Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Keluar Sendiri di HP

117
Facebook Keluar Sendiri di HP
Facebook Keluar Sendiri di HP

Facebook Keluar Sendiri di HP – Bersosial media seakan sudah menjadi kebiasaan banyak orang di jaman modern seperti sekarang ini. Berselancar di dunia maya memang seru dan menyenangkan, kita bisa terhubung dengan banyak orang melalui sebuah postingan, komentar ataupun chat. Bahkan tidak jarang orang yang menjadikan sosial media sebagai dunia keduanya, di mana mereka bisa menghabiskan banyak waktu hanya untuk berselancar di dalamnya. Apalagi sekarang ada beberapa platform jejaring sosial yang bisa dipilih dan pastinya keunggulannya masing-masing.

Facebook Keluar Sendiri di HP
Facebook Keluar Sendiri di HP

Salah satu platform sosial media terbaik dan banyak penggemarnya yakni Facebook. Platform satu ini bisa kamu akses dengan mudah melalui jenis perangkat apa pun, baik itu perangkat smartphone maupun PC. Lebih mudah dan nyaman memang mengakses Facebook melalui aplikasi Facebook yang bisa dipasang di HP android. Untuk mengaksesnya, kamu perlu membuat akun Facebook pribadi terlebih dahulu dan mulailah untuk terhubung dengan semua pengguna yang ada di Facebook. Membuat akun Facebook sendiri hanya membutuhkan akun e-mail dan nomor HP, tidak perlu membayar untuk soal ini.

Baca Juga:

Akan tetapi, menggunakan aplikasi Facebook di perangkat android terkadang ada saja masalah error yang dialami. Salah satunya adalah aplikasi Facebook yang sering keluar sendiri saat seru-serunya dijalankan di android. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, namun yang terpenting di sini adalah bagaimana cara mengatasi masalah Facebook keluar sendiri secara tiba-tiba tersebut. Berikut ini cara mudah mengatasi aplikasi Facebook keluar sendiri di HP android yang bisa coba kamu terapkan. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Keluar Sendiri di HP

Aplikasi Facebook Keluar Sendiri di HP
Aplikasi Facebook Keluar Sendiri di HP

Beberapa faktor bisa menyebabkan aplikasi Facebook tiba-tiba keluar di HP android, baik itu karena aplikasi Facebook yang error, bug pada sistem android, virus dan malware yang masuk atau penyebab yang lainnya. Adapun beberapa cara untuk memperbaiki masalah aplikasi Facebook keluar sendiri di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang paling mudah untuk mengatasi aplikasi FB keluar sendiri di HP android yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang. Melakukan restart HP android memang akan memperbaiki berbagai masalah error ringan yang terjadi pada HP, termasuk masalah pada aplikasi Facebook satu ini.

Restart pada HP android juga akan menghapus file cache yang tersimpan di memori, di mana cache ini juga yang sering menyebabkan error pada sistem android. Dengan demikian, performa kinerja HP akan lebih cepat dan responsive.

2. Menghapus File Cache Aplikasi Facebook

Selain file cache yang tersimpan di memori HP, file cache yang tersimpan di aplikasi Facebook juga dapat menyebabkan error. Untuk itu, kamu perlu melakukan penghapusan file cache atau sampah yang tersimpan di dalam aplikasi Facebook. Cara melakukan penghapusan file cache Facebook tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Selanjutnya kamu cari dan pilih aplikasi Facebook yang mengalami error.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

3. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi Facebook

Jika cara di atas masih belum ampuh mengatasi aplikasi Facebook sering keluar sendiri, maka kamu bisa mencoba cara satu ini. Kamu perlu menghapus data dari aplikasi Facebook tersebut dan mengembalikannya ke pengaturan default. Cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan serta pengaturan yang ada di dalamnya, termasuk juga data login pengguna.

Untuk melakukan penghapusan file data aplikasi Facebook hampir sama dengan cara di atas, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Masuk ke opsi Aplikasi.
  • Kemudian kamu cari dan pilih aplikasi Facebook.
  • Lalu klik pada tombol Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Data.
  • Selesai.

4. Update Aplikasi Facebook ke Versi Terbaru

Alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi FB keluar secara tiba-tiba yakni dengan melakukan update aplikasi. Mungkin saja saat ini kamu menggunakan aplikasi Facebook versi lawas, sehingga perlu diperbarui ke versi yang lebih baru. Untuk melakukan update aplikasi Facebook tersebut, yakni:

  • Buka menu Google Playstore di HP Android.
  • Pada halaman utama Google Playstore, kamu klik Foto Profil yang ada di pojok kanan atas tampilan. Kemudian masuk ke opsi Kelola Aplikasi & Perangkat.
  • Selanjutnya kamu masuk ke tab Kelola yang ada di bagian atas tampilan, Kemudian pilih opsi Update Tersedia di bawahnya.
  • Jika memang aplikasi Facebook yang kamu gunakan tersedia versi terupdatenya, maka kamu akan menemukannya di daftar tersebut. Kamu klik saja pada aplikasi Facebook tersebut.
  • Pada halaman yang ditampilankan, kamu klik tombol Update atau Perbarui.
  • Tinggal tunggu sampai proses download dan installnya selesai secara otomatis.
  • Selesai.

5. Hapus dan Install Ulang Aplikasi Facebook

Cara lain untuk memperbaiki masalah aplikasi Facebook telah berhenti dan keluar sendiri yakni dengan menghapus aplikasi tersebut. Caranya cukup dengan tekan dan tahan ikon aplikasi Facebook yang terinstall, kemudian pilih Uninstall atau Hapus Instalasi. Jika sudah, selanjutnya kamu lakukan restart.

Setelah HP menyala kembali, sekarang kamu buka Google Playstore lalu cari aplikasi Facebook. Selanjutnya kamu klik Install untuk memasang kembali aplikasi tersebut di perangkat android.

6. Update Sistem Operasi Android ke Versi Terbaru

Bisa jadi masalah aplikasi Facebook yang terus-terusan keluar sendiri ini karena adanya bug pada sistem android. Atau bisa juga aplikasi Facebook versi baru yang kamu gunakan tidak kompatibel dengan versi sistem operasi android yang digunakan di HP. Untuk itu, kamu perlu melakukan update sistem operasi android yang ada di HP ke versi yang terbaru.

Sebelumnya kamu perlu mengecek apakah memang ada versi OS Android terbaru yang tersedia untuk perangkat HP androidmu. Untuk melakukan pengecekannya tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP Android.
  • Kemudian masuk ke opsi Perbarui Perangkat Lunak.
  • Selanjutnya kamu pilih opsi Update dan Install.
  • Sistem akan mengecek apakah ada versi OS Android baru yang tersedia atau tidak.
  • Jika memang ada, maka kamu bisa melakukan download dan menginstallnya di perangkat HP androidmu.
  • Selesai.

7. Lakukan Reset HP Android

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi aplikasi Facebook keluar sendiri di HP android yakni dengan melakukan reset atau factory reset. Ada dua metode untuk melakukannya, salah satunya yakni melalui menu Pengaturan. Untuk langkah-langkah melakukan reset HP android ini sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Masuk ke opsi Manajemen Umum.
  • Klik pada opsi Reset.
  • Pilih opsi Reset Data Pabrik.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi aplikasi Facebook keluar sendiri di HP android yang mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel Sebelumnya5 Cara Mengatasi Speaker HP Bunyi Kresek
Artikel Selanjutnya7 Cara Mengatasi RH-01 Google Playstore Error Terampuh
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini