Cara Cek Garansi HP Realme yang Mudah

55
Cek Garansi HP Realme
Cek Garansi HP Realme

Cek Garansi HP Realme – Realme merupakan salah satu brand smartphone android pendatang baru yang mulai menyita perhatian banyak pecinta HP android. Realme hadir dengan mengusung produk smartphone berkesan modis dan kekinian, sangat cocok dengan gaya anak jaman sekarang. Material bodinya juga dibuat dari bahan berkualitas tinggi sehingga membuatnya cukup kokoh dan tangguh. Di bagian layarnya mendukung LCD terkini dengan lapisan kaca anti-gores bawaan yang memang sudah menjadi tren untuk smartphone keluaran baru sekarang ini.

Cek Garansi HP Realme
Cek Garansi HP Realme

Bukan hanya sekedar desainnya yang modis, HP dari Realme juga mengedepankan performa kinerja yang cepat dan responsive. Hal ini didukung dari spesifikasi yang diusungnya membuat HP sangat nyaman saat dioperasikan. Beberapa seri HP sudah dirilis secara resmi oleh Realme untuk pemasaran global, termasuk di Indonesia. Meskipun HP-nya berkualitas tinggi, namun Realme tetap menawarkannya dengan harga yang terjangkau. Bahkan beberapa seri HP dari Realme bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 1 jutaan saja.

Baca Juga:

Setiap pembelian HP Realme biasanya akan diberikan garansi sebagai jaminannya. Untuk masa garansi yang diberikannya ini berbeda-beda untuk setiap seri perangkat HP Realme, mulai dari 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun dan seterusnya. Jika memang terjadi kerusakan pada HP Realme, kamu bisa melakukan klaim garansi ini untuk mendapatkan perbaikan tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Namun, kamu perlu memastikan masa garansi HP Realme milikmu masih berlaku. Untuk cara cek garansi HP Realme tersebut, bisa kamu simak ulasannya di bawah ini.

Cara Cek Garansi HP Realme yang Mudah

Sangat mudah sebenarnya untuk mengecek sisa masa garansi HP Realme, di mana kamu bisa melakukan cara ini langsung dari HP-mu. Atau bisa juga mengecek melalui perangkat lain, baik itu HP maupun PC atau laptop. Untuk mengecek masa berlaku garansi Realme, di sini kamu membutuhkan Kode IMEI dari HP Realme yang ingin dicek. Jika tidak, tentunya pengecekan masa garansi tidak akan bisa dilakukan.

Setelah mengetahui kode IMEI dari HP Realme, selanjutnya kamu gunakan IMEI tersebut untuk mengecek garansi yang berlaku atau sudah habis melalui browser. Adapun cara cek garansi HP Realme yang praktis selengkapnya, sebagai berikut:

Langakah 1. Cek IMEI HP Realme

Langkah yang pertama perlu kamu lakukan yakni mengecek nomor IMEI HP Realme. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor IMEI Realme tersebut. Pertama yakni dengan melihat nomor IMEI yang tertera pada dosbuk atau kotak Hp Realme. Biasanya IMEI akan tertera di sana yang berupa stiker dan terdapat barcode.

Kedua, melihat IMEI HP Realme bisa melalui menu Pengaturan atau Settings. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan atau Settings di HP Realme.
  2. Kemudian masuk ke opsi Tentang Ponsel atau About Phone.
  3. Kemudian pilih opsi IMEI & IP yang ada di pilihan paling bawah.
  4. Nantinya kamu bisa melihat IMEI HP Realme tersebut di bagian IMEI (Slot SIM 1) dan IMEI (Slot SIM 2).
  5. Selesai.

Ketiga, kamu juga bisa mengetahui nomor IMEI di HP Realme dengan menggunakan kode rahasia yang diakses melalui menu Panggilan. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  1. Buka menu Panggilan di HP Realme.
  2. Kemudian pada menu Keypad kamu ketik kode dial *#06#.
  3. Nantinya di layar akan muncul kotak notifikasi yang berisi informasi nomor IMEI milik kamu.
  4. Selesai.

Keempat, melihat nomor IMEI HP Realme juga bisa melalui belakang bodi HP tersebut. Pembelian HP Realme baru akan terdapat stiker di bagian belakang bodinya yang berisi nomor IMEI dari perangkat tersebut. Atau jika tidak ada, biasa nomor IMEI ini terdapat di bagian dudukan baterai yang ada di belakang bodi HP.

Langkah 2. Mengecek Masa Garansi Realme dengan IMEI

Setelah mengetahui nomor IMEI dari HP Realme yang ingin dicek, sekarang kamu bisa lanjut mencari tahu status garansi dari HP tersebut. Apakah masa garansinya masih berlaku atau sudah tidak berlaku lagi. Untuk melakukan cara ini kamu bisa memanfaatkan halaman browser dan akses internet. Untuk langkah-langkah pengecekannya sendiri, yakni:

Cara Mengetahui Masa Garansi HP Realme
Cara Mengetahui Masa Garansi HP Realme
  1. Langkah yang pertama kamu buka menu browser di perangkat HP Realme milikmu. Pastikan perangkat yang kamu gunakan untuk mengakses browser, sudah terhubung ke jaringan internet.
  2. Pada halaman browser tersebut, kamu kunjungi halaman Support / Phone Check Realme.
  3. Di halaman situs Realme ini kamu bisa langsung memasukkan IMEI yang sudah dicek tadi ke kolom yang disediakan.
  4. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Cek Sekarang. Tunggu sampai halaman baru ditampilkan, di mana pada halaman ini akan dilampirkan informasi seputar masa garansi HP Realme milikmu. Informasi tersebut lebih tepatnya tertera pada bagian Estimasi Masa Akhir Garansi.
  5. Selesai.

Jika pada informasi Estimasi Masa Akhir Garansi tertulis 1 Januari 2023, berarti kamu bisa melakukan klaim garansi sebelum tanggal yang tertera tersebut. Melebihi waktu yang sudah tertera, itu artinya masa garansi HP Realme milikmu sudah habis.

Syarat dan Ketentuan untuk Klaim Garansi HP Realme

Selain masa garansi Realme yang masih aktif, ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi agar klaim garansi bisa diterima. Adapun beberapa syarat dan ketentuan untuk mengklaim garansi HP Realme tersebut, di antaranya:

  1. Masa garansi masih berlaku atau aktif.
  2. Klaim garansi akan diterima jika kerusakan diakibatkan oleh sistem atau komponen yang error dari pabrikan.
  3. Garansi tidak berlaku jika kerusakan disebabkan oleh kecelakaan, bencana alam, kebakaran, masuknya cairan oleh pengguna, penyalahgunaan HP dan penyebab eksternal lainnya.
  4. HP Realme yang sudah diroot tidak akan bisa diklaim garansinya.
  5. Klaim garansi Realme harus menyertakan data-data valid, seperti bukti pembelian, kartu garansi, dan lain sebagainya.

Pastikan HP Realme yang ingin kamu klaim garansinya sudah memenuhi beberapa syarat yang sudah dijelaskan di atas.

Penutup

Itulah tadi cara cek garansi HP Realme yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Sembunyikan Video di VIVO Semua Tipe
Artikel SelanjutnyaCara Nonaktifkan Aktivitas Teman di Shopee
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini