Cara Cek Followers Instagram Asli atau Palsu Lewat HP

32
Cek Followers Instagram Asli atau Palsu
Cek Followers Instagram Asli atau Palsu

Cek Followers Instagram Asli atau Palsu – Berbicara mengenai platform media sosial terpopuler, salah satunya saat ini yang paling diminati adalah Instagram. Ini merupakan platform jejaring sosial yang dikembangkan oleh Facebook Inc, yang mana peminatnya datang dari berbagai belahan dunia. Fitur yang disediakan di dalamnya terbilang lengkap dan menarik, tentunya ini yang menjadi alasan kenapa banyak orang yang menyukainya. Di Instagram kita memungkinkan untuk mengunggah foto atau video dalam bentuk feed atau juga sebagai Story Instagram.

Cek Followers Instagram Asli atau Palsu
Cek Followers Instagram Asli atau Palsu

Membuat akun Instagram bisa dibilang sangat mudah, bahkan gratis. Kamu hanya perlu menyiapkan nomor HP yang aktif atau alamat email aktif untuk pembuatannya. Nomor atau email ini nantinya akan dijadikan sebagai sarana atau media untuk verifikasi diri. Membuat akun Instagram ini sendiri bisa melalui perangkat apa pun, tentunya bisa melalui aplikasi atau website resmi Instagram. Pengguna disarankan untuk melengkapi informas profilnya agar mudah dikenali oleh pengguna lain di Instagram.

Baca Juga:

Berbicara mengenai akun Instagram, salah satu yang dianggap paling penting yakni jumlah followers atau pengikut. Semakin banyak jumlah followers yang dimiliki, maka akan dianggap semakin terkenal orang tersebut. Karenanya, tidak heran banyak orang melakukan berbagai cara untuk menaikkan jumlah followers IG miliknya. Soal followers di IG, mendapatkannya bisa dengan cara manual atau menggunakan jasa. Untuk cara kedua ini, biasanya pemilik jasa akan memberikan followers yang merupakan akun palsu atau robot. Lantas, bagaimana cara cek followers Instagram asli atau palsu tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Cek Followers Instagram Asli atau Palsu Lewat HP

Cara Mengetahui Followers Instagram Asli atau Palsu
Cara Mengetahui Followers Instagram Asli atau Palsu

Berselancar di media sosial, kita sering menemukan akun dengan jumlah followers yang banyak, mulai dari ribuan, puluhan ribut, ratusan ribu, bahkan hingga jutaan. Akun dengan jumlah followers yang banyak ini biasanya menerima jasa endorsment, di mana orang boleh meminta akun tersebut untuk mempromosikan jasa atau bisnis yang dijalankannya. Namun, tentunya dengan tarif yang sudah ditentukan oleh pemilik akun.

Kamu sebagai pengguna jasa endors, sebaiknya lebih teliti lagi dalam memilih akun IG untuk tempat promosi bisnis dan jasamu. Bisa jadi followers yang banyak pada akun penyedia jasa endorsment tersebut kebanyakan adalah followers palsu alias akun fake. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian followers di akun IG tersebut. Adapun cara cek followers Instagram asli atau palsu selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengecek Followers IG Asli atau Palsu Secara Manual

Cara yang pertama ini bisa kamu lakukan secara manual, tanpa penggunaan tools atau software lainnya. Hasil yang didapat terbilang sangat akurat, namun akan menyita waktu lama untuk menyelesaikan pengecekan tersebut. Berikut langkah-langkah untuk mengetahui followers Instagram asli atau palsu secara manual, yakni:

Metode 1. Cek Interaksi Followers (Engagement)

Hal pertama perlu kamu perhatikan untuk mengetahui followers pada akun Instagram seseorang asli atau palsu yakni dengan memeriksa interaksi dari followers di akun tersebut. Misalnya sebuah akun Instagram memiliki jumlah followers sebanyak 100K, yang artinya ada 100.000 orang telah menjadi pengikut di akun tersebut. Sekarang kamu cek postingan di akun IG tersebut, lihat berapa jumlah Suka dan Komentar yang didapat. Jika jumlahnya terlalu jauh, bisa diindikasikan followersnya tersebut bukanlah orang alias akun fake.

Umumnya pada akun Instagram presentase interaksi yang didapat sekitar 2%-3% dari jumlah total followers. Atau bisa mencapai hingga 10%-20% jika konten di akun Instagram tersebut sedang viral. Jika kamu menemukan nilai interaksi pada akun IG lebih dari itu, kemungkinan itu dikirim oleh robot. Atau bisa juga lebih kecil dari nilai presentase tersebut, bisa jadi followers yang dimiliki kebanyakan palsu.

Setiap postingan di IG mendapat banyak komentar pun tidak bisa langsung dibilang followers yang dimiliki adalah asli. Periksa komentar yang ada di setiap postingan, jika tulisannya hampir mirip dengan postingan lain, maka bisa dipastikan itu adalah ulah akun robot. Misalnya saja komentarnya kebanyakan bertulis “good, good job, great, keren, love this, dll”.

Metode 2. Periksa Profil Followers

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengetahui followers asli atau palsu dengan melakukan pengecekan pada profil dari setiap followers tersebut. Kunjungi halaman profil akun IG yang ingin dicek followersnya, lalu klik pada menu Followers atau Pengikut.

Sekarang kamu buka satu per satu profil dari followers IG tersebut. Akun palsu atau fake/robot biasanya tidak memiliki foto profil. Kalau pun punya foto profil, namun gambar yang digunakan biasanya diambil dari Google dan cukup familiar kita temukan. Selain foto, jumlah followersnya biasanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Berbanding berbalik dengan itu, jumlah followingnya terbilang cukup besar. Interaksi di akun tersebut juga tidak ada atau sedikit, postingannya biasanya hasil copas atau bahkan tidak memiliki postingan.

2. Mengecek Followers IG Asli atau Palsu Menggunakan Tools

Cara di atas mungkin akan memakan waktu lama untuk melakukannya. Kalau begitu kamu bisa mencoba cara kedua ini, yakni dengan memanfaatkan tools online. Penggunaannya bisa dibilang sangat praktis dan tidak perlu tenaga yang banyak. Tools akan bekersaja secara otomatis dan akan menampilkan hasilnya untuk kamu. Tidak perlu menginstall tools, pasalnya tools tersebut berbentuk website yang bisa diakses melalui browser.

Metode 1. Cek Followers Fake atau Asli Lewat FakeCheck.co

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di HP android.
  2. Kemudian kunjungi halaman situs FakeCheck.co.
  3. Pada halaman utama situs, kamu ketik username akun IG yang ingin dicek followers engagementnya. Kemudian klik tombol CHECK ACCOUNT NOW! yang ada di bawahnya.
  4. Tunggu beberapa saat sampai situs selesai melakukan audit akun IG. Jika sudah, nanti hasilnya akan langsung ditampilkan di halaman baru.
  5. Selesai.

Situs ini gratis untuk kamu gunakan mengecek followers engagement dari akun Instagram. Namun, untuk versi gratis yang ditampilkan cukup terbatas. Karenanya harus berbayar jika ingin mendapatkan report yang lengkap.

Metode 2. Cek Followers Fake atau Asli Lewat HypeAuditor.com

  1. Langkah pertama kamu buka halaman browser di perangkat HP.
  2. Kemudian kunjungi halaman situs HypeAuditor.com.
  3. Pada halaman utama situs, kamu klik pada menu CHECK INFLUECER.
  4. Selanjutnya kamu ketik username dari akun IG yang ingin dicek followersnya. Kemudian pilih akun IG yang ditampilkan di hasil pencarian.
  5. Nantinya akan ditampilkan halaman baru yang memberikan informasi presentase engagement dari akun IG tersebut. Nilai presentase engagement normal pada akun IG yakni sebesar 2%.
  6. Selesai.

Selain informasi engagement, kamu juga memungkinkan mendapatkan informasi lebih lengkap dari akun IG tersebut dengan berlangganan versi berbayar dari situs ini.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara cek followers Instagram asli atau palsu yang paling mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi WhatsApp Call Tidak Ada Suara
Artikel SelanjutnyaVertical Stories Feed IG, Fitur Baru Adopsi dari TikTok
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini