Denda Telat Bayar Shopee Pinjam dan Cara Pembayarannya

15
Denda Telat Bayar Shopee Pinjam
Denda Telat Bayar Shopee Pinjam

Denda Telat Bayar Shopee Pinjam – Shopee bisa dibilang sebagai salah satu marketplace yang cukup terkenal di Indonesia. Satu yang menjadi daya tarik utama dari Shopee sehingga banyak diminati, yakni barang kebutuhan yang disediakan di sana dibanderol dengan harga terjangkau. Harganya bahkan lebih murah dibandingkan dengan di marketplace lain, walaupun barangnya sama persis. Selain itu, ada banyak promo dan diskon yang diberikan, baik oleh penjual maupun pihak Shopee sehingga membuat pelanggan betah berbelanja di Shopee.

Denda Telat Bayar Shopee Pinjam
Denda Telat Bayar Shopee Pinjam

Di Shopee sendiri juga disematkan beragam fitur dan layanan yang dikhususkan untuk semakin memudahkan konsumen dalam berbelanja online. Salah satu fitur dan layanan yang dimaksud yakni bernama Shopee Pinjam atau yang dikenal juga dengan sebutan Spinjam. Ini merupakan layanan pinjaman uang tunai yang diberikan oleh Shopee untuk pengguna yang beruntung saja. Ya, tidak semua pengguna bisa menikmati fitur ini, mungkin karena adanya kebijakan yang berbeda dengan yang diberlakukan pada layanan Shopee PayLater. Sebagai informasi, Shopee Pinjam ini diselenggarakan oleh PT Lentera Dana Nusantara yang bekerja sama dengan Shopee Indonesia.

Baca Juga:

Berbicara mengenai Shopee Pinjam, pengguna yang terpilih perlu melakukan varifikasi data diri terlebih dahulu. Beberapa persyaratan pengaktifan Shopee Pinjam harus dipenuhi, mulai dari mengisi data diri sesuai KTP, nomor aktif, nomor darurat, hingga rekening bank. Setelah berhasil diaktifkan, nantinya kamu bisa langsung mengajukan pinjaman uang dan mencairkannya secara tunai. Pinjaman yang telah diberikan, kamu tentunya memiliki kewajiban untuk membayar angsuran bulanan Shopee Pinjam tersebut. Ada kalanya karena suatu hal membuatmu lupa untuk menbayar tagihan hingga melebihi tanggal jatuh tempo. Jika sudah begitu, denda telat bayar Shopee Pinjam akan diberikan dan kamu harus membayarnya segera.

Berapa Denda Telat Bayar Shopee Pinjam? Ini Penjelasannya

Sama seperti penyedia layanan pinjaman uang lainnya, Shopee Pinjam menerapkan sistem denda bagi peminjam yang telat membayar tagihan hingga melebihi tanggal jatuh tempo yang ditentukan. Walaupun hanya telat satu hari saja, kamu sudah mendapatkan denda telat bayar tersebut.

Sistem denda keterlambatan pembayaran tagihan Shopee Pinjam ini dihitung per bulan. Jadi, jika kamu telat satu hari saja membayar tagihan Shopee Pinjam, maka akan dihitung telat 1 bulan. Sementara untuk besar denda yang diberikan pada pelanggan yang telat bayar tagihan Shopee Pinjam yakni sebesar 5% dari total tagihan bulanan dan kamu perlu membayar semuanya segera.

Tagihan yang telat dibayarkan akan diakumulasikan dengan tagihan di bulan berikutnya yang juga belum dibayar beserta besar denda 5% dari tagihan. Jadi, saat pembayaran nantinya kamu akan langsung membayar 2 tagihan, yakni bulan lalu + denda dan tagihan bulan ini. Meski begitu, kamu masih bisa memilih untuk mencicil pembayaran dengan melunasi tagihan bulan lalu + denda terlebih dahulu. Dan tagihan bulan ini bisa dibayar belakangan atau di lain hari sebelum lewat tanggal jatuh tempo.

Kapan Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran Shopee Pinjam

Tidak seperti layanan pinjaman online lainnya, Shopee Pinjam menyamakan tanggal jatuh tempo bagi semua pelanggannya. Shopee menetapkan tanggal 5 di setiap bulan sebagai tanggal jatuh tempo Shopee Pinjam.

Jadi, selambat-lambatnya kamu harus membayar tagihan sebelum tanggal 5 atau di tanggal 5 setiap bulannya agar tidak dikenakan denda telat bayar sebesar 5%. Lakukan segera pembayaran tagihan Shopee Pinjam tersebut menggunakan berbagai metode pembayaran yang disediakan.

Sementara untuk rincian pembayaran tagihan akan diterima oleh pelanggan di tanggal 25 pada bulan sebelumnya. Namun, ada pengguna lain yang mendapatkan rincian pembayaran tagihan di tanggal 1. Jika kamu termasuk salah satunya, maka tanggal jatuh tempo yang diberikan yakni paling lambat tanggal 11 di bulan yang sama.

Cara Membayar Tagihan Shopee Pinjam yang Telat Bayar

Denda Telat Bayar Tagihan Shopee Pinjam
Denda Telat Bayar Tagihan Shopee Pinjam

Sebenarnya cara pembayaran tagihan Shopee Pinjam yang telat bayar, sama saja seperti membayar tagihan biasanya. Hanya saja dalam hal ini kamu akan mendapatkan tambahan pembayaran sebesar 5% dari total tagihan bulanan sebagai denda karena telat melakukan pembayaran.

Seperti yang dijelaskan di atas, tagihan yang telat dibayar akan diakumulasikan dengan tagihan bulan ini beserta dendanya. Jadi, kamu akan langsung membayar tagihan 2 bulan sekaligus, yang merupakan tagihan bulan lalu dan bulan ini, serta ditambah lagi denda 5% dari total tagihan bulanan Spinjam.

Adapun langkah-langkah untuk membayar tagihan Shopee Pinjam yang telat membayar selengkapnya, sebagai berikut:

Cara 1. Membayar Semua Tagihan Shopee Pinjam

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Shopee dan pastikan sudah login ke akun yang memiliki tagihan Shopee Pinjam yang belum tarbayarkan.
  2. Pada halaman utama Shopee, kamu klik menu Saya yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  3. Kemudian masuk ke opsi SPinjam. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman SPinjam, di sana akan tertera besar tagihan yang harus kamu bayarnya. Total tagihan ini merupakan akumulasi dari tagihan bulan lalu + denda dan juga tagihan bulan ini.
  4. Selanjutnya kamu klik tombol Bayar yang ada di sebelah total tagihan SPinjam tadi.
  5. Kemudian pilih metode pembayaran yang ingin digunakan. Lalu konfirmasi dengan klik tombol Bayar.
  6. Selesai.

Cara 2. Membayar Sebagian Tagihan Shopee Pinjam

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Shopee di perangkat smartphone. Kemudian login ke akun Shopee milikmu.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu Saya di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  3. Kemudian klik pada submenu SPinjam, lalu klik tombol Bayar pada bagian total tagihan SPinjam milikmu.
  4. Untuk membayar sebagian tagihan atau tagihan bulan lalu + denda saja, kamu klik ikon X yang ada di bagian nominal tagihan.
  5. Selanjutnya kamu isi nominal pembayaran tagihan yang diinginkan, kemudian pilih metode pembayaran yang ingin kamu gunakan.
  6. Lanjutkan dengan klik Bayar, dan lakukan pembayaran sesuai metode pembayaran yang dipilih tadi.
  7. Selesai.

Cara 3. Cara Bayar Sebelum Tanggal Cetak Tagihan

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Shopee di perangkat smartphone dan login ke akun pribadimu.
  2. Klik menu Saya yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  3. Kemudian masuk ke submenu SPinjam.
  4. Pada halaman SPinjam, kamu klik opsi Jadwal Pembayaran. Di sana akan ditampilkan daftar cicilanmu, kemudian pilih cicilan yang ingin kamu lunasi.
  5. Jika ingin melunasi semuanya, maka kamu klik opsi Pelunasan Penuh.
  6. Lanjutkan dengan memilih metode pembayaran yang ingin digunakan, lalu konfirmasi dengan klik tombol Bayar. Sekarang kamu lakukan pembayaran menggunakan metode pembayaran yang sudah dipilih tadi.
  7. Selesai.

Penutup

Itulah tadi informasi mengenai denda telat bayar Shopee Pinjam beserta cara pembayarannya yang bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaBisakah Verifikasi Akun ShopeePay Tanpa KTP? Ini Jawabannya
Artikel SelanjutnyaCara Menonaktifkan Shopee PayLater Lewat HP
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini