Cara Upload Video Youtube Lewat HP Paling Mudah

Cara Upload Video Youtube Lewat HP – Apakah salah satu dari kamu berkeinginan menjadi seorang youtuber? Jika iya, wajib tahu dulu bagaimana cara mengupload video youtube yang baik dan benar. Tidak hanya cara uploadnya saja, konten video yang kamu upload juga harus menarik serta original. Inilah poin utama bagi seorang youtuber jika ingin video yang diunggahnya viral dan mendatangkan banyak view. Dengan begitu, secara otomatis pundi-pundi uang akan tercipta dengan sendirinya.

Cara Upload Video Youtube Lewat HP
Cara Upload Video Youtube Lewat HP

Gajian dari youtube memang sedang menjadi tren sekarang ini, tidak hanya kalangan biasa saja bahkan para artis juga banyak yang merambah ke dunia youtube. Alasan yang paling mendasar adalah youtuber bisa mendapatkan gaji selangit dari video yang diuploadnya. Sebut saja Atta Halilintar dan Ria Ricis yang menjadi raja dan ratu youtuber dengan jumlah subcriber terbanyak sekarang ini.

Baca Juga :

Namun sebelum memikirkan itu semua, terlebih dahulu kamu menguasai cara membuat dan upload video youtube yang menarik. Tidak perlu perangkat laptop atau PC, membuat dan mengunggah video youtube juga bisa dilakukan melalui HP android. Berikut ini adalah cara upload video youtube lewat HP yang perlu kamu tahu.

Cara Upload Video Youtube Lewat HP Paling Mudah

Upload video youtube langsung dari Galeri HP

Cara upload video youtube lewat HP yang pertama bisa kamu lakukan dengan langsung dari menu Galeri di smartphone. Cara ini bisa dilakukan jika video yang ingin diunggah sudah diedit dan rapi. Kamu juga sudah memberikan intro dan akhiran video agar semakin menarik. Untuk cara edit video youtube-nya sendiri kamu juga bisa melakukannya melalui HP android dengan memanfaatkan aplikasi edit video gratis di Google Play Store.

Jika memang videonya sudah diedit dan siap untuk diupload, selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut ini :

1. Langkah pertama kamu cari lokasi dimana kamu menyimpan video youtube yang akan diupload.

2. Setelah videonya ketemu, kamu tinggal menekan selama beberapa detik hingga muncul tanda Centang. Lihat pada bagian bawah, ada beberapa opsi video yang bisa dilakukan yakni Tambah ke Album, Kirim/Share dan juga Hapus. Untuk cara upload video youtube lewat HP, silahkan kamu klik Kirim/Share.

3. Nantinya kamu akan diberikan beberapa pilihan platform yang ingin dikirimkan video, seperti Instagram, WhatsApp, Youtube hingga Bluetooth. Silahkan kamu pilih Youtube untuk melanjutkan langkah pengupload-an video.

4. Jika kamu sudah punya channel youtube sebelumnya, nantinya kamu akan langsung dibawa ke halaman tambahkan detail video yang ingin diupload. Tapi jika ternyata belum punya channel youtube, maka kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Kamu akan langsung diarahkan ke halaman untuk membuat channel baru, silahkan isi nama channel dan klik Buat Channel.

5. Halaman penambahan detail video akan muncul, kamu harus mengisi beberapa opsi atau detail video. Mulai dari judul video yang sesuai, deskripsi video, privasi, hingga tag untuk videonya. Selain mengisi detail video, disini kamu juga bisa melakukan pengeditan, salah satunya menambahkan thumbnail youtube agar video tampak lebih menarik.

6. Jika sudah mengisi semua detail video tersebut, kamu tinggal klik ikon Panah yang ada di pojok kanan atas untuk melanjutkan pengapload-an video ke youtube. 

7. Tunggu hingga video berhasil diupload, sekarang kamu bisa menyaksikannya langsung di menu Channel Saya. Bagikan video youtube-mu ke akun media sosial agar lebih banyak orang yang menyaksikannya.

Upload video youtube dari aplikasi

Cara upload video youtube lewat HP yang kedua adalah dengan melalui aplikasi youtube android. Kamu tinggal menginstall Aplikasi Youtube melalui Google Play Store lalu buat atau masuk ke akun youtube kamu. Pastikan kamu sudah punya channel youtube untuk tempat mengupload video. Jika sudah, ikuti langkah-langkah upload video youtube dari HP berikut ini:

1. Langkah pertama kamu tinggal buka langsung aplikasi youtube di HP android.

2. Pada halaman utama yotube, kamu tinggal pilih Upload Video atau ikon seperti Kamera. Cari video yang akan diupload dari Galeri HP kamu. Pastikan video yang ingin diupload sudah diedit dan siap untuk diunggah.

3. Selain mengupload video dari Galeri HP, kamu juga bisa melakukan rekaman langsung melalui kamera HP. Tapi cara ini tentu kurang efektif, karena video yang hasilkan masih berantakan karena belum dilakukan editing.

4. Jika sudah, tunggu proses upload berhasil. Sampai disini kamu perlu mengisi detail video youtube yang ingin diupload. Kamu perlu mengisi judul, deskripsi, privasi video, dan juga tag atau tagar. Tambahkan juga Thumbnail Youtube yang unik dan menarik agar semakin banyak orang yang menonton video kamu.

5. Share juga ke akun sosial media pribadi agar videomu bisa menjangkau lebih banyak orang.

Penutup

Itulah tadi cara upload video youtube lewat HP bisa kamu terapkan. Tidak perlu perangkat PC atau laptop untuk bisa membuat dan mengunggah videomu di youtube. Siapkah kamu mendapat banyak uang dari youtube?