Cara Mengatasi Cerita FB Tidak Ada Musiknya

781
Cerita FB Tidak Ada Musiknya
Cerita FB Tidak Ada Musiknya

Cerita FB Tidak Ada Musiknya – Facebook masih menjadi platform jejaring sosial yang paling populer di dunia dengan pengguna aktif bulanan mencapai 3 miliar pengguna. Angka ini masih menjadi yang paling banyak di dunia, sekalipun Twitter dan platform jejaring sosial lain terus berusaha untuk mengejarnya. Kita tahu Twitter sedang melakukan manuver dengan menerapkan rebranding pada platformnya. Mulanya mereka mengubah logo burung Twitter menjadi logo X yang ikonik. Lebih lanjut platform yang ditunggangi oleh Elon Musk ini juga akan mengganti namanya dari Twitter menjadi X. Tidak lain hal ini dilakukan demi mengubah wajah baru Twitter supaya menjadi platform yang paling banyak diminati di dunia.

Cerita FB Tidak Ada Musiknya
Cerita FB Tidak Ada Musiknya

Kembali ke Facebook, kita tahu di dalamnya sudah disediakan banyak sekali fitur menarik untuk dicoba. Yang paling khas dari Facebook adalah fitur Status di Beranda yang masih banyak diminati oleh pengguna. Pada Status Facebook ini pengguna bebas menyematkan apa saja, mulai dari teks, gambar, video, file audio, link dan lain sebagainya. Dan yang terbaru adalah fitur Cerita atau Story Facebook yang mirip dengan yang ada di Instagram. Bahkan Story yang diunggah di Facebook ini juga bisa terhubung dengan Instagram jika pengguna telah melakukan otorisasi terhadap kedua akunnya. Pada Cerita Facebook atau Facebook Stories ini pengguna memungkinkan untuk mengunggah ceritanya dalam bentuk gambar, video maupun tulisan layaknya di Instagram.

Baca Juga:

Untuk membuat Story Facebook menjadi lebih menarik, kita dapat menambahkan musik atau lagu di dalamnya. Sayangnya, ada kalanya musik yang disematkan pada Cerita Facebook yang diunggah hilang atau tidak terdengar sama sekali. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor dan mungkin beberapa pengguna tidak menyadari akan hal tersebut. Penting untuk mengetahui alasan kenapa Cerita Facebook tidak ada musiknya, sehingga kita bisa lebih mudah mengatasi permasalahan tersebut. Informasi selengkapnya mengenai cara mengatasi Story Facebook tidak ada suara musiknya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Cerita Facebook Suara Musik Hilang

Penyebab Cerita FB Tidak Ada Musiknya
Penyebab Cerita FB Tidak Ada Musiknya

Sebelum lanjut ke pembahasan utama mengenai Cerita FB yang tidak dapat terdengar suara musiknya, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan masalah tersebut. Adapun beberapa penyebab musik hilang pada Cerita Facebook yang sudah dibagikan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Koneksi Internet Error

Penyebab utama kenapa musik pada Cerita Fabook yang dibagikan tidak ada suaranya, yakni karena koneksi internet di HP yang tidak stabil atau bahkan error. Untuk mengunggah Story di Facebook memang membutuhkan koneksi internet yang cepat.

Apalagi jika kamu juga menambahkan musik yang diambil dari library online di dalamnya, tentunya koneksi internet sangat berpengaruh.

2. Masalah Pada Server Pusat Facebook

Ada kalanya server pusat Facebook sedang mengalami pemeliharaan atau perbaikan, sehingga pengguna tidak dapat mengakses beberapa fitur Facebook. Termasuk juga saat mengakses fitur Cerita atau Story FB dan mengunggah cerita dengan musik di dalamnya.

3. Versi Aplikasi Sudah Usang

Facebook Inc selalu rutin memberikan update versi terbaru untuk aplikasi Facebook untuk platform android. Pembaruan versi aplikasi ini dilakukan demi mengatasi bug yang ada di dalamnya, serta memaksimalkan fungsi fitur yang sudah ada serta menambah fitur baru di dalamnya.

Kamu yang tetap menggunakan aplikasi Facebook versi lama, tidak menutup kemungkinan akan mengalami banyak error di dalamnya. Termasuk juga error pada saat menambahkan musik di Cerita FB yang mana suaranya tidak muncul.

4. Masalah Lisensi Musik

Hampir semua jenis musik memiliki lisensi dan tidak boleh sembarangan digunakan oleh orang lain. Jika melanggar, hal ini tentunya akan terhitung sebagai pelanggaran hal cipta sehingga bisa dipidanakan.

Mungkin saja musik yang kamu tambahkan untuk Cerita Facebook ternyata lisensinya belum aktif sehingga tidak dapat digunakan. Jika memaksakan ditambahkan ke Cerita Facebook yang dibuat, hasilnya suara musik tidak akan keluar.

5. Error Pada Aplikasi Facebook

Dan yang terakhir adalah masalah error pada aplikasi Facebook yang membuatnya tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Dalam hal ini bug terjadi pada fitur Cerita FB, yang mana pengguna tidak dapat menambahkan musik di dalamnya.

Cara Mengatasi Cerita FB Tidak Ada Musiknya

Cara Mengatasi Cerita FB Tidak Ada Suaranya
Cara Mengatasi Cerita FB Tidak Ada Suaranya

Sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi Cerita FB tidak ada musiknya yang mudah dan ampuh pastinya. Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, kita bisa lebih mudah memahami cara untuk mengatasi permasalahan satu ini. Adapun cara mudah mengatasi Facebook Stories tidak musiknya selengkapnya, sebagai berikut:

1. Periksa Koneksi Internet

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi masalah seperti ini adalah mengecek koneksi internet di HP. Cobalah untuk mengakses aplikasi online lain dan lihat apakah kinerjanya lancar atau tidak. Jika lambat, berarti benar koneksi internet di HP sedang tidak stabil.

Cara mengatasinya cukup dengan mengaktifkan fitur Mode Pesawat atau AirPlane Mode di HP android. Tunggu beberapa saat, kemudian matikan kembali fitur Mode Pesawat tersebut. Sekarang kamu hidupkan lagi data seluler HP dan coba lagi mengunggah Cerita FB dengan menambahkan musik.

2. Lakukan Restart HP

Jika masih tetap, cobalah untuk melakukan restart pada HP android yang kamu gunakan. Tekan dan tahan tombol Power lalu pilih opsi Restart atau Mulai Ulang Perangkat. Setelah selesai restart, biasanya masalah musik tidak ada suaranya di Cerita FB akan teratasi.

Selain itu, melakukan restart pada HP ini juga akan mengatasi masalah error ringan lainnya. Serta juga dapat memaksimalkan performa kinerja HP sehingga membuatnya lebih cepat dan responsive.

3. Update Aplikasi Facebook ke Versi Terbaru

Aplikasi Facebook yang sudah usang kemungkinan besar memang bisa ditemukan banyak error di dalamnya. Untuk itu, kita perlu memperbaruinya ke versi terbaru yang tersedia di Google Play Store.

Caranya dengan buka Google Play Store dan cari aplikasi Facebook melalui kolom pencarian yang ada di sana. Selanjutnya klik pada aplikasi Facebook di hasil pencarian dan klik tombol Update atau Perbarui. Tunggu hingga proses update aplikasi Facebook selesai dan kamu bisa menggunakannya kembali seperti biasa. Masalah suara musik tidak keluar pada saat ditambahkan ke Cerita FB seperti tadi, sekarang sudah bisa diatasi.

4. Ganti dengan Lagu Lain

Jika yang menjadi permasalahan adalah lisensi musik yang tidak tersedia, maka solusi terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti musik lain. Kamu bisa mencarinya di library Facebook dan pilih salah satu musik yang cocok dengan tema Story FB yang akan kamu bagikan.

Cara ini bisa dibilang cukup efektif, dikarenakan semua musik yang disediakan di library Facebook ini sudah Free License atau bebas digunakan. Sehingga masalah musik tidak ada suaranya saat ditambahkan ke Story FB tidak akan dialami lagi.

5. Hapus Cache dan Data Aplikasi Facebook

Mungkin saja masalah musik tidak ada suara di Facebook Stories ini dikarenakan banyaknya file cache yang menumpuk di dalam aplikasi. Solusinya yakni dengan melakukan penghapusan cache aplikasi di HP android. Untuk cara menghapus file cache Facebook tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Gulir ke bawah dan pilih Aplikasi atau Manajemen Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Facebook.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Lanjutkan dengan klik Hapus Cache.
  • Selesai.

Sekarang kamu coba upload lagi Facebook Stories dan tambahkan musik di dalamnya. Jika masih tetap tidak ada suaranya, maka kamu bisa lanjut melakukan penghapusan data aplikasi Facebook. Caranya melakukan penghapusan data aplikasi Facebook tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Gulir ke bawah dan pilih Aplikasi atau Manajemen Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi Facebook.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Selanjutnya klik Hapus Data dan konfirmasi penghapusan.
  • Selesai.

Biasanya setelah menghapus data aplikasi Facebook ini, kamu diharuskan untuk memasukkan ulang email dan password akun agar dapat masuk. Jadi, pastikan dulu kamu masih mengingat email dan password akun Facebookmu tersebut sebelum melakukan penghapusan data.

Jika memang semua cara di atas masih belum cukup ampuh mengatasi musik hilang pada saat membuat Cerita Facebook, kemungkinan hal ini terjadi dikarenakan adanya error di server pusat. Yang perlu dilakukan hanya perlu menunggu hingga semuanya kembali normal.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Cerita FB tidak ada musiknya dan penyebabnya yang harus kamu ketahui. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya!

Artikel SebelumnyaCara Menambahkan Lagu di Catatan Instagram Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Facebook Tidak Bisa Keluar di HP
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini