7 Emulator GBA Android Terbaik Wajib Dimainin

Emulator GBA Android Terbaik – GBA Atau yang memiliki kepanjangan Game Boy Advance merupakan konsol game yang dirilis oleh Nintendo beberapa tahun silam. Sejak kemunculannya pertama kali di tahun 2001, GBA ini menjadi salah satu konsol game yang paling banyak diminati diseluruh dunia. Di dalamnya menyediakan banyak jenis game seru yang bisa dimainin. Selain itu, kontrolnya yang mudah semakin membuat banyak orang tertarik untuk memainkannya.

Emulator GBA Android Terbaik
Emulator GBA Android Terbaik

Meski sudah lama ditinggalkan, tetapi Game Boy Advance masih punya peminat setianya tersendiri. Banyak dari mereka yang ingin memutar kembali keseruan saat memainkan GBA dari Nintendo ini. Tidak perlu menggunakan perangkat konsol GBA asli, kamu sekarang bisa main game GBA di HP android dengan mengunakan yang namanya emulator GBA. Dengan emulator GBA android akan memungkinkan kamu bernostalgia memainkan game GBA melalui genggaman HP saja.

Baca Juga:

Alasan masih banyak gamer yang tertarik memainkan game GBA adalah karena permainannya yang seru dan menantang. Tampaknya cukup sulit menemukan game seru semacam GBA di era modern sekarang ini. Khsusus untuk kalian yang ingin memainkan game-game di GBA pada platform android, wajib install emulator GBA Android terbaik di bawah ini. Yuk simak ulasan selengkapnya!

7 Emulator GBA Android Terbaik Wajib Dimainin

1. My Boy! – GBA Emulator

My Boy! – GBA Emulator
My Boy! – GBA Emulator

Pilihan emulator GBA terbaik untuk android yang pertama bisa kamu gunakan adalah My Boy! – GBA Emulator. Emulator satu ini dikembangkan oleh Fast Emulator dan menjadi salah satu emulator GBA paling populer digunakan. Emulator ini sendiri sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store.

Berbagai jenis game di GBA bisa kamu temukan dan mainkan dengan mudah melalui My Boy! – GBA Emulator ini. Mengenai tampilan antarmuka emulator tersebut tampak cukup sederhana, namun fitur-fitur yang disediakan di dalamnya cukup lengkap. Ukurannya tidak terlalu besar sehingga sangat ringan serta bisa mengehmat daya baterai. Tetapi sayangnya, agar bisa menggunakan My Boy! – GBA Emulator kamu harus membayar sebesar Rp 68 ribu.

2. GBA.emu

GBA.emu
GBA.emu

Berikutnya ada emulator bernama GBA.emu yang juga cukup populer digunakan sekarang ini. Emulator garapan Robert Broglia ini hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan dengan dilengkapi oleh banyak fitur keren. Yang menjadi keunggulan dari emulator GBA android satu ini adalah dari segi tampilan gamenya. Di mana setiap pengguna akan merasa nyaman main game di emulator ini karena tampilannya yang sangat smooth dan halus. Dengan begitu, pangguna akan semakin betah berlama-lama memainkan game satu ini.

Hebatnya lagi, GBA.emu ini memiliki kemampuan membaca game atau ROM GBA dari berbagai extension. Dengan begitu, hampir semua game di GBA bisa kamu nikmati dan mainkan melalui emulator satu ini. Sama seperti emulator GBA android sebelumnya, untuk menggunakan GBA.emu kamu perlu membayar sebesar Rp 58 ribu.

3. GBA Emulator

GBA Emulator
GBA Emulator

Jika kamu mencari emulator GBA android yang disediakan secara gratis, GBA Emulator adalah jawabannya. Emulator yang dikembangkan oleh ITakeApps ini memang dihadirkan secara gratis. Meski begitu, bukan berarti melalui emulator ini kamu tidak akan bisa merasakan keseruan game di GBA dulu. Justru sebaliknya, kamu akan dibawa nostalgia ke masa lampau dengan game-game GBA yang seru.

GBA Emulator satu ini sudah diunduh lebih dari 500 ribu pengguna di Google Play Store. Ukuran emulator tersebut hanya sebesar 6.4MB saja sehingga sangat ringan untuk dijalankan di HP standar sekalipun. Tampilan antarmuknya juga cukup sederhana dan juga fitur yang disediakan cukup standar. Yang menjadi kekurangannya lagi yakni banyak iklan yang muncul saat menggunakannya.

4. John GBA Lite

John GBA Lite
John GBA Lite

Rekomendasi emulator GBA android terbaik berikutnya yang bisa kamu pilih adalah John GBA Lite. Emulator satu ini tersedia dalam 2 versi, yakni John GBA Lite Free dan juga John GBA Lite premium. Sudah pasti yang versi premium memiliki fitur yang lebih unggul dibandingkan dengan yang gratisan. Tidak begitu mahal, kamu bisa membeli John GBA Lite versi premium dengan harga Rp 12 ribu saja.

Salah satu keunggulan dari emulator satu ini adalah engine yang digunakan merupakan engine orisinil dari GBA, sehingga hasil render game GBA jauh lebih baik. Fitur-fitur di dalamnya juga sangat lengkap, mulai dari melakukan save game, screenshot, menggunakan cheat dan masih banyak lagi. John GBA Lite juga sudah support dengan kontroler yang menggunakan koneksi Bluetooth untuk menyambungkannya.

5. ClassicBoy (Emulator)

ClassicBoy (Emulator)
ClassicBoy (Emulator)

Berikutnya ada ClassicBoy (Emulator) yang juga menjadi salah satu emulator GBA untuk android yang populer digunakan. Selain bisa memainkan game-game GBA, ClassicBoy (Emulator) juga berisi emulator game klasik lain. Mulai dari PlayStasion 1, Nintendo 64, GameBoy Classic, GameBoy Color, Sega Genesis, NES/Famicom, dan juga SNK NeoGeo. Semakin lengkap pastinya acara nostalgia dengan menggunakan ClassicBoy (Emulator) ini.

ClassicBoy (Emulator) sendiri dikembangkan oleh PortaleAndroid dan emulator ini sudah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna di android. Ukurannya hanya sebesar 20MB saja, membuatnya sangat ringan dijalankan walau di HP berspesifikasi standar.

6. Emulator For GBA 2

Emulator For GBA 2
Emulator For GBA 2

Kali ini ada emulator garapan dari Hai Phong Games Studio yang juga tidak kalah populer digunakan. Emulator For GBA 2 sendiri sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store. Emulator satu ini juga cocok dijalankan di HP berspesifikasi standar, karena ukurannya yang cukup ringan yakni hanya sebesar 5MB saja.

Di dalamnya sudah dilengkapi dengan fitur-fitur umum yang akan memudahkan aktivitasmu dalam memainkan game-game GBA. Menariknya lagi, terdapat pula cheat khusus yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah permainannya.

7. RetroArch

RetroArch
RetroArch

Dan emulator GBA android terbaik yang terakhir adalah RetroArch. RetroArch sendiri bukanlah sebuah emulator seperti pada umumnya. Ini merupakan sebuah aplikasi open-source yang bisa digunakan untuk mengakses emulator-emulator lain, salah satunya adalah GBA. Untuk bisa memainkan game GBA, kamu harus terlebih dahulu menginstall core mGBA atau VBA-m.

RetroArch sendiri dikembangkan oleh Libreto dan sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store. Selain bisa digunakan secara gratis, aplikasi ini juga bebas dari yang namanya iklan.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi emulator GBA android terbaik yang bisa kamu pilih dan gunakan. Siap untuk bernostalgia ke era kejayaan GBA?