Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android

20
Cek Kesehatan Baterai Tanam HP
Cek Kesehatan Baterai Tanam HP

Cek Kesehatan Baterai Tanam HP – Merawat HP secara berkala penting untuk dilakukan agar performanya tetap cepat dan lancar saat dioperasikan. Perawatan pada HP tidak hanya bisa dilakukan pada komponen hardware saja, melainkan juga komponen softwarenya. Misalnya saja pada bagian LCD, di mana kamu perlu melakukan pembersihkan secara rutin agar tampilannya tetap jernih dan kinclong. Sementara untuk bagian software, kamu bisa melakukan update pada aplikasi dan sistem android jika tersedia versi baru. Bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang berguna untuk memberikan perlindungan dan perawatan pada HP.

Cek Kesehatan Baterai Tanam HP
Cek Kesehatan Baterai Tanam HP

Selain itu, hal terpenting lainnya untuk memberikan perawatan pada HP yakni pada bagian baterainya. Beberapa cara yang perlu dilakukan yakni mengecas HP saat baterai kurang dari 20% dan mencabutnya jika sudah penuh, tidak memainkan HP saat proses charging, menggunakan HP sewajarnya dan lain sebagainya. Berbicara mengenai baterai HP, setidaknya ada dua jenis baterai yang digunakan oleh para vendor untuk produk smartphonenya, yakni baterai removable dan non-removable. Namun, yang paling banyak digunakan saat ini adalah jenis baterai non-removable atau baterai tanam.

Baca Juga:

Ada kalanya baterai tanam yang digunakan pada HP android mengalami masalah error atau penurunan fungsi. Misalnya saja daya baterai yang cepat habis, baterai cepat panas, dan masalah lainnya. Berbeda dengan baterai yang bisa dilepas, kita tidak bisa mengecek secara fisik baterai tanam pada HP tersebut. Akan sangat merepotkan tentunya jika harus bolak-balik membongkar casing HP untuk sekedar mengecek kondisi baterainya tersebut. Lantas, bagaimana cara untuk cek kesehatan baterai tanam HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Android

Cek Kondisi Baterai Tanam HP
Cek Kondisi Baterai Tanam HP

Ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan untuk mengecek kondisi baterai tanam yang digunakan pada HP android. Pastinya cara ini sangat mudah untuk diterapkan, serta bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jika memang ditemukan masalah pada baterai HP tersebut, maka nantinya kamu bisa dengan mudah melakukan perbaikan.

Adapun langkah-langkah untuk cek kesehatan baterai tanam HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengoperasikan HP untuk Aktivitas Berat

Cara yang paling mudah untuk mengetes kesehatan baterai tanam pada HP yakni dengan memaksanya menjalankan aktivitas berat. Misalnya saja memainkan game online dengan grafis tinggi, merekam video dengan pengaturan kualitas tertinggi atau juga menjalankan beberapa aplikasi yang memakan resource banyak dalam waktu bersamaan.

Memainkan HP untuk aktivitas berat tersebut diharuskan dimulai dalam keadaan daya baterai penuh 100%. Sembari mengoperasikan HP, kamu harus memantau konsumsi daya baterai pada HP tersebut. Berkurangnya daya baterai apakah masih dalam kategori normal atau sangat boros.

Untuk HP dengan baterai yang masih sehat atau normal, biasanya akan mengonsumsi daya sebanyak 1% selama kurang lebih 30 detik hingga 2 menit. Ini tentunya tergantung aktivitas berat yang kamu lakukan pada HP. Sementara untuk baterai yang sudah tidak sehat, biasanya akan mengonsumsi daya baterai 2% hingga 3% dalam waktu 10 detik saja.

2. Cek Kesehatan Baterai dengan Kode Rahasia

Selain cara di atas, alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kondisi baterai tanam di HP yakni dengan menggunakan kode rahasia. Kode rahasia yang dimaksud di sini adalah kode yang memang disediakan khusus untuk mengecek kondisi komponen HP, termasuk baterainya.

Mengenai langkah-langkah mengecek kondisi kesehatan baterai tanam HP menggunakan kode rahasia selengkapnya, sebagai berikut:

  • Pertama kamu buka menu Panggilan atau Telepon di HP.
  • Kemudian ketik kode dial *#*#4636#*#* secara otomatis nanti akan muncul tampilan baru di layar HP.
  • Pada halaman baru yang ditampilkan tersebut, kamu klik pada menu Battery Information atau Battery Statistic.
  • Nantnya akan ditampilkan lagi layar pop up yang memberitahukan mengenai informasi dari baterai yang digunakan di HP. Kamu fokus pada bagian informasi Kondisi Baterai. Jika baterai dalam kondisi normal biasanya akan tertulis Baik atau Good.

Cara di atas bisa kamu terapkan di semua tipe HP android, baik dengan dukungan baterai tanam atau baterai yang bisa dilepas. Namun, terkadang pada beberapa tipe HP menggunakan kode rahasia lain untuk mengakses informasi tentang baterai HP tersebut.

3.  Cek Kondisi Baterai Tanam HP dengan Aplikasi

Di Google Playstore tersedia banyak sekali jenis aplikasi beserta fungsinya masing-masing. Salah satunya ada jenis aplikasi yang berguna untuk mengecek kondisi kesehatan baterai HP, termasuk untuk jenis baterai tanam. Aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kondisi baterai tanam HP ini bernama AccuBattery yang dikembangkan oleh Digibits. Aplikasi ini cukup populer digunakan dikarenakan fungsinya yang baik dan akurat dalam memberikan informasi tentang kesehatan baterai HP.

Mengenai langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi AccuBattery tersebut, yakni:

  • Pertama kamu download dan install aplikasi AccuBattery – Baterai melalui Google Playstore.
  • Pastikan aplikasi AccuBattery sudah berjalan, berikan izin akses jika memang meminta.
  • Sekarang kamu operasikan HP androidmu hingga baterainya habis alias 0% dan HP mati dengan sendirinya.
  • Selanjutnya kamu pasangkan charger ke HP dan hidupkan HP, kemudian biarkan HP mengecas hingga daya baterainya penuh 100%.
  • Kalau sudah penuh, sekarang lepaskan charger.
  • Sekarang kamu jalankan aplikasi AccuBattery yang sudah diinstall tadi. Nantinya pada aplikasi tersebut akan tersedia informasi mengenai kondisi kesehatan dari baterai HP tersebut. Jika baterai dalam kondisi sehat, di bagian Battery Health akan menunjukkan persentase minimal 100%.

Selain aplikasi AccuBattery – Baterai, ada satu lagi aplikasi alternatif yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kondisi kesehatan baterai, yakni bernama Battery Monitor. Aplikasi ini sangat mudahnya untuk digunakan dan bisa memberikan informasi yang akurat untuk kondisi baterai HP.

4. Charger HP Sampai Penuh

Cara lainnya untuk mengetahui kondisi baterai yakni dengan melihat peningkatan daya saat mencharging. Agar lebih akurat, pastikan baterai HP sudah habis dan HP mati dengan sendirinya. Kemudian kamu charging HP dari 0% hingga penuh 100%.

Selama mencharging kamu perlu memperhatikan penambahan daya baterainya tersebut. Untuk HP dengan kondisi baterai normal, biasanya akan membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam untuk baterai HP terisi penuh. Tentunya ini juga tergantung dari kapasitas baterai dan dukungan fitur fast charging di dalam HP.

Jika baterai HP sangat lama terisi penuhnya, misalnya membutuhkan waktu 4 bahkan hingga 6 jam, bisa dipastikan kalau baterainya tersebut bermasalah. Apalagi saat HP digunakan, daya baterai berkurang dengan cepat bahkan untuk aktivitas yang terbilang ringan.

5. Cek Kondisi Fisik Baterai

Dan cara yang terakhir untuk cek kesehatan baterai tanam HP yakni dengan melihat kondisi fisik dari baterai. Kamu perlu membongkar casing belakang HP untuk memastikan kondisi dari baterai tersebut. untuk baterai yang tidak normal biasanya bentuknya agak kembung dan permukaannya tidak datar.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mudah untuk cek kesehatan baterai tanam HP yang praktis bisa coba kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaCara Mematikan HP Baterai Tanam dengan Cepat
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima Panggilan
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini