Cara Cek Garansi Xiaomi yang Akurat Terbaru

232
Cek Garansi Xiaomi
Cek Garansi Xiaomi

Cek Garansi Xiaomi – Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone asal Tiongkok yang cukup ternama di Indonesia khususnya. HP android besutan Xiaomi bahkan menjadi salah satu yang best seller untuk setiap tipenya. Tidak heran karena memang HP dari Xiaomi ini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Lain dari itu, spesifikasi yang didukungnya cukup tinggi sehingga mampu menghasilkan performa kinerja yang cepat dan responsive. HP Xiaomi memungkinkan digunakan untuk menjalankan berbagai aktivitas berat, seperti menjalankan aplikasi desain grafis, bermain game dan aktivitas lainnya.

Cek Garansi Xiaomi
Cek Garansi Xiaomi

Xiomi sendiri hadir dengan berbagai tipe smartphone yang dibanderol dengan harga bervariasi. Beberapa tipe ada yang ditawarkan dengan harga sangat murah, bahkan hanya sekitar Rp 1 jutaan saja. Sementara beberapa tipe smartphone lainnya ada yang ditawarkan dengan harga di atas Rp 5 jutaan. Xiaomi juga cukup rutin menghadirkan fitur terbaru untuk smartphone besutannya. Fitur ini ada yang diadopsi dari iPhone, yang mana ini membuat Xiaomi dijuluki sebagai iPhone versi murah. Bukan hanya fitur saja, desain bodi dari HP Xiaomi beberapa juga ada yang menjiplak dari seri iPhone yang tengah populer di kalangan masyarakat modern.

Baca Juga:

Membeli HP Xiaomi, biasanya setiap seri HP Xiaomi tersebut dilengkapi dengan masa garansi yang bervariasi. Untuk garansinya ini ada yang merupakan garansi resmi dari pabrikan dan ada pula garansi dari distributor. Umumnya garansi resmi dari pabrikan masanya lebih panjang, sementara garansi distributor sebaliknya. Beberapa distributor ada yang memberikan garansi selama 1 bulan hingga 1 tahun. Sedangkan masa garansi resmi dari vendor bisa sampai 3 tahun untuk masing-masing serinya. Sebagai pemilik HP Xiaomi, mungkin kamu penasaran dengan masa garansi HP yang kamu miliki. Berikut cara cek garansi Xiaomi yang mudah dan akurat bisa kamu simak dan terapkan.

Cara Membedakan HP Xiaomi Garansi Resmi atau Distributor

Seperti yang dijelaskan di atas, terdapat dua jenis garansi Xiaomi yang berlaku, yakni garansi resmi dan garansi distributor. Untuk HP Xiaomi garansi resmi umumnya, pada kotak kemasan atau dusbook terdapat stiker bertuliskan “TAM” atau PT Telematika Artha Mandiri. Ini merupakan perusahaan distributor resmi yang sudah mendapatkan lisensi produk Xiaomi. Sementara untuk produk non-resmi atau distributor biasanya tidak disediakan stiker seperti ini.

Selain itu, pada dusbook biasanya juga tersedia tulisan “PT Sat Nusapersada Tbk” yang merupakan perusahaan resmi perakit HP Xiaomi yang lokasinya berada di Batam, Kepulauan Riau. Adanya tulisan ini berarti HP Xiaomi tesebut dirakit di Indonesia dan merupakan HP dengan garansi resmi yang bisa diklaim di Indonesia pula.

Perbedaan lainnya juga bisa dilihat dari charger yang didapat dalam pembelian perangkat HP Xiaomi. HP Xiaomi dengan garansi resmi biasanya dibekali dengan charger standar dua kaki yang bisa langsung dicolokkan ke stop kontak. Berbeda dengan HP Xiaomi garansi distributor, yang mana charger bawaannya memiliki tiga kaki dan perlu adaptor tambahan untuk bisa dicolokkan ke stop kontak.

Cara Cek Garansi Xiaomi yang Akurat Terbaru

Cara Mengetahui Masa Garansi Xiaomi
Cara Mengetahui Masa Garansi Xiaomi

Sekarang lanjut ke cara untuk mengecek masa garansi pada HP Xiaomi terbaru. Hanya ada satu cara yang bisa dilakukan, yakni melalui situs resmi Xiaomi. Untuk melakukan cara ini kamu perlu menyiapkan nomor IMEI dari HP Xiaomi yang ingin dicek masa garansinya tersebut. Nomor IMEI sendiri akan berbeda-beda untuk setiap seri perangkat HP Xiaomi, di mana ini merupakan identitas yang unik dari setiap perangkat HP.

Adapun cara mudah cek garansi Xiaomi yang mudah dan akurat selengkapnya, sebagai berikut:

Langkah 1. Cek IMEI di HP Xiaomi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek IMEI HP Xiaomi. Yang paling mudah yakni dengan melihat IMEI tersebut yang tertera di dusbook HP. Nomor IMEI ini sendiri biasanya tertera dalam bentuk stiker dengan adanya barcode di bawahnya. Nomor IMEI HP Xiaomi terdiri dari 15 digit angka.

Jika dusbook HP tidak ditemukan, kamu juga bisa melihat nomor IMEI ini di bagian belakang bodi HP Xiaomi. Biasanya tertera stiker khusus di bodi belakang HP tersebut dengan nomor IMEI dan SN-nya.

Karena alasan tertentu mungkin stiker yang berisi informasi IMEI tersebut hilang atau dilepas. Solusi terbaiknya kamu bisa mengecek nomor IMEI HP Xiaomi menggunakan kode dial atau kode rahasia. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Panggilan atau Telepon di HP Xiaomi.
  2. Kemudian masuk ke tab Keypad, lalu ketik kode dial *#06#.
  3. Nantinya di layar akan muncul halaman baru yang berisi informasi IMEI dari HP Xiaomi.
  4. Selesai.

Pastikan kalau HP-mu sudah terdaftar di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Caranya dengan mengunjungi halaman situs Cek IMEI Kemenperin, lalu masukkan IMEI HP Xiaomi tadi. Jika muncul tulisan “IMEI Terdaftar di database Kemeperin” berarti benar HP Xiaomi milikmu merupakan HP resmi dan legal.

Langkah 2. Cek Garansi HP Xiaomi di Situs Resmi

Jika sudah menyiapkan nomor IMEI HP Xiaomi, sekarang kamu bisa menggunakannya untuk mengecek garansi HP tersebut. Caranya sangat mudah, di sini kamu bisa mengunjungi situs resmi Xiaomi yang memang dikhususkan untuk mengecek masa garansi yang masih berlaku atau sudah habis. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Pertama kamu buka menu browser di perangkat smartphone atau PC/laptop.
  2. Selanjutnya kunjungi halaman situs Cek Garansi HP Xiaomi.
  3. Pada halaman situs tersebut, kamu masukkan nomor IMEI HP Xiaomi di kolom yang disediakan.
  4. Kemudian masukkan Kode Verifikasi Captcha yang tersedia di sana.
  5. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Langkah Selanjutnya.
  6. Nantinya akan muncul halaman baru yang berisi informasi mengenai perangkat HP Xiaomi tersebut. Jika memang masa garansinya masih berlaku, maka akan tertulis kapan waktu masa garansinya berakhir. Sementara jika masa garansi sudah habis, akan tertulis “HP ini tidak bisa mendapatkan garansi tambahan…..”.
  7. Selesai.

Selain informasi masa garansi HP Xiaomi, di halaman tersebut juga terdapat informasi lainnya. Mulai dari informasi tipe HP Xiaomi, kapasitas RAM dan ROM, negara pembelian, waktu produksi dan juga waktu aktivasi.

FYI, jika di halaman tersebut munculnya tulisan berbahasa Indonesia, maka bisa dipastikan HP Xiaomi ini merupakan produksi resmi. Sementara jika yang muncul adalah tulisan China, berarti HP tersebut diimpor langsung dari China. Biasanya HP impor ini merupakan HP garansi non-resmi dan tidak bisa klaim garansi di Indonesia, kecuali garansi dari distributornya.

Sementara untuk cara klaim garansi HP Xiaomi, kamu bisa datang langsung ke service center Xiaomi terdekat yang ada di kota-mu. Pastikan kamu membawa HP Xiaomi yang ingin diajukan garansi, dusbook, dan juga nota pembeliannya.

Penutup

Itulah tadi cara cek garansi Xiaomi yang akurat dan mudah bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Cek Kuota Simpati Loop Terbaru yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Cek Garansi Samsung Terbaru 2023
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini