Cara Cek Garansi Samsung Terbaru 2023

35
Cek Garansi Samsung
Cek Garansi Samsung

Cek Garansi Samsung – Samsung bisa dibilang sebagai salah satu brand smartphone yang paling populer di dunia. Produk smartphone besutannya bahkan menjadi pilihan utama bagi banyak pecinta HP android di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Salah satu alasannya karena HP Samsung punya kualitas yang bagus dengan performa yang mumpuni. Dukungan spesifikasi tangguh yang disematkan di dalamnya membuat HP Samsung mampu melibas semua aktivitas berat, termasuk bermain game HD. Bahkan menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu pun, performa HP tetap stabil.

Cek Garansi Samsung
Cek Garansi Samsung

HP Samsung juga dibekali dengan beragam fitur canggih di dalamnya yang menjadi daya tarik lain bagi pengguna. Beberapa fitur baru yang hanya ditemukan di HP Samsung juga dihadirkan yang tentunya menjadi daya tarik lainnya bagi pecinta HP Samsung. Fitur-fitur ini ada yang berbentuk aplikasi khusus dan ada pula yang bisa diakses langsung dari Pengaturan atau halaman HP lainnya. Yang pasti adanya fitur tambahan ini akan semakin memudahkan pengguna dalam berbagai hal dan membuatnya puas dalam mengoperasikan smartphone. Terlebih lagi HP Samsung saat ini ada yang ditawarkan dengan harga terjangkau, misalnya saja untuk HP Samsung seri Galaxy J, Galaxy A, dan Galaxy M.

Baca Juga:

Yang menarik lagi dari HP Samsung yakni adanya dukungan garansi resmi yang berlaku selama 12 bulan sejak pembelian perangkat. HP Samsung yang mengalami kerusakan selama masih dalam masa garansi, maka pengguna bisa mengajukan perbaikan ke pihak Samsung. Tentunya pengajuan perbaikan ini tanpa dikenakan biaya sepeser pun, asalkan sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Perihal masa garansi HP Samsung, kita bisa dengan mudah mengetahui masa berlakunya tersebut. Berikut cara cek garansi Samsung yang mudah dan akurat bisa kamu simak dan terapkan.

Syarat dan Ketentuan Pengajuan Garansi HP Samsung

Sebelum lanjut ke cara cek masa garansi HP Samsung, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja syarat dan ketentuan untuk pengajuannya tersebut. Hal ini penting untuk diketahui agar pengajuan garansi bisa langsung diterima dan diproses. Adapun beberapa syarat dan ketentuan untuk mengajukan garansi HP Samsung tersebut, di antaranya:

  1. Garansi hanya berlaku jika masih belum melebihi waktu yang ditentukan. Di mana untuk perangkat smartphone Samsung diberikan masa garansi selama 12 bulan atau 1 tahun.
  2. Garansi hanya diberikan pada produk HP yang dijual oleh PT. Samsung Electronics Indonesia (SEIN).
  3. Pengguna tidak perlu membayar untuk penggantian suku cadang atau jasa perbaikan sesuai yang telah ditentukan.
  4. Pengguna diwajibkan untuk membawa kartu garansi saat pengajuan.
  5. Reparasi dilakukan di Pusat Pelayanan Purna Jual Samsung yang ada di berbagai daerah.

Sementara itu, ada pula beberapa hal yang membuat garansi tidak berlaku untuk perangkat Samsung, di antaranya:

  1. Kartu garansi yang bermasalah, seperti isi yang tidak lengkap serta informasi di dalamnya tidak sesuai dengan perangkat. Baik itu Nomor Seri, IMEI, dan juga Nomor Model.
  2. Informasi produk yang diubah/dihapus/dicoret, baik itu Nomor Seri, Nomor Model dan juga IMEI.
  3. HP yang rusak karena kesalahan pengguna atau tidak sesuai dengan buju petunjuk.
  4. HP Samsung rusak karena kelalaian pengguna, seperti HP terjatuh, ketumpahan cairan, tegangan listrik, LCD pecah/tergores, tertindih atau hal kerusakan luar lainnya.
  5. Segel telah rusak atau ada suku cadang yang diganti oleh pengguna.
  6. Perangkat lunak di dalam HP yang sudah dimodifikasi.
  7. Masa garansi yang telah berakhir atau tidak berlaku.

Pastikan kamu sudah memahami semua syarat dan ketentuan di atas, agar pengajuan perbaikan HP Samsung bisa dilakukan dan diterima

Cara Cek Garansi Samsung Terbaru 2023

Cara Mengetahu Masa Garansi Samsung
Cara Mengetahu Masa Garansi Samsung

Sementara untuk cara mengetahui masa garansi HP Samsung masih berlaku atau tidak, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yang pasti, cara-cara ini sangat mudah diterapkan bahkan bagi kamu yang masih awam. Adapun cara cek garansi HP Samsung yang akurat selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Pada Dusbook HP

Cara yang pertama yakni dengan mengeceknya melalui dusbook HP Samsung tersebut. Pada dusbook biasanya terdapat informasi tanggal pembelian dari HP tersebut. Misalnya saja pada tanggal pembelian tertera angka 1 Januari 2022. Dalam hal ini masa garansi HP Samsung selama 12 bulan.

Dari data tersebut kita bisa tahu kapan waktu terakhir masa berlaku garansi HP Samsung tersebut, yakni hingga 1 Januari 2023. Sebelum waktu tersebut tentunya kamu masih bisa mengajukan garansi untuk HP Samsung milikmu tersebut.

2. Cek Pada Kartu Garansi

Saat membeli HP Samsung baru, biasanya akan diberikan kartu garansi di dalamnya. Namun tidak semua penjual mengisi data pada kartu garansinya tersebut, hanya beberapa yang mengisinya. Pada kartu garansi biasanya juga akan ditulis kapan waktu pembelian perangkat smartphone Samsung tersebut.

Dengan mengetahui kapan waktu pembelian HP Samsung, kamu bisa tahu apakah masa garansi HP masih berlaku atau sudah berakhir. Menghitungnya masih sama dengan cara di atas, yakni tidak boleh lebih dari 12 bulan dari waktu pembelian. Jika sudah lebih dari 12 bulan, tentunya masa garansi HP sudah berakhir.

3. Cek Garansi Samsung Lewat Online

Cara yang terakhir ini bisa dilakukan jika kamu kesulitan untuk menghitung sisa masa garansi HP Samsung seperti di atas. Cara ini akan memberi tahu kamu secara instan dan jelas kapan waktu masa garansi HP berakhir. Namun, untuk melakukannya kamu perlu jaringan internet agar bisa mengakses situs pengecekan garansi Samsung online.

Adapun langkah-langkah untuk mengecek masa garansi Samsung secara online selengkapnya, yakni:

Lankah 1. Cek IMEI HP Samsung

Sebelumnya kamu perlu mengecek IMEI HP Samsung yang ingin diketahui masa garansinya masih berlaku atau sudah tidak. Untuk cek IMEI HP Samsung bisa dilihat di dusbook, bagian belakang bodi HP Samsung atau dengan kode dial. Untuk cara cek IMEI Samsung dengan kode dial tersebut, yakni:

  1. Buka menu Panggilan di HP Samsung.
  2. Kemudian masuk ke tab Keypad.
  3. Selanjutnya ketik kode dial *#06# maka akan muncul halaman pop up di layar yang berisi kode IMEI HP Samsung.
  4. Selanjutnya kamu Copy atau Catat Nomor IMEI HP Samsung tersebut.

Langkah 2. Cek Masa Garansi HP Samsung

  1. Sekarang kamu buka browser di HP atau perangkat lainnya. Pastikan HP sudah terhubung ke jaringan internet.
  2. Selanjutnya kunjungi halaman website Samsung Warranty Check.
  3. Kemudian ketik nomo IMEI HP Samsung tadi pada kolom yang disediakan.
  4. Lalu klik tombol Check dan tunggu beberapa saat.
  5. Nantinya di halaman baru yang ditampilkan akan diberikan informasi mengenai perangkat HP Samsung milik Anda, termasuk masa garansinya.
  6. Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara cek garansi Samsung terbaru yang mudah dan akurat bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Cek Garansi Xiaomi yang Akurat Terbaru
Artikel SelanjutnyaCara Cek Kuota Belajar Indosat Ooredoo Terbaru
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini