Cara Upload Video dari FB ke Status WA di Android

17
Cara Upload Video dari FB ke Status WA
Cara Upload Video dari FB ke Status WA

Cara Upload Video dari FB ke Status WA – Facebook dan WhatsApp berada di bawah naungan perusahaan yang sama yakni Facebook Inc. Keduanya menjadi aplikasi jejaring sosial yang banyak diminati di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tidak lain hal ini terwujud karena keseriusan dari pemiliknya dalam melakukan pengembangan. Mulai dari memperbaiki sistem keamanan data, menambahkan berbagai fitur canggih hingga melakukan update secara berkala. WhatsApp sendiri bahkan bisa dibilang sebagai aplikasi chatting online pilihan utama hampir semua pengguna smartphone.

Cara Upload Video dari FB ke Status WA
Cara Upload Video dari FB ke Status WA

Untuk Facebook, pengguna memungkinkan untuk membuat akun secara gratis cukup dengan mengandalkan nomor HP atau email. Bahkan satu pengguna diperbolehkan untuk memiliki lebih dari 1 akun Facebook. Di dalamnya pengguna bisa mengunggah apa pun, termasuk juga mengunggah video yang menarik. Namun, tentunya ada batasan atau ketentuan pada video yang akan diupload di akun Facebook tersebut. Misalnya saja video tidak boleh menampilkan adegan sensitif, tidak boleh membagikan film secara ilegal dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai postingan video di Facebook, ternyata kita bisa membagikannya ulang ke platform lain. Misalnya saja membagikan video dari Facebook sebagai Status WhatsApp. Meskipun mudah, ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara share video dari Facebook ke status di WhatsApp ini. Apakah kamu juga belum mengetahuinya? Tidak perlu bingung, karena pada artikel ini akan dibahas secara lengkap cara upload video dari FB ke Status WA tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Upload Video dari FB ke Status WA di Android

Cara Mengunggah Video dari FB ke Status WA
Cara Mengunggah Video dari FB ke Status WA

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membagikan ulang video dari Facebook ke status WhatsApp. Yang pasti cara-cara ini sangat mudah untuk diterapkan di perangkat HP android, bahkan bagi kalian yang masih awam. Adapun cara upload video dari Fb ke status WA di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Fitur Bagikan atau Share

Cara yang paling mudah untuk mengunggah video yang ada di Facebook ke status WA, yakni dengan memanfaatkan fitur Bagikan atau Share. Fitur ini bisa ditemukan di Facebook, baik saat mengaksesnya melalui perangkat PC, tablet ataupun smartphone android. Cara melakukannya pun sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Facebook di perangkat smartphone android.
  2. Pastikan kamu sudah login ke akun Facebook pribadi dengan memasukkan nomor HP atau email dan passwordnya.
  3. Pada halaman Beranda Facebook, kamu cari video yang ingin diupload ke status WA. Kamu bisa memanfaatkan fitur Pencarian atau yang lainnya.
  4. Putar video tersebut dengan cara klik tombol Play, maka kamu akan dibawa ke halaman baru dan video akan diputar di sana.
  5. Di bagian bawah video, kamu klik menu Bagikan atau Share (ikon seperti arah panah).
  6. Nantinya akan muncul halaman pop up di bawah layar, selanjutnya kamu pilih ikon WhatsApp untuk membagikannya ke sana.
  7. Pada halaman kirim ke WhatsApp, kamu pilih opsi Status Saya lalu konfirmasi. Maka video dari Facebook tadi akan langsung dibagikan ke halaman status WhatsAppmu.
  8. Selesai.

Catatan: Selain mengakses Facebook dari aplikasi, kamu juga bisa mengaksesnya melalui halaman situs Facebook melalui browser. Cara untuk membagikan video FB ke status WA di situs Facebook HP ini hampir sama dengan cara di atas.

2. Menonton Video Hingga Selesai dan Bagikan

Sementara untuk cara yang kedua ini hanya bisa dilakukan jika kamu menemukan video menarik saat scolling beranda FB. Biasanya ada saja video yang muncul di sana, baik teman yang membagikannya atau video dari Grup dan Halaman. Video yang muncul tersebut harus kamu tonton terlebih dahulu hingga selesai tanpa perlu meng-kliknya. Karena itulah, kamu perlu mengaktifkan fitur Putar Video Otomatis di aplikasi Facebook HP. Untuk cara mengaktifkannya, yakni:

  1. Buka aplikasi Facebook di perangkat HP android dan login ke akun Facebook pribadi.
  2. Pada halaman Beranda Facebook, kamu klik menu Tiga Garis yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  3. Kemudian opsi Pengaturan & Privasi, lalu klik pada opsi Pengaturan.
  4. Gulir ke bawah, kemudian pilih opsi Media.
  5. Pada bagian opsi Putar Otomatis, kamu beri centang pada opsi “Dengan Wi-Fi Saja” atau “Dengan Data Seluler dan Wi-Fi”.
  6. Selesai.

Setelah mengaktifkan fitur putar video otomatis di FB, maka saat scrolling di Beranda FB video yang muncul akan langsung diplay secara otomatis. Sementara untuk cara membagikan video FB tersebut ke status WA, berikut langkah-langkahnya:

  1. Putar video yang muncul di Beranda FB hingga selesai.
  2. Jika sudah, nantinya di tampilan video akan muncul dua opsi. Salah satunya adalah opsi Kirim ke WhatsApp.
  3. Kamu klik saja pada opsi tersebut untuk membagikan videonya ke WhatsApp.
  4. Kemudian lanjutkan dengan klik Status Saya yang ada di halaman Kirim Video ke WhatsApp.
  5. Dengan demikian video akan langsung dibagikan ke statusmu di WhatsApp.
  6. Selesai.

3. Download Video dari Facebook Lalu Upload di Status WhatsApp

Dan untuk cara yang ketiga ini kita bisa mengunduh terlebih dahulu video yang ada di Facebook dan menyimpannya di Galeri HP. Kemudian video tersebut nantinya bisa langsung ditambahkan atau diupload ke Status WA. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

Langkah 1. Download Video dari Facebook

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Facebook di perangkat smartphone.
  2. Kemudian login ke akun Facebook pribadimu.
  3. Pada halaman Beranda Facebook, kamu cari video yang ingin didownload. Mencarinya bisa melalui kolom Pencarian atau yang lainnya.
  4. Jika sudah ketemu, selanjutnya kamu putar video tersebut.
  5. Kemudian klik menu Tiga Titik yang ada di pojok kanan atas video.
  6. Selanjutnya pilih opsi Salin Tautan atau Copy Link.
  7. Kalau sudah, sekarang kamu keluar dari aplikasi Facebook. Kemudian buka browser dan kunjungi situs SaveFrom.net.
  8. Pada halaman situs tersebut, kamu Paste atau Tempel video Facebook tadi pada kolom yang tersedia di sana. Kemudian klik tombol Unduh yang ada di sebelah kanan kolom URL.
  9. Tunggu beberapa saat sampai preview video ditampilkan di bawah kolom URL tadi. Kemudian klik tombol Unduh yang ada di sebelah kanan video preview. Kamu juga bisa menentukan kualitas video yang ingin didownload.
  10. Dengan demikian video akan langsung tersimpan di Galeri HP.

Langkah 2. Upload Video ke Status WhatsApp

  1. Selanjutnya kamu buka aplikasi WhatsApp di perangkat HP android.
  2. Kemudian masuk ke tab Status.
  3. Lalu klik pada menu Status Saya.
  4. Lanjutkan dengan pilih video Facebook yang sudah didownload tadi.
  5. Tambahkan caption jika diperlukan.
  6. Kalau sudah, selanjutnya kamu klik tombol Kirim untuk mengupload video ke status WA.
  7. Selesai.

Selain situs SaveFrom.net, kamu juga bisa memanfaatkan situs video Facebook downloader lain yang ada di internet. Atau bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi video Facebook downloader yang tersedia di Google Playstore. Download dan pasang aplikasi tersebut lalu gunakan untuk menyimpan video dari Facebook ke menu Galeri di HP.

Penutup

Itulah tadi cara upload video dari FB ke status WA di HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Filter di Zoom HP Android yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Mematikan Notifikasi FB di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini