Ciri-ciri Baterai HP Bocor yang Harus Kamu Tahu

Ciri-ciri Baterai HP Bocor – HP android sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling dibutuhkan oleh banyak orang sekarang ini. Bekali dengan beragam fitur canggih, smartphone menjelma menjadi alat yang mampu mempermudah berbagai aktivitas harian manusia.  Ditambah lagi dengan adanya beragam aplikasi dengan fungsinya masing-masing, tentu semakin membantu aktivitas pengguna.

Ciri-ciri Baterai HP Bocor
Ciri-ciri Baterai HP Bocor

Meski begitu, yang namanya alat elektronik pasti ada saja masalah yang dialami. Masalah bisa saja terjadi pada komponen hardware maupun software dari perangkat android. Namun, lebih banyak masalah terjadi pada komponen hardware, misalnya pada baterai. Baterai yang berfungsi sebagai penunjang daya bagi komponen lain dalam HP, jika mengalami masalah pastinya akan berpengaruh terhadap semuanya.

Baca Juga:

Berbagai masalah bisa saja dialami oleh baterai HP, salah satunya adalah baterai bocor alias rusak. Ketika baterai HP mengalami bocor atau rusak, ada beberapa tanda yang biasanya muncul. Terkadang memang pengguna tidak mengetahui jika baterai HP-nya tersebut bocor. Kenali ciri-ciri baterai HP bocor agar kamu bisa lebih cepat melakukan penanganan. Informasi selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

Ciri-ciri Baterai HP Bocor yang Harus Kamu Tahu

Tanda Baterai HP Bocor
Tanda Baterai HP Bocor

Baterai merupakan nyawa bagi sebuah perangkat smartphone android. Pasalnya, tanpa adanya baterai pastinya smartphone tidak akan bisa dihidupkan dan digunakan seperti biasanya. Karena itulah, jika baterai HP mengalami kerusakan atau bocor tentu ini akan mempengaruhi semua komponen yang ada pada smartphone tersebut. Adapun ciri-ciri baterai bocor atau rusak selengkapnya, antara lain:

1. Baterai Cepat Sekali Habis

Tanda bahwa baterai HP mengalami kebocoran yang pertama adalah daya baterai yang cepat sekali habis. Bahkan daya baterai terus berkurang meskipun HP tidak digunakan sama sekali. Saat digunakan pun, dalam waktu tidak lama baterai akan langsung habis.

Kondisi ini menandakan baterai HP android sudah tidak bisa lagi menyimpan daya dengan sempurna. Karena itulah, daya baterai akan terus berkurang bahkan dalam waktu yang sangat singkat.

2. Suhu Baterai Naik Drastis dan Tidak Terkendali

Baterai yang mengalami peningkatan suhu panas secara drastis bisa juga menjadi indikator kalau baterai tersebut benar-benar bocor. Peningkatan suhu baterai ini sendiri terjadi secara tidak wajar. Dikatakan tidak wajar, ketika HP digunakan untuk membuka aplikasi tertentu dalam waktu singkat HP sudah terasa sangat panas. Bahkan saat menjalankan aplikasi ringan sekalipun, HP mudah sekali panas.

Panas HP yang berlebihan pada baterai HP sebenarnya tidak selalu mengindikasikan baterai tersebut bocor. Tetapi, umumnya jika kondisi ini dialami oleh baterai, kemungkinan besarnya memang masalah kebocoran baterai.

3. Bentuk Baterai Berubah dan Stikernya Lepas

Ciri-ciri baterai HP bocor yang paling umum dan bisa dikenali dengan mudah adalah perubahan bentuk pada fisiknya. Umumnya, baterai yang bocor bentuknya terlihat lebih besar atau mengembung. Semakin lama dibiarkan, baterai HP akan semakin mengembung dan membesar.

Jika kondisi baterai sudah seperti ini, banyak pengguna yang percaya jika menaruhnya di dalam freezer (dibungkus terlebih dahulu) maka baterai akan kembali normal. Padahal itu tidaklah benar, meskipun bentuknya kembali rata tetapi performa baterai tetap saja tidak bisa diandalkan.

Selain perubahan bentuk fisik, kebocoran baterai biasanya ditandai pula dengan mengelupasnya stiker pada baterai. Pernyataan ini bahkan dibenarkan oleh berbagai sumber terpercaya. Jika memang stiker baterai sudah mengelupas, sebaiknya pertimbangkan untuk mengganti baterai dengan yang baru.

4. Arus Baterai Tidak Stabil

Tanda kalau baterai HP mengalami kebocoran berikutnya arus baterai yang tidak stabil saat dicharger. Pada satu waktu baterai mengisi saat dicharger, dan di waktu lain terkadang tidak bisa mengisi dengan sempurna.

Selain itu, baterai yang bocor biasanya juga ditandai dengan durasi mengecas yang lebih lama dari biasanya. Umumnya, HP yang dicas hingga penuh akan membutuhkan waktu setidaknya 1 hingga 2 jam. Tetapi, baterai yang mengalami kebocoran bahkan membutuhkan waktu lebih lama dar itu, 4 jam hingga 6 jam misalnya. Meski begitu, lamanya durasi mengecas HP ini tidak hanya disebabkan oleh kerusakan pada baterai. Bisa juga karena komponen lainnya, seperti charger yang rusak, tegangan listrik yang tidak stabil, stop kontak yang rusak dan lain sebagainya.

5. Presentase Baterai yang Tidak Normal

Pada HP android dibagian atas layar biasanya terdapat presentase daya baterai untuk mempermudah pengguna mengetahui sisa baterai HP-nya tersebut. Nah, pada baterai HP yang mengalami bocor atau rusak, biasanya ditandai dengan presentasi yang tidak normal atau error.

Sesaat setelah dicas presentase baterai tertera 100%, namun tidak berselang waktu lama presentasenya tersebut turun secara drastis menjadi 70% atau bahkan 30% dan akhirnya lowbat. Dan ada kalanya pula saat ditaruh, presentase baterai akan naik kembali secara tiba-tiba.

6. HP Tidak Bisa Dihidupkan Kecuali Sambil dicas

Ciri-ciri baterai HP bocor atau rusak berikutnya adalah HP yang tidak bisa dihidupkan sama sekali. Namun, saat ditancapkan charger, maka HP bisa hidup seperti biasanya. Jika ini terjadi, maka bisa dipastikan baterai HP-lah yang mengalami masalah dan kamu perlu menggantinya.

Kondisi seperti ini biasanya diawali dengan presentase baterai yang error dan saat dicas membutuhkan waktu yang lama untuk bisa penuh 100%.

7. HP Sering Mati Tiba-tiba

Jika HP androidmu sering mati secara tiba-tiba, bahkan pada saat presentase sisa baterai masih 50% ke atas, bisa jadi baterai HP-mu tersebut mengalami kebocoran. Meski begitu, bisa juga HP mati sendiri seperti ini disebabkan hal lain, seperti sistem error, terkena virus dan malware atau yang lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi ciri-ciri baterai HP bocor atau rusak yang harus kamu tahu, supaya bisa melakukan langkah penanganan lebih dini. Semoga informasi di atas bermanfaat.