bisa kamu baca.

7 Fitur Android 10 Tersembunyi yang Canggih Banget

Fitur Android 10 yang Tersembunyi
Fitur Android 10 yang Tersembunyi

Bersaing dengan iOS 13, Google selalu berupaya menghadirkan beragam fitur canggih terbaru pada OS Androidnya. Beberapa fitur terbaru tersebut bisa dibilang tersembunyi karena memang belum semua pengguna tahu akan keberadaan serta fungsi dari fitur-fitur tersebut.

Lantas, fitur apa saja yang tersembunyi di Android 10 tersebut? Fitur Android 10 tersembunyi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Fitur Undo – Mengambalikan Aplikasi yang Diuninstall

Fitur OS Android 10 yang tersembunyi pertama adalah fitur Undo atau mengembalikan aplikasi yang dihapus. Baik itu disengaja maupun tidak, terkadang kita ingin mengembalikan aplikasi yang sudah terlanjur kita hapus atau uninstall. Sekarang tidak perlu repot menginstall ulang aplikasi yang terhapus tersebut. Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk memanggil kembali aplikasi yang sudah diuninstall.

Opsi untuk Undo aplikasi terhapus ini nantinya akan secara otomatis muncul dibagian bawah Home Screen. Jadi, jika memang kamu tidak sengaja menghapus aplikasi, maka bisa langsung mengembalikannya dengan opsi ini.

2. Fitur Smart Replay

Fitur Smart Replay merupakan salah satu fitur terbaru dari Google yang dihadirkan di Android 10. Fitur satu ini memungkinkan kamu membalas chat dengan cepat tanpa harus mengetik teks. Ya, Google akan langsung merekomendasikan kata atau kalimat yang sekiranya sesuai dengan isi chat yang masuk. Kamu tinggal memilih salah satu rekomendasi kata atau kalimat yang muncul di bawah kotak notifikasi chat.

Tidak perlu takut rekomendasi kata atau kalimat yang diberikan asal-asalan. Pasalnya Google menggunakan machine learning untuk memberikan respon tersebut. Fitur satu ini cocok untuk kalian yang super sibuk dan harus membalas chat yang masuk, misal chat dari pasangan, keluarga, atau teman dekat.

3. Fitur Focus Mode

Focus Mode bukanlah fitur yang mendukung untuk memaksimalkan jepretan kamera. Fitur satu ini memungkinkan kamu menonaktifkan beberapa aplikasi agar kamu bisa lebih fokus pada satu tujuan. Misalnya saat mengerjakan tugas atau hal lainnya, fitur ini akan membantumu tidak membuka aplikasi hiburan, seperti media sosial, game dan aplikasi lainnya.

Saat fitur Focus Mode diaktifkan, maka ikon aplikasi-aplikasi yang dipilih sebelumnya akan berwarna abu-abu. Dan jika kamu memaksa ingin membukanya, maka akan muncul notifikasi Warning di layar HP. Karena sudah dinonaktifkan, maka notifikasi-notifikasi yang masuk tidak akan dimunculkan di layar. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa mengaksesnya melalui menu Settings >> Digital Wellbeing & Parental Control >> Focus Mode.

4. Fitur Wifi Sharing via QR Code

Fitur Android 10 tersembunyi berikutnya yang tidak banyak pengguna tahu adalah fitur Wifi sharing via QR Code. Fitur ini memungkinkan kamu berbagi password Wifi yang sedang digunakan  kepada HP lain atau sebaliknya dengan cara scan kode QR. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi yang namanya mengetik password Wifi secara manual.

Seperti yang kita tahu, password Wifi umumnya dibuat dengan susunan angka, huruf, serta tanda unik yang susah untuk ditebak. Fitur ini pastinya sangat membantu, khususnya untuk kamu yang malas mengetikkan password secara manual.

5. Fitur Battery Saver Scheduler

Fitur Battery Saver sebenarnya sudah ada di OS Android 9 ke bawah. Namun, fitur yang disediakan di Android 10 ini merupakan versi yang lebih sempurna. Di sini kamu bisa mengaktifkan mode battery saver atau hemat daya secara terjadwal melalui fitur Battery Saver Scheduler. Jadi, kamu tidak perlu lagi mengaktifkan mode battery saver secara manual.

Kamu bisa mengatur sendiri kapan mode battery saver tersebut akan diaktifkan, misalnya saja saat baterai HP sudah hampir habis. Untuk mengaktifkan fitur Battery Saver Scheduler sendiri bisa melalui menu Settings >> Battery >> Battery Saver >> Set a Scheduler.

6. Gesture Google Assistant

Layanan Google Assistant merupakan salah satu fitur terbaik dari Google yang sangat membantu bagi para penggunanya. Kalau pada OS Android 9 ke bawah, untuk mengakses fitur ini yakni dengan mengucapkan “OK, Google”, atau menekan tombol Home agak lama. Namun berbeda dengan yang ada di Android 10, cara terbaru untuk mengaksesnya terbilang lebih unik.

Pada Android 10 kamu bisa mengakses layanan Google Assistant dengan cara swipe dari dua sudut pojok bawah layar ke dalam. Karena fitur ini sering tidak disadari oleh pengguna, akhirnya Google menambahkan handle khusus yang ada di kedua pojok bawah layar smartphone.

7. Fitur Personalized Ad Recommendation

Fitur Android 10 tersembunyi yang terakhir adalah Personalized Ad Recommendation. Fitur satu ini memungkinkan kamu melindungi data pribadi dari pihak pengiklan untuk menampilkan iklan. Umumnya memang mereka merekomendasikan suatu iklan dengan memanfaatkan data pribadi masing-masing pengguna, agar iklan yang dimunculkan cocok dengan minatnya.

Sekarang kamu bisa mengaktifkan Personalized Ad Recommendation untuk mencegah pencurian data pribadi tersebut. Meski begitu, iklan akan tetap muncul namun sudah tidak berdasarkan data pribadimu. Untuk mengaktifkan fitur tersebut bisa dengan masuk ke menu Settings >> Privacy >> Advanced >> Ads.

Penutup

Itulah tadi beberapa fitur android 10 tersembunyi yang perlu kamu ketahui agar bisa menikmati kecanggihannya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Aplikasi Penguat Ping Sinyal Internet Android

Aplikasi Penguat Ping Sinyal Internet Android - Internet lambat ketika sedang asik-asiknya menonton youtube atau bermain game online layaknya PUBG, tentu akan...

Cara Buat Dua Akun MiChat di Satu HP Android

Cara Buat Dua Akun MiChat - MiChat merupakan salah satu aplikasi chatting online yang tidak kalah populer dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya....

Cara Membuat Casing HP yang Mudah dan Murah

Cara Membuat Casing HP - HP sudah menjadi salah satu perangkat elektronik wajib bagi beberapa kalangan, khususnya para remaja. Dengan fungsinya yang...

Cara Download WhatsApp Clone APK Terbaru 2020

Download WhatsApp Clone APK - WhatsApp merupakan aplikasi chatting online semua umat di era modern sekarang ini. Kalau dulu harus menggunakan layanan...

Related news

Aplikasi Penguat Ping Sinyal Internet Android

Aplikasi Penguat Ping Sinyal Internet Android - Internet lambat ketika sedang asik-asiknya menonton youtube atau bermain game online layaknya PUBG, tentu akan...

Cara Buat Dua Akun MiChat di Satu HP Android

Cara Buat Dua Akun MiChat - MiChat merupakan salah satu aplikasi chatting online yang tidak kalah populer dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya....

Cara Membuat Casing HP yang Mudah dan Murah

Cara Membuat Casing HP - HP sudah menjadi salah satu perangkat elektronik wajib bagi beberapa kalangan, khususnya para remaja. Dengan fungsinya yang...

Cara Download WhatsApp Clone APK Terbaru 2020

Download WhatsApp Clone APK - WhatsApp merupakan aplikasi chatting online semua umat di era modern sekarang ini. Kalau dulu harus menggunakan layanan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini