Cara Cek HP Sudah Support MHL atau Belum Paling Akurat

61
Cek HP Sudah Support MHL
Cek HP Sudah Support MHL

Cek HP Sudah Support MHL – Seperti yang kita tahu, HP android hadir dengan berbagai dukungan fitur canggih di dalamnya. Fitur-fitur ini disematkan untuk semakin memaksimalkan fungsi dari HP android tersebut. Terlebih lagi, dengan semakin banyaknya fitur yang disematkan di HP android, tentunya hal ini akan lebih membantu memudahkan berbagai aktivitas harian penggunanya. Dan setiap vendor HP memang selalu berusaha untuk memberikan banyak keunggulan di smartphone besutannya untuk menarik minat para pengguna.

Cek HP Sudah Support MHL
Cek HP Sudah Support MHL

Berbicara mengenai fitur canggih dari HP android, salah satunya yang mulai disematkan pada HP keluaran terbaru yakni fitur MHL. Memiliki kepanjangan Mobile High-definition Link, ini merupakan fitur penting ketika pengguna ingin membagikan layar HP di perangkat lain. Misalnya saja ingin menampilkan tayangan di layar HP ke layar Televisi, baik itu saat streaming film ataupun bermain game online. Tampilan layar HP yang semakin luas di layar TV seperti ini tentunya akan lebih memanjakan dan memuaskan penggunanya.

Baca Juga:

Fitur MHL sendiri tidak hanya disematkan di perangkat HP android saja, melainkan juga pada perangkat tablet. Fitur ini sudah bisa ditemukan di hampir semua merek dan tipe HP keluaran terbaru. Namun, tidak jarang pula HP android yang belum dibekali dengan fitur yang berfungsi untuk berbagi layar HP ini. Kebanyakan HP yang tidak support MHL adalah HP dari segmen low-end, beberapa juga ada yang dari HP mid-end. Lebih mudah, kamu perlu melakukan pengecekan apakah HP android milikmu sudah dibekali fitur MHL atau belum. Berikut ini cara cek HP sudah support MHL atau belum yang akurat bisa kamu terapkan.

Penjelasan Tentang Fitur MHL di HP Android

Banyak yang bertanya apa itu MHL dan fungsinya di HP android. Sempat disinggung di atas, MHL atau Mobile High-Definition Link ini merupakan salah satu fitur baru di android yang memungkinkan digunakan untuk membagikan layar HP ke prangkat lain, seperti TV, PC, laptop atau yang lainnya.

Fitur MHL ini akan memudahkan pengguna untuk memancarkan dan mengirim sinyal video yang nantinya akan ditangkap oleh perangkat TV atau monitor. Pada awal kemunculannya mungkin fitur ini belum terlalu sempurna sehingga sering terjadi lag ketika menampilkan layar ke TV atau monitor.

Akan tetapi, sekarang ini kebanyakan HP sudah menyematkan juga tambahan Zero Lag Connection pada fitur MHL yang dihadirkannya. Fitur satu ini diklaim bisa mencegah delay atau lag ketika pengguna membagikan layar di HP ke TV, sehingga gambar yang ditampilkan lebih halus dan nyaman dilihat.

Cara Cek HP Sudah Support MHL atau Belum Paling Akurat

Sementara untuk cara mengetahui apakah HP android sudah dibekali fitur MHL atau belum, setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu terapkan. Kedua metode ini dianggap paling akurat dalam menunjukkan apakah HP sudah support MHL atau belum. Jika memang sudah support, maka kamu bisa langsung mencoba untuk membagikan layar HP ke TV atau monitor.

Namun, biasanya pengguna perlu alat tambahan sebagai pemancar sinyal video dari MHL. Kamu bisa membeli perangkat MHL ini di marketplace atau toko elektronik terdekat. Adapun cara cek HP sudah support MHL atau belum selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara yang pertama untuk mengetahui HP android sudah disematkan fitur MHL atau belum yakni dengan menggunakan aplikasi tambahan. Ada banyak jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek HP support MHL atau belum tersebut. Salah satunya yang paling banyak digunakan yakni aplikasi bernama MHL Checker.

Aplikasi satu ini dikembangkan oleh The Tree Team dan sudah didownload lebih dari 1 juta kali di Google Playstore. Ukurannya sangat kecil, yakni sebesar 4.5MB sehingga sangat ringan dijalankan. Mengenai cara menggunakan aplikasi MHL Checker tersebut, yakni:

Cek Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Cek Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
  • Pertama kamu download dan install dulu aplikasi MHL Checker melalui Google Playstore.
  • Kemudian kamu jalankan aplikasi tersebut jika sudah berhasil diinstall.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik tombol CHECK. Nanti hasilnya akan langsung keluar di sana.
  • Jika memang HP-mu sudah support MHL, maka akan muncul Tanda Centang Hijau dengan tulisan “This devices support MHL connection.
  • Sementara jika tidak support MHL, maka akan muncul Tanda Silang Merah dengan tulisan “This devices don’t support MHL connection.”.
  • Selesai.

Catatan: Beberapa pengguna mengeluhkan kalau aplikasi tidak akurat dalam memberikan informasi MHL. Mereka mengatakan HP-nya sudah support MHL, tetapi di aplikasi ini justru bilangnya tidak support MHL.

2. Cek Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika cara di atas menurutmu kurang akurat dan ribet dalam penggunaannya, maka bisa mencoba alternatif kedua ini. Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan di perangkat HP, melainkan dengan memanfaatkan situs bernama MHLTech. Cara menggunakannya pun sangat mudah, serta hasil yang diberikan cukup akurat.

Mengenai cara menggunakan situs MHLTech untuk mengecek HP sudah support MHL atau belum tersebut, berikut ini langkah-langkahnya:

Cek Tanpa Aplikasi Tambahan
Cek Tanpa Aplikasi Tambahan
  • Langkah yang pertama kamu perlu melihat Nomor Model dari HP yang ingin dicek MHL-nya.
  • Untuk cara melihatnya yakni dengan masuk ke menu Pengaturan, kemudian masuk ke opsi Tentang Ponsel. Di sana akan langsung terlihat Nomor Model dari perangkat HP androidmu.
  • Jika sudah ketemu, sekarang kamu buka browser di HP android.
  • Kemudian kunjungi situs MHLTech melalui LINK INI.
  • Pada halaman utama situs, kamu masuk ke menu Mobile.
  • Kemudian pada bagian kolom Pencarian, kamu ketik Nomor Model dari HP tadi.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Cari atau Ikon Kaca Pembesar.
  • Jika memang HP-mu sudah support MHL, maka di hasil resultnya akan muncul Nomor Model yang sama dengan yang kamu masukkan tadi.
  • Sementara jika ternyata tidak support, maka di hasil result tidak akan muncul hasil apa pun.
  • Selesai.

Untuk menerapkan cara ini pastikan kamu memasukkan Nomor Model HP dengan benar. Jika tidak, maka hasil yang ditampilkan tidak akan muncul dan kamu tidak akan bisa tahu apakah HP-mu sudah mendukung MHL atau belum.

Penutup

Itulah tadi dua cara cek HP sudah support MHL atau belum yang mudah dan akurat bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?

Artikel SebelumnyaCara Upload Foto di Pinterest HP Android
Artikel SelanjutnyaPenyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh File
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini