Cara Cek Resi Grab Express di HP Android

26
Cek Resi Grab Express
Cek Resi Grab Express

Cek Resi Grab Express – Di era digital saat ini semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis melalui perangkat smartphone. Misalnya saja dalam hal berbelanja, di mana kita bisa membeli barang kebutuhan dengan mudah dan praktis hanya melalui perangkat HP android. Cukup memesan melalui marketplace, toko online atau platform serupa dan menyelesaikan pembayaran. Nantinya barang akan langsung diantar ke rumah atau alamat yang kamu masukkan ketika pemesanan barang. Tentunya ada biaya lain untuk pengantaran barang ini, biasanya ditangani oleh kurir atau jasa antar barang.

Cek Resi Grab Express
Cek Resi Grab Express

Mengenai jasa kurir, sekarang sudah ada banyak perusahaan penyedia layanan tersebut yang bisa kita gunakan. Masing-masing perusahaan jasa antar barang tersebut memiliki keunggulan tersendiri dan menjadi daya tarik utamanya. Untuk layanan antar barang ini biasanya dibagi menjadi beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Beberapa diantaranya, layanan antar-jemput, layanan antar barang ke luar negeri, layanan cargo dan lain sebagainya. Untuk pengiriman barang yang relatif ringan dan kecil bisa menggunakan layanan jasa antar reguler atau standar. Di mana biaya pengiriman barang akan dihitung berdasarkan berat dan jarak pengirimannya.

Baca Juga:

Dari beberapa perusahaan penyedia layanan antar-jemput barang, salah satunya yang cukup populer saat ini yakni Grab. Grab sendiri menyediakan berbagai layanan jasa, termasuk layanan antar-jemput barang cepat dan instan. Layanannya tersebut diberi nama Grab Express Instan dan Same Day yang sudah bisa dinikmati oleh semua orang. Menggunakan layanan tersebut, baik penjual maupun pembeli memungkinkan untuk melacak keberadaan barang yang dikirim lewat jasa Grab tersebut. Untuk pelacakannya ini biasanya menggunakan Resi khusus dan kamu bisa melacak barang secara real-time. Berikut cara cek resi Grab Express melalui perangkat smartphone android yang bisa kamu simak dan terapkan.

Informasi Tentang Grab Express Instant dan Same Day

Grab Express merupakan salah satu layanan yang dihadirkan oleh Grab untuk memudahkan pelanggan mengirim barang secara cepat, aman dan praktis. Ada dua jenis layanan yang disediakan, yakni Grab Express Instant dan Grab Express Same Day. Keduanya sama-sama dari Grab dan bisa kamu nikmati dengan mudah untuk pengiriman barang.

Grab Express Instant sendiri adalah layanan premium yang menawarkan jasa pengiriman paket dengan cepat, di mana paket akan diterima paling lambat 3 jam setelah penjual atau pengirim melakukan request pick up. Untuk tarif yang dikenakan tergantung jarak pengiriman barang dan dihitung berdasarkan satuan kilometer (km).

Sementara Grab Express Same Day adalah layanan yang sama dari Grab, di mana paket akan diterima oleh pelanggan di hari yang sama dengan hari pemesanannya. Sementara untuk tarifnya sendiri bisa dibilang lebih murah dibandingkan Grab Express Instant, dikarenakan waktu pengirimannya yang lebih lama.

Cara Cek Resi Grab Express di HP Android

Cek Lacak Paket Grab Express Instant dan Same Day
Cek Lacak Paket Grab Express Instant dan Same Day

Cek resi paket biasanya dilakukan untuk melacak paket sudah sampai di mana. Pengecekannya ini bisa dilakukan secara real-time, paket akan tetap terlacak dengan baik oleh sistem yang diberikan. Dengan demikian, kamu bisa tahu kapan barang akan sampai dan memantau perjalanan dari paket tersebut.

Berbeda dengan layanan Grab Express Instant dan Same Day, kedua layanan pengiriman paket ini tidak memberikan nomor resi. Entah apa yang menjadi alasannya, yang pasti pengirim tidak diberikan nomor resi untuk pelacakannya. Meski begitu, pengirim maupun pembeli masih memungkinkan untuk melacak paketnya dengan mudah melalui fitur pelacakan khusus yang disediakan di aplikasi Grab atau situs resminya.

Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk melacak paket yang dikirim lewat jasa layanan Grab Express Instant dan Same Day. Adapun cara cek resi Grab Express Instant dan Same Day lewat HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Resi Grab Express Instant dan Same Day Lewat Fitur Share My Ride

Di aplikasi Grab atau situs resmi Grab disediakan fitur khusus untuk melacak pengiriman paket secara real-time untuk jasa layanan Grab Express Instant atau Same Day. Fitur yang dimaksud yakni bernama Share My Ride, di mana ini bisa diakses oleh penjual atau pengirim. Kemudian dibagikan ke pembeli atau calon penerima dengan melalui berbagai plaform, baik itu WhatsApp, Facebook Messanger, dan SMS.

Dari sini pembeli atau penerima akan bisa melacak paket kirimannya secara real-time dengan mudah dan praktis. Untuk langkah-langkah menggunakan fitur tersebut untuk lacak resi Grab Express Instant dan Same Day, yakni:

Untuk Penjual atau Pengirim

  • Setelah selesai memesan layanan Grab Express Instan atau Same Day, nantinya kurir akan melakukan penjemputan paket.
  • Paket akan langsung diantarkan oleh kurir, dalam hal ini kamu bisa buka aplikasi Grab.
  • Kamu geser ke atas pada bagian infromasi Mitra Pengntaran.
  • Kemudian klik menu Share My Ride.
  • Selanjutnya pilih salah satu platform untuk membagikannya ke pembeli atau calon penerima. Baik itu bagikan melalui WA, Facebook atau SMS, lalu kirim ke pembeli atau calon penerima paket.

Untuk Pembeli atau Penerima

  • Klik link yang diberikan oleh penjual melalui WA, FB atau SMS.
  • Nantinya kamu bisa langsung melacak paket kiriman melalui aplikasi Grab atau situs resminya dengan mudah dan real-time.
  • Selesai.

Catatan: Penerima hanya akan bisa melacak resi untuk mengetahui lokasi paket kirimannya, setelah penjual atau pengirim membagikan link paket kiriman tersebut.

2. Cek Resi Grab Express Instant dan Same Day Lewat Marketplace

Sementara untuk cara yang kedua ini hanya bisa dilakukan bagi kamu yang memesan barang melalui marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya. Tidak perlu bingung untuk mengecek resi, kamu bisa secara real-time melacak paket kiriman melalui aplikasi marketplace yang kamu gunakan.

Lacak Grab Express di Shopee

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Shopee. Pastikan kamu sudah login ke akun Shopee yang digunakan untuk memesan paket dengan layanan Grab Express Instant atau Same Day.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu Saya di pojok kanan bawah tampilan.
  • Kemudian masuk ke opsi Pesanan Saya, lalu klik Dikirim dengan ikon Truk.
  • Klik pada salah pesanan yang ingin dilacak, kemudian klik tombol Lacak.
  • Di sana kamu bisa langsung tahu sudah sampai di mana paket kiriman yang dikirim lewat layanan Grab Express.
  • Selesai.

Lacak Grab Express di Tokopedia

  • Buka aplikasi Tokopedia seperti biasa dan login ke akun pribadi.
  • Klik ikon Lonceng yang ada di bagian kanan atas tampilan.
  • Kemudian klik opsi Sedang Dikirim.
  • Pilih salah satu pesanan yang ingin dilacak. Di sana kamu akan melihat kurir pengiriman dan nomor resi yang diberikan.
  • Selanjutnya klik Lacak, maka akan ditampilkan informasi di mana posisi paketmu saat ini.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara cek resi Grab Express Instant dan Same Day melalui HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Ganti Nomor M-Banking BCA yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Transfer Pulsa Telkomsel ke ShopeePay di HP
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini