7 Chipset Terbaik Berdasarkan Skor AnTuTu Terbaru 2020

Chipset Terbaik Berdasarkan Skor AnTuTu – Sekarang ini HP android sudah semakin canggih. Di dalamnya dibekali dengan komponen unggulan sehingga mampu menghasilkan performa kinerja yang mumpuni. Dengan demikian, semua aktivitas berat pastinya bakal mampu dijalankan dengan lancar anti lag atau hang. Berbicara mengenai spesifikasi smartphone, sisi dapur pacu merupakan yang paling berpengaruh terhadap kinerja HP android. Semakin bagus kualitas komponen dapur pacu, maka semakin cepat pula kinerjanya saat digunakan untuk berbagai aktivitas.

Chipset Terbaik Berdasarkan Skor AnTuTu
Chipset Terbaik Berdasarkan Skor AnTuTu

Di sisi dapur pacu ini sendiri setidaknya ada 4 komponen penting yang berpengaruh terhadap kinerja smartphone. Komponen yang dimaksud tersebut, seperti Chipset (prosesor), RAM, GPU dan ROM atau memori internal. Namun, yang paling besar kontribusinya dalam hal performa smartphone yakni Chipset. Setiap seri HP biasanya dibekali dengan Chipset berbeda-beda. Masing-masing Chipset punya kemampuan performa tersendiri, semakin bagus tentunya performa HP menjadi semakin mumpuni.

Baca Juga:

Bagus tidaknya performa HP biasanya dilihat dari skor benchmark dihasilkan. Sementara untuk alat yang digunakan untuk benchmark tersebut yakni aplikasi AnTuTu. Aplikasi satu ini diklaim sangat akurat dalam menghitung skor benchmark sebuah ponsel dengan melakukan analisis semua komponen di dalamnya, khususnya Chipset. Dari sini juga kita bisa mengetahui Chipset apa yang paling bagus dan tercepat. Untuk hal tersebut saya sudah merangkumkan informasi Chipset terbaik berdasarkan skor AnTuTu yang dihasilkan. Berikut ini ulasan selengkapnya!

Daftar Chipset Terbaik Berdasarkan Skor AnTuTu Terbaru 2020

Informasi mengenai Chipset tercepat ini saya ulas dari situs resmi AnTuTu yang memang sudah diurutkan. Yang tercepat pastinya punya skor AnTuTu paling besar, di mana ponsel tersebut pastinya bakal cepat saat digunakan untuk beragam aktivitas mobile.

7. Samsung Exynos 9825

Samsung Exynos 9825
Samsung Exynos 9825

Skor AnTuTu : 454.322

Chipset terbaik berdasarakan skot AnTuTu yang berada di urutan ke-tujuh yakni Samsung Exynos 9825. Chipset besutan Samsung ini mampu menghasilkan skor AnTuTu sebesar 454.322 yang pastinya sudah sangat mumpuni untuk digunakan berbagai aktivitas berat. Meskipun terbilang baru, namun ini tentunya pencapaian sangat bagus bagi  produk Samsung.

Chipset Samsung Exynos 9825 sendiri saat ini bisa kamu temukan pada smartphone milik Samsung juga yakni Samsung Galaxy Note 10. Namun, kabar yang berbedar ini merupakan ponsel flagship terakhir Samsung yang dibekali dengan chipset Exynos. Samsung bakal menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon untuk smartphone flagshipnya.

6. HiSilicon Kirin 990

HiSilicon Kirin 990
HiSilicon Kirin 990

Skor AnTuTu : 457.357

Selain Samsung, Huawei juga merupakan salah satu brand yang menggunakan Chipset buatan sendiri untuk produk smartphone mereka. Chipset dari Huawei tersebut diberi nama Kirin. Seri Chipset terbaru dari Kirin tersebut yakni HiSilicon Kirin 990. Chipset satu ini bisa pada beberapa seri ponsel Huawei dan sub-brandnya (Honor), seperti Huawei Mate 30, Honor V30, dan juga Huawei Nova 6.

Dari ketiga seri HP Huawei tersebut yang punya skor AnTuTu paling tinggi yakni Huawi Mate 30. Ponsel dari Huawei tersebut mampu menghasilkan skor sebesar 457.357. Meski demikian, Chipset dari Huawei ini merupakan pendatang baru. Tidak heran keberadaannya masih kalah saing dengan chipset terbaik Qualcomm Snapdragon dan Apple.

5. Qualcomm Snapdragon 855

Qualcomm Snapdragon 855
Qualcomm Snapdragon 855

Skor AnTuTu : 472.272

Meskipun sudah agak lama hadir, namun untuk masalah performa dari Chipset Qualcomm Snapdragon 855 masih sangat layak diperhitungkan. HP android yang mengusung Chipset Qualcomm Snapdragon 855 sudah pasti punya performa yang mumpuni. Semua aktivitas berat pasti akan mampu dilibas dengan cepat dan mudah.

HP android yang dibekali Chipset Qualcomm Snapdragon 855 sekarang ini harganya mungkin sudah agak menurun. Tapi tidak perlu khawatir, karena performa yang dihasilkan tetap maksimal. Salah satu smartphone dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 855 terbaik yakni OnePlus 7 Pro. Smartphone tersebut mampu menghasilkan skor AnTuTu sebesar 472.272.

4. Apple A12 Bionic

Apple A12 Bionic
Apple A12 Bionic

Skor AnTuTu : 499.471

Kali ini ada Chipset dari Apple yang diklaim mampu menghasilkan performa tercepat yakni Apple A12 Bionic. Chipset dari ini bisa kamu temukan pada produk Apple dari seri iPhone XS, iPad Air dan juga iPad mini keluaran terbaru.

Apple bisa dibilang sangat sukses dalam hal produksi Chipset untuk produk mereka sendiri. Terbukti Chipset yang diproduksinya mampu mengalahkan skor chipset dari kompetitor terberatnya yakni ponsel android. Salah satu produk Apple yang menggunakan chipset satu ini yakni iPad Air 3rd Generation. Tablet tersebut mampu menghasilkan skor AnTuTu sebesar 499.471.

3. Qualcomm Snapdragon 855+

Qualcomm Snapdragon 855+
Qualcomm Snapdragon 855+

Skor AnTuTu : 506.832

Chipset dari Qualcomm satu ini merupakan penerus dari Qualcomm Snapdragon 855 yang tentunya punya performa yang lebih tinggi. Chipset Qualcomm Snapdragon 855+ ini dibuat dengan teknologi yang sama dengan seri pendahulunya. Namu, yang membedakan yakni pada clock speed yang diklaim lebih tinggi.

Qualcomm Snapdragon 855+ ini sendiri lebih banyak disematkan pada smartphone android gaming. Pasalnya, chipset satu ini punya performa yang sangat cepat saat digunakan untuk bermain game berat. Salah satu ponsel yang mengusung Qualcomm Snapdragon 855+ di dalamnya yakni Asus ROG Phone II. Ponsel tersebut mampu menghasilkan skor AnTuTu sebesar 506.832.

2. Apple A13 Bionic

Apple A13 Bionic
Apple A13 Bionic

Skor AnTuTu : 547.193

Chipset terbaik dilihat dari skor AnTuTu yang dihasilkan berikutnya yakni Apple A13 Bionic. Merupakan seri Chipset penerus dari Apple A12 Bionic, namun dengan performa yang lebih tinggi. Chipset satu ini menggunakan teknologi machine learning yang ditujukan untuk meningkatkan performanya.

Chipset Apple A13 Bionic ini hanya digunakan pada ponsel flagship Apple saja. Salah satunya dari keluarga iPhone 11 yakni iPhone 11 Pro Max yang mampu menghasilkan skor AnTuTu sebesar 547.193.

1. Apple A12X Bionic

Apple A12X Bionic
Apple A12X Bionic

Skor AnTuTu : 725.655

Dan Chipset terbaik diurutan yang pertama diduduki oleh chipset besutan Apple yakni Apple A12X Bionic. Chipset satu ini sebenarnya sudah lama dirilis yakni di tahun 2018 lalu. Meski demikian, sampai sekarang ini masih belum ada ponsel yang mampu mengalahkan skor AnTuTu dari chipset satu ini.

Chipset Apple A12X Bionic sendiri disematkan pada tablet iPad Pro yang memang dirancang khusus untuk kebutuhan profesional dan produktivitas tinggi. Salah satunya yang menggunakan Apple A12X Bionic yakni iPad Pro 3rd Generation. Tablet tersebut mampu menghasilkan skot AnTuTu sebesar 725.655.

Penutup

Itulah tadi beberapa Chipset terbaik berdasarkan skor AnTuTu perlu kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.