Ciri – Ciri Touchscreen Rusak Pada Smartphone

Ciri – Ciri Touchscreen Rusak Pada Smartphone – Di jaman milenial seperti ini, yang mana semua nya telah menjadi lebih canggih pasti lah akan sangat membantu untuk bisa menunjang kehidupan kita. Tak terkecuali dengan smartphone, yang mana sudah kita ketahui bahwa smartphone di jaman kita sekarang ini sangat lah canggih. Dengan menggunakan layar sentuh sebagai pengganti fungsi dari keyboard konvensional dan ukuran layar nya juga yang sangat lebar menjadi kan alat yang satu ini wajib di miliki oleh setiap orang, sebab penggunaan nya sendiri sangat lah nyaman jika kita pakai untuk bermain game, menikmati beragam multimedia, menonton film dan lain sebagai nya.

Ciri – Ciri Touchscreen Rusak Pada Smartphone

Akan tetapi, seiring berjalan nya waktu serta di pengaruhi dengan pemakaian user yang bisa saya bilang sembrono dapat menyebabkan kerusakan tersendiri tanpa di sadari pada touchscreen layar smartphone mereka, mungkin saja termasuk kamu. Yang saya maksud touchscreen rusak di sini adalah layar hp yang tidak dapat lagi berfungsi normal atau sama sekali tidak lagi berfungsi, saya mengatakan demikian karena terkadang walau pun layar touchscreen pada suatu smartphone telah dalam keadaan pecah atau juga retak namun fungsi dari penggunaan touchscreen itu sendiri masih lah tetap berjalan normal. Untuk itu lah penting untuk kalian ketahui apa saja ciri ciri yang perlu di ketahui agar bisa mengetahui kerusakan nya lebih pasti sebelum mengganti layar touchscreen smartphone yang kamu punya.

Jika kalian bertanya kepada saya seperti apakah ciri ciri dari touchscreen hp yang rusak itu ? menjadi suatu hal yang wajar kalau anda merasa kebingungan ketika sedang di hadap kan dengan masalah layar sentuh yang rusak atau juga error tidak bisa di sentuh dan tidak berfungsi dengan normal. Hal ini di sebab kan karena harga dari LCD atau touchscreen ini sendiri bisa terbilang lebih mahal di banding kan dengan komponen pada sebuah hp yang sedang mengalami kerusakan. Namun untuk bisa mengatasi sebuah lcd smartphone yang error atau rusak tidak lah harus mengeluar kan banyak uang jika kalian tau ciri ciri kerusakan dan mengatasi nya sendiri dengan bertanya di google, yang mana pasti nya juga akan mengurungkan niat kamu untuk langsung mengganti layar hp tersebut.

Tapi ada baik nya sebelum kalian mau mencoba memperbaiki lcdp hp yang blank tersebut dan tidak dapat di sentuh untuk terlebih dahulu mengetahui secara pasti apa penyebab ia tidak berjalan dengan normal. Hal ini bertujuan agar kalian tidak salah langkah dalam hal mengambil keputusan dalam mengatasi masalah kerusakan tersebut. Semua itu di sebabkan ada nya perbedaan di antara kerusakan touchscreen dengan lcd hp android. Penting untuk kalian ketahui juga pada dasar nya layar smartphone yang rusak seperti hal nya tidak bisa di sentuh hanya mempunyai dua penyebab, yang pertama di sebab kan oleh kerusakan sistem android itu sendiri dan yang kedua bisa terjadi karena hardware hp rusak.

Baca Juga :

Oleh sebab itu lah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk kamu coba agar bisa mengetahui dan mengerti tentang kerusakan lcd yang sedang kamu alami sekarang dengan pasti. Harapan yang bisa membuat kita mengatasi masalah ini sendiri tanpa harus mengganti lcd nya kalau layar tersebut tidak dapat di sentuh mau pun error yang di sebab kan oleh kerusakan pada sistem android nya. Akan tetapi, jika layar smartphone kalian error yang di sebab kan oleh tercelup air, layar pecah, dan lain sebagai nya yang mana itu menyangkut tentang kerusakan hardware atau komponen hp serta telah mengecek kerusakan nya tersebut dengan pasti, maka telah dapat kalian putuskan supaya langsung mengganti layar lcd nya saja.

Ciri – Ciri Touchscreen Rusak Pada Smartphone

Sebetul nya untuk bisa memeriksa layar lcd yang rusak pada smartphone tidak lah begitu sulit, anda hanya perlu memastikan touchscreen yang error itu mengalami keretakan atau pecah di bagian lcd nya atau tidak. Kalau hp yang anda miliki mempunyai jenis touchscreen yang menyatu dengan layar lcd seperti dalam tipe amoled, maka dapat di pastikan kalau lcd dari hp itu telah retak atau pecah pasti akan menimbulkan masalah layar yang tidak berfungsi sebagian.

Akan tetapi jika hp yang kamu punya masih memiliki tipe lcd yang terpisah dengan layar touchscreen nya, maka ada kemungkinan walau pun mengalami retak layar lcd atau pecah tidak akan membuat nya menjadi error. Untuk lebih jelas nya supaya bisa mengetahui layar sentuh hp rusak tidak dapat berfungsi, mari lah simak rangkuman ciri – ciri touchscreen rusak pada smartphone di bawah ini.

1. Sebagian Tidak Berfungsi Pada Touchscreen Pecah

 

Sebagian Tidak Berfungsi Pada Touchscreen Pecah

Kalau kalian sedang mengalami masalah terhadapat layar hp yang tidak merespon ketika di sentuh pada bagian bagian tertentu nya, dengan kondisi lcd yang retak atau pecah di bagian smartphone itu, maka bisa kita simpulkan kemungkinan terbesar penyebab dari layar hp yang tidak dapat di sentuh tersebut di sebab kan oleh kerusakan hardware. Hal ini bisa kita simpulkan karena di lihat dari kondisi smartphone yang telah pecah lcd nya, sehingga layar tidak merespon atau juga dapat bergerak dengan liar kesembarang arah pada touchscreen.

Mungkin kisaran harga untuk touchscreen smartphone android yang menyatu pada layar lcd ada di kisaran harga 175 – 250 ribu. Jadi, kalau kamu mau mengganti layar pada hp android yang rusak pada tukang service terkena biaya untuk bisa mengganti touchscreen yang kamu miliki itu di kisaran harga 400 – 500 ribu.

2. Touchscreen Meleset

Touchscreen Meleset

Terkadang ada juga timbul masalah yang mana kalau anda menyentuh layar pada bagian mana yang di kehendaki malah justru kena pada bagian di sebelah nya atau meleset dari target awal yang di sentuh. Contoh simple nya saja seperti ini, ketika kamu menyentuh keyboard pada huruf “W” tapi malah tertekan pada huruf “E” atau “X”, maka bisa kita pastikan kalau masalah ini timbul di karenakan terjadi kerusakan atau error pada sistem aplikasi nya. Hal ini bisa di sebab kan pada saat anda melakukan flashing yang memakai firmware yang berisikan file file rusak. Oleh sebab itu lah kalau masalah yang sedang anda hadapi seperti ini maka anda bisa melakukan pengaturan awal agar dapat menyembuhkan nya kembali sedia kala.

3. Touchscreen Tidak Berfungsi Tapi Layar LCD Tidak Pecah

Touchscreen Tidak Berfungsi Tapi Layar LCD Tidak Pecah

Apabila kalian sedang mengalami layar sentuh pada hp android yang kalian miliki tidak berfungsi sama sekali setelah hp tersebut sebelum nya terjatuh akan tetapi kondisi fisik di layar nya tidak rusak atau pecah, kalian tidak perlu tergesa – gesa mengambil keputusan untuk mengganti touchscreen yang tidak berfungsi itu. Kamu perlu memastikan kerusakan nya terlebih dahulu, bisa dengan cara melakukan hard reset atau juga kalibrasi touchscreen. Hal ini penting di lakukan untuk mengatasi layar android tidak merespon sebab ada nya kerusakan pada sistem software, namun kalau cara satu ini tidak bisa untuk mengatasi layar sentuh kalian yang error mungkin perlu melakukan flashing.

Jika dengan menggunakan langkah tadi ternyata masih saja layar pada hp anda tidak berfungsi sama sekali kalau di sentuh, maka sudah bisa kita pastikan jika penyebab ia tidak lagi berfungsi tersebut terletak pada hardware nya yang mengalami kerusakan. Walau pun kondisi layar tidak retak atau juga rusak tetapi tidak dapat berfungsi dengan normal lagi, bisa jadi terdapat beberapa kabel touchscreen yang tidak tersambung dengan baik. Agar bisa mengatasi masalah ini mau tidak mau kalian harus membongkar nya sendiri atau membawa nya ke tukang service.

4. Sebagian Touchscreen Tidak Berfungsi

Sebagian Touchscreen Tidak Berfungsi

Apakah anda sekarang sedang mengalami layar hp yang touchscreen nya tidak berfungsi sebagian ? terkadang jika kita mengalami hal ini, kita langsung akan mengambil keputusan untuk segera mengganti layar lcd pada hp yang bermasalah itu, meski telah mengetahui kalau harga untuk mengganti nya tidak lah murah. Tapi, jangan langsung mengambil keputusan secepat itu, kalian harus mengecek terlebih dulu pada hp yang mati sebagian fungsi dari touchscreen nya tersebut, dengan cara melepas temper glass jika anda memakai nya. Di lain sisi juga terkadang temper glass ini bisa membuat fungsi pada layar sentuh tidak dapat bekerja dengan baik jika kondisi nya sendiri telah mengelupas, pecah, atau pun retak.

5. Touchscreen Bergerak Sendiri

Touchscreen Bergerak Sendiri

Tak jarang juga timbul masalah yang cukup membuat kesal bagi mereka yang merasakan nya, yaitu error touchscreen hp yang bergerak – gerak dengan sendiri nya pada saat kita menggunakan smartphone yang sedang di charging. Masalah dari kondisi seperti ini bersumber pada charger yang di gunakan tidak bagus atau juga tidak sesuai, di mana bisa menyebabkan tekanan arus listrik yang mengalir tidak sesuai dengan porsi nya dan membuat tekanan baterai tidak stabil.

6. Touchscreen Tidak Berfungsi Pada Fitur Tertentu

Touchscreen Tidak Berfungsi Pada Fitur Tertentu

Apabila masalah yang anda alami sekarang ini adalah layar smartphone android yang tidak merespon atau berfungsi pada bagian tertentu, maka anda bisa melakukan pengecekan kerusakan yang terjadi pada hardware dengan cara melakukan kode dial berikut “*#*#0*#*#*, *#*#0*#*# atau *#0*#”. Jika tidak ada kerusakan pada layar lcd yang kamu miliki, berarti ada kemungkinan kalau terdapat kerusakan pada sistem software. Oleh karena itu lah tidak ada salah nya untuk kita melakukan kalibrasi touchscreen di hp android yang kita punya.

Penutup

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari artikel satu ini yaitu jangan lah terburu – buru untuk mengambil langkah mengganti layar lcd pada smartphone, yang mana kerusakan itu juga bisa berasal dari sistem android atau software itu sendiri. Demikian lah pembahasan kita pada artikel ini yang menyangkut tentang ciri – ciri touchscreen rusak pada smartphone android yang kita miliki. Semoga postingan ini bisa membantu anda, dan jangan lupa untuk membagikan nya agar banyak orang yang terbantu dengan cara menekan tombol share di bawah.