Fakta Sistem Operasi Android Q Terbaru

Fakta Sistem Operasi Android QAndroid Q merupakan inisial sistem operasi android versi terbaru yang bakal dirilis tahun 2019 ini. Untuk meneruskan tren nama OS Android yang beruturan sesuai abjad, kali ini bakal hadir versi terbaru OS Android dengan nama Android Q. Masih belum diketahui nama sebenarnya dari Android Q tersebut. Seperti biasa, Google sebagai developer merasahasiakannya hingga waktu perilisannya nanti.

Fakta Sistem Operasi Android Q

Meskipun belum diketahui secara pasti kapan waktu perilisannya, namun muncul beberapa fakta menarik seputar OS Android Q tersebut. Hingga saat ini, OS Android Q masih tersedia dalam versi Beta. Menurut kabar yang saya dapat, OS Android Q akan dirilis pertengahan tahun 2019 ini.

Baca Juga:

Berbeda dengan versi-versi sistem operasi android sebelumnya, kabarnya Google hanya berfokus pada 3 sektor untuk OS Android Q yang bakal rilis ini. 3 sektor tersebut yakni innovation, security & privacy, dan digital wellbeing. Selain itu, ada pula beberapa fakta sistem operasi Android Q menarik lain yang beredar di internet. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Fakta Sistem Operasi Android Q yang Mencengangkan

Fakta OS Android Q

1. Terdapat Fitur Khusus untuk Gaming

Fakta sistem operasi Android Q yang pertama adalah sistem operasi tersebut nantinya bakal dilengkapi dengan fitur khusus yang akan mendukung performa HP saat bermain game. Hal ini semakin diperkuat dengan temuan fitur Aplication Programming Interface atau API pada Android Q versi Beta. Aplikasi tersebut diklaim sangat erat kaitannya dengan thermall throttling dan juga performa HP saat digunakan untuk main game.

Hal ini tidak mengherankan, karena kebanyakan pengguna sekarang ini suka dengan aktivitas tersebut. Terlebih lagi banyak vendor HP yang berlomba-lomba untuk memaksimalkan performa HP saat menjalankan game. Dengan didukung OS Android Q, pengguna tidak perlu lagi melakukan pengaturan secara manual untuk performa gaming yang maksimal.

2. Support dengan Teknologi 5G

Beberapa waktu terakhir ini dunia sempat dihebohkan dengan akan diluncurkannya jaringan generasi kelima yakni jaringan 5G. Teknologi 5G sendiri diklaim memiliki kecepatan internet yang sangat tinggi dan dengan latensi  yang sangat rendah. Mendownload atau menguploud file yang berkapasitas besar sekalipun tidak akan membutuhkan waktu yang lama, hanya butuh waktu hitungan detik saja.

Dalam hal ini Google juga tidak mau kalah dengan menghadirkan Sistem Operasi Android Q yang diklaim sudah mendukung teknologi tersebut.

3. Support dengan HP Layar Lipat

HP layar lipat diklaim akan menjadi tren smartphone terbaru di tahun ini, dan Google tentunya juga sudah mempersiapkan hal tersebut. OS Android Q dibuat oleh Google dan diklaim sudah support dengan HP layar lipat tersebut. Meskipun begitu, setidaknya hanya ada 2 brand smartphone besar saat ini yang sudah meluncurkan HP layar lipat tersebut yakni Samsung dan Huawei.

Pada HP layar lipat, pengguna dimungkinkan masih bisa memainkan game secara maksimal meski dilakukan pelipatan layar. Selain itu, menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan juga bisa dilakukan dengan mudah dan efisien.

4. Terdapat Fitur Dark Theme

Banyak fitur canggih terbaru yang bakal dihadirkan pada OS Android Q terbaru ini. Salah satunya yang cukup banyak dinanti adalah fitur Dark Theme atau tema gelap di smartphone android. Ya, fitur ini hadir khusus dengan mengusung gaya gelap namun tetap elegan.

Fitur tema gelap ini kabarnya bisa membuat daya baterai lebih hemat dan tahan lama. Tidak hanya itu saja, tampilannya juga sudah disesuaikan agar tetap nyaman dipandang saat smartphone dioperasikan.

5. Terdapat Fitur Smart Replay

Satu lagi fakta sistem operasi Android Q yang tidak kalah menarik yakni bakal hadirnya fitur Smart Replay. Fitur satu ini memungkinkan sistem memprediksi kata atau kalimat apa yang ingin ditulis pengguna pada sebuah chat. Selain teks, sistem juga akan memprediksi penggunaan emoji yang cocok untuk digunakan.

Dengan adanya fitur Smart Replay ini tentunya pengguna bisa lebih mudah dan cepat saat ingin membalas chat. Yang menarik lagi, fitur tersebut sudah support dengan berbagai jenis aplikasi chatting yang ada saat ini.

6. Fitur Keamanan dan Privasi yang Lebih Baik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk OS Android Q ini Google hanya berfokus pada 3 sektor dan salah satunya adalah Security & Privacy. Pada smartphone yang berjalan di OS Android Q, pengguna bisa dengan mudah melakukan pembatasan terhadap informasi yang menurutnya privasi.

Tidak hanya itu, fitur keamanan smartphone juga akan lebih ditingkatkan sehingga smartphone bakal terhindar dari virus atau malware.

7. Terdapat Fitur Live Caption

Mungkin sebagian dari kalian masih belum familiar dengan fitur terbaru yang diperkenalkan Google untuk Android Q-nya ini. Fitur Live Caption merupakan fitur canggih terbaru yang memungkinkan sistem bisa menterjemahkan audio dalam video menjadi sebuah teks secara real-time. Teks terjemahan tersebut nantinya akan ditampilkan di depan video yang sedang diputar.

Bagi sebagian pengguna mungkin fitur ini tidak terlalu penting. Tetapi bagaimana dengan pengguna yang menderita tuna rungu? Fitur ini akan sangat membantu mereka agar juga bisa merasakan emosi yang ada dalam sebuah video.

8. Fitur Focus Mode

Pernah merasa terganggu dengan adanya notifikasi dari suatu aplikasi atau game di smartphone? Sekarang kamu tidak akan lagi merasakan hal paling menyebalkan tersebut jika sudah menggunakan OS Android Q.

Sistem Operasi Android Q bakal mengusung fitur baru yakni Focus Mode. Jika mode ini diaktifkan maka sistem akan mendeteksi sekeligus memblokir aplikasi yang dianggap mengganggu pengguna. Dengan begitu, pengguna bisa lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu tanpa adanya gangguan dari ponsel.

9. Fitur Pencegah Anak Kecanduan Gadget

Tidak dipungkiri lagi sekarang ini banyak anak yang bahkan masih di bawah umur mengalami kecanduan gadget. Google sebagai raksasa teknologi juga ingin turut membantu para orangtua untuk mencegah anaknya agar tidak kecanduan gadget. Karena itulah, Google meluncurkan fitur Parental Control untuk membantu kondisi tersebut.

Dengan fitur Parental Control, para orangtua bisa membatasi anak bermain smartphone. Jika sudah mencapai batas waktunya, maka smartphone tidak bisa digunakan lagi kecuali orangtua mengaturnya kembali.

Itulah tadi beberapa fakta sistem operasi Android Q terbaru yang perlu kamu tahu. Memang belum diketahui secara resmi kapan waktu perilisan OS Android Q tersebut. Yang pasti Google akan meluncurkannya di tahun 2019 ini.