Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak di HP Android

35
Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak
Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak

Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak – HP android dirancang dengan menyematkan berbagai fitur canggih di dalamnya. Ini gunanya untuk membantu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Kita tahu, kehadiran HP android membuat berbagai pekerjaan menjadi lebih mudah. Selain itu, HP android juga bisa menjadi hiburan terbaik ketika bosan melanda. Misalnya saja dengan memainkan game-game seru yang disediakan di dalamnya.

Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak
Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak

Di HP android juga disediakan beragam jenis aplikasi yang punya fungsi tersendiri, tentunya semua aplikasi tersebut berguna bagi pengguna. Hampir semua aplikasi android bisa kamu install dengan mudah melalui Google Play Store. Namun, biasanya di dalam aplikasi juga disediakan fitur-fitur premium yang hanya bisa diakses oleh pengguna berbayar saja. Selain di Google Play Store, aplikasi android juga bisa kamu download dari situs penyedia aplikasi lain yang tersebar di internet. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam memilih aplikasi dari luar Play Store, karena bisa saja sudah terinveksi virus atau malware.

Baca Juga:

Manfaat lain dari HP android bisa kamu nikmati sekarang ini adalah untuk mengecek apakah kartu BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau sudah kadaluwarsa. Memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif, ada berbagai keuntungan yang bisa kita dapatkan. Mulai dari Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan juga Jaminan Hari Tua. Namun, ternyata tidak semua orang tahu cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak di smartphone android. Apakah kamu juga salah satunya? Berikut ini informasi selengkapnya mengenai pengecekannya tersebut.

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak di HP Android

Cara Mengetahui BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak
Cara Mengetahui BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak

Untuk mengecek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak, setidaknya ada 3 metode yang bisa kamu terapkan. Khusus untuk pengecekan lewat HP android, sayangnya hanya 2 metode saja yang bisa dilakukan. Namun, cukup dengan salah satu dari metode tersebut sebenarnya kamu sudah bisa mengetahui apakah kartu BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau sudah mati.

Adapun cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak lewat HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Status BPJS Ketenagakerjaan di Aplikasi BPJSTKU

Cara yang pertama untuk melakukan cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak yakni melalui aplikasi yang bernama BPJSTKU. Ini merupakan aplikasi resmi dari BPJS Ketenagakerjaan yang dikhususkan untuk pengguna android. Dibekali dengan tampilan antarmuka yang sederhana, sehingga pengguna pemula pun bisa menggunakannya dengan mudah.

Di dalam aplikasi BPJSTKU ini sendiri disediakan berbagai fitur menarik untuk pengguna. Mulai dari fitur cek saldo Jaminan Hari Tua dan simulasi penghitungannya, informasi program, layanan pelaporan dan pengaduan, pendaftaran peserta baru, hingga kartu digital BPJS. Selain itu, melalui aplikasi ini juga kamu bisa mengetahui status kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki. Untuk cara pengecekannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi BPJSTKU di HP androidmu melalui LINK INI.
  • Selanjutnya kamu perlu melakukan registrasi akun terlebih dahulu.
  • Masukkan data diri sesuai data asli, mulai dari nama, tanggal lahir, NIK, hingga nomor KPJ. Lakukan registrasi sampai berhasil dan kamu mendapatkan nomor PIN.
  • Sekarang login ke akun BPJSTKU yang sudah kamu buat tadi.
  • Jika sudah berhasil masuk, selanjutnya klik pada menu Kartu Digital. Di sana kamu akan langsung mengetahui status kartu BPJS Ketenagakerjaan milikmu, apakah masih aktif atau sudah tidak.
  • Selesai.

Catatan: Selain hadir untuk platform android, aplikasi BJPSTKU juga tersedia di App Store untuk perangkat iPhone. Cara pengecekannya hampir sama seperti cara di atas.

2. Cek Status BPJS Ketenagakerjaan Lewat Website

Selain melalui aplikasi, alternatif lain untuk mengetahui status kartu BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan melalui website resminya. Tidak perlu takut datamu dicuri, pasalnya ini merupakan website resmi dari BPJS Ketenagakerjaan langsung. Cara mengecek kartu BPJS Ketenagakerjaan di website ini juga cukup mudah, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka browser di smartphone android. Kamu bisa menggunakan browser apa pun, baik itu Google Chrome, UC Browser, Opera, atau yang lainnya.
  • Kemudian kunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan melalui LINK INI.
  • Pada halaman utama situs, selanjutnya kamu klik pada menu Registrasi. Ya, sama seperti di aplikasi tadi, kamu juga perlu melakukan registrasi akun jika memang belum memilikinya.
  • Selanjutnya kamu isi formulir registrasi akun sesuai data diri kamu. Mulai dari nama, tanggal lahir, NIK, nomor HP, hingga alamat email aktif. Lakukan registrasi sesuai instruksi hingga akun berhasil dibuat.
  • Jika memang berhasil, nantinya kamu akan diberi PIN yang dikirim ke alamat email atau nomor HP yang didaftarkan tadi.
  • Sekarang kamu login ke akun BPJS Ketenagakerjaan yang sudah dibuat tadi.
  • Jika berhasil, untuk mengetahui status BPJS Ketenagakerjaan milikmu bisa dengan melalui menu Layanan. Di sana akan tertera informasi mengenai status kartu BPJS Ketenagakerjaan tersebut.
  • Selesai.

3. Datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Untuk cara yang ketiga ini kamu tidak perlu menggunakan smartphone android. Caranya yakni dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang ada di kota-mu. Pastikan kamu sudah membawa dokumen yang lengkap untuk mengecek status kepesertaanmu dalam BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Datanglah ke petugas di kantor BPJS Ketenagakerjaan dan beritahukan tujuanmu untuk mengecek status BPJS Ketenagakerjaan milikmu. Mereka akan senantiasa membantu urusanmu tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa metode untuk cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak yang paling mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.

Artikel Sebelumnya5 Pilihan Kit Medis Wajib Dibawa dalam Game PUBG Mobile
Artikel Selanjutnya3 Rekomendasi Emulator PS3 Android Ringan Terbaik
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini