3 Rekomendasi Emulator PS3 Android Ringan Terbaik

Emulator PS3 Android – Main game merupakan aktivitas yang paling seru dan disukai oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak, remaja bahkan hingga dewasa. Apalagi di jaman sekarang ini sudah semakin banyak game-game seru yang bisa dimainkan, bahkan secara gratis. Kualitas game juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan, baik dari segi gameplay, grafis, hingga kontrol yang disediakan untuk game tersebut. Genrenya juga semakin beragam, kita bisa memilih game mana pun yang kita suka.

Emulator PS3 Android
Emulator PS3 Android

Perangkat untuk memainkan game sendiri juga cukup bervariasi, salah satunya adalah konsol game. Game konsol diklaim lebih seru dimainakn dibandingak platform game lainnya. Berbicara mengenai konsol game, PlayStasion bisa dibilang yang paling populer dimainkan sekarang ini. Sudah ada beberapa seri konsol PlayStotion yang dibesut oleh SONY, yang terbaru sekarang ini adalah PlayStation 5 atau PS5. Namun, bukan berarti seri konsol di bawahnya tidak seru lain dimainkan. Beberapa orang masih banyak yang setia dengan konsol lawas dari SONY tersebut.

Baca Juga:

Sebut saja PS3 atau PlayStation 3 yang ternyata masih banyak peminatnya. Selain sudah mengusung teknologi baru, PS3 juga menyediakan game seru dan menantang. Akan tetapi, dikarenakan harga konsol PS3 yang masih tinggi, membuat beberapa pengguna mencari alternatif lain. Misalnya saja memainkan game PS3 di smartphone android dengan memanfaatkan emulator PS3 android. Tertarik ingin memainkan game PS3 di android juga? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Daftar Pilihan Emulator PS3 Android Ringan Terbaik

Emulator merupakan program khusus yang dirancang untuk menjalankan sistem operasi di platform yang berbeda. Misalnya saja menjalankan game PlayStation 3 di perangkat android, ada emulator khusus untuk melakukannya. Kamu perlu memasang emulator di perangkat android agar bisa memainkan game-game seru yang ada di PS3 tersebut.

Berbicara mengenai emulator PS3, ada beberapa pilihannya yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

1. PPSSPP – PSP Emulator

PPSSPP - PSP Emulator
PPSSPP – PSP Emulator

Pilihan emulator PS3 terbaik untuk smartphone yang pertama bisa kamu gunakan yakni bernama PPSSPP – PSP Emulator. Sejak pertama kali dirilis, emulator android satu ini langsung mendapatkan respon positif dari pengguna. Kebanyakan mereka menggunakan emulator ini untuk bernostalgia memainkan game-game PSP yang seru.

Ternyata tidak hanya game PSP saja yang bisa kamu nikmati di emulator PPSSPP – PSP Emulator ini. Pengguna juga memungkinkan untuk memainkan game PS3 yang seru di perangkat android melalui PPSSPP – PSP Emulator tersebut. Ukurannya yang hanya sebesar 14MB membuatnya cukup ringan saat dijalankan. Sehingga game akan berjalan dengan lancar tanpa mengalami lag sedikit pun.

PPSSPP – PSP Emulator sendiri sudah bisa kamu download dan install secara gratis melalui Google Play Store. Emulator keren satu ini dikembangkan oleh developer bernama Henrik RydgĂ„rd dan sudah diinstall sebanyak 100 juta kali di Google Play Store.

2. EmuPs3-Ps3 Emulator Project

EmuPs3-Ps3 Emulator Project
EmuPs3-Ps3 Emulator Project

Berikutnya ada emulator PlayStation 3 Andorid yang dikembangkan oleh developer bernama F.B. Emulator tersebut diberi nama EmuPs3-Ps3 Emulator Project yang memungkinkan kamu dengan mudah memainkan game-game populer di PS3. Ya, semua game PS3 bisa kamu pasang di dalam emulator tersebut dan mulailah memainkannya.

EmuPs3-Ps3 Emulator Project sendiri sudah mendukung berbagai jenis atua format file game. Mulai dari format .bin, .iso, .pbp, .mdf, .m3u, .cbn, .img, .zip, .cue, hingga format file 7z. Kamu perlu mengambil file game PS3 terlebih dahulu, kemudian dipasangkan ke emulator EmuPs3-Ps3 Emulator Project untuk mulai dimainkan.

EmuPs3-Ps3 Emulator Project ini sendiri termasuk emulator PS3 paling populer, di mana sudah ada lebih dari 1 juta pengguna yang mamasang emulator tersebut di perangkat androidnya. Ukurannya juga tidak terlalu besar sehingga cukup ringan dijalankan.

3. PS3 Emulator for Android

PS3 Emulator for Android
PS3 Emulator for Android

Kali ini ada emulator bernama PS3 Emulator for Android yang juga bisa digunakan untuk menjalankan game PS3 di android. Aplikasi ini sudah tidak tersedia lagi di Google Play Store, namun kamu masih bisa menginstallnya melalui situs penyedia aplikasi android lainnya. Untuk fungsinya sendiri tidak kalah hebat dibandingkan kedua emulator sebelumnya.

Ukuran filenya hanya sebesar 2MB saja, tentunya sangat ringan untuk dijalankan. Namun, agar lancar memainkan game PS3 di android, disarankan kamu menggunakan HP android yang sudah didukung oleh RAM minimal 2GB dan prosesor dual-core. Jika lebih dari tinggi dari spesifikasi tersebut tentu lebih bagus.

Cara penggunaannya pun terbilang sangat mudah, cukup kamu install emulator ini di perangkat android. Kemudian kamu siapkan file game PS3 yang ingin dimainkan, misalnya dalam format .bin. Lalu tinggal pasangkan pada PS3 Emulator for Android dan mulai memainkannya.

Catatan: Memang masih cukup terbatas untuk emulator PS3 android ini, dikarenakan kerumitan dalam pembuatannya. Akan tetapi, untuk emulator PS2 dan PS1 sudah banyak ditemukan di Google Play Store.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi emulator PS3 android terbaru yang ringan dan bagus bisa kamu gunakan. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini