Cara Upload Foto ke Google di HP Android

32
Cara Upload Foto ke Google di HP
Cara Upload Foto ke Google di HP

Cara Upload Foto ke Google di HP – HP android hadir dengan berbagai fitur canggih di dalamnya, yang mana fitur-fitur ini dihadirkan untuk membantu mempermudah aktivitas harian pengguna. Misalnya saja fitur kamera yang berguna untuk mengabadikan momen dalam bentuk foto maupun video. Selain itu, ada pula fitur NFC yang berguna saat ingin melakukan pembayaran secara virtual atau pengecekan saldo di kartu. Lebih dari itu, masih ada banyak lagi fitur lainnya yang disediakan di dalam smartphone android.

Cara Upload Foto ke Google di HP
Cara Upload Foto ke Google di HP

Berbicara mengenai foto atau video, umumnya kita menyimpannya di memori internal ataupun memori eksternal. Namun, tentu ada batasan kapasitas untuk penyimpanannya tersebut, tergantung dari besarnya kapasitas memori yang dimiliki. Semakin banyak fotor yang disimpan tentunya akan semakin banyak pula ruang penyimpanan yang dibutuhkan. Karena hal ini beberapa pengguna memanfaatkan penyimpanan cloud untuk meminimalisir memori HP yang penuh. Beruntungnya saat ini sudah ada banyak pilihan layana cloud storage gratis yang bisa digunakan oleh pengguna.

Baca Juga:

Menyimpan file foto di penyimpanan awan atau cloud storage ternyata bukan menjadi satu-satunya cara untuk menyimpan foto secara online. Kita juga bisa mengunggah foto tersebut ke server Google, yang mana cara ini juga gratis untuk dilakukan. Yang menarik lagi, foto yang diupload ke Google ini memungkinkan untul muncul di halaman pencarian, khususnya di tab Gambar pada Google Search. Meski demikian, tidak banyak pengguna yang tahu cara upload foto ke Google di HP android tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Upload Foto ke Google di HP Android

Cara Unggah Foto ke Google di HP
Cara Unggah Foto ke Google di HP

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengupload foto atau gambar ke Google melalui HP android. Cara ini bahkan sangat mudah untuk diterapkan, khususnya bagi kamu yang masih awam dalam hal ini. Untuk melakukannya pastikan smartphone androidmu sudah terhubung ke jaringan internet. Cara ini akan memakan kuota internet, besarannya sesuai dengan ukuran gambar yang akan diupload.

Adapun cara upload foto ke Google di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Upload Foto Lewat Blog

Cara yang pertama untuk mengupload foto atau gambar ke Google yakni dengan melalui blog. Google sendiri menyediakan layanan pembuatan blog yang diberi nama Blogger, di mana layanan ini bisa digunakan secara gratis. Kamu bisa membuat blog terlebih dahulu di blogger, kemudian gunakan halaman blog tersebut untuk mengupload fotomu.

Langkah 1. Menyiapkan Akun Google

Langkah yang pertama kamu harus sudah punya akun Google. Bahkan bagi pengguna smartphone android hal ini wajib untuk dimiliki agar HP bisa berfungsi maksimal dan bisa mengakses semua layanan dari Google.

Akun Google sendiri sama dengan akun Gmail, di mana kamu bisa mendaftar secara gratis. Syaratnya hanya harus memiliki nomor HP, yang mana nomor HP ini nantinya akan digunakan untuk menerima kode verifikasi sebagai bukti bahwa pendaftaran akun ini benar-benar dilakukan oleh kamu. Mendaftar akun Google bisa melalui situs Gmail.com, lalu pilih Buat Akun. Diasumsikan di sini kamu sudah memiliki akun Google di perangkat smartphonemu.

Langkah 2. Membuat Akun Blogger

Selain akun Google, kamu juga perlu membuat akun Blogger yang akan dijadikan media untuk mengunggah foto atau gambar. Bagi kamu yang belum tahu cara membuatnya, ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browser di perangkat smartphone androidmu.
  2. Kemudian kunjungi halaman situs Blogger.com.
  3. Pada halaman utama situs kamu klik menu Sign In yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  4. Kemudian masuk ke akun Blogger menggunakan akun Google atau akun Gmail yang kamu punya.
  5. Selanjutnya kamu diminta untuk memasukkan Nama Profil Blogger. Ketik nama sesuai keinginan, lalu klik tombol Lanjut ke Blogger.

Langkah 3. Membuat Blog Baru dan Upload Foto

  1. Pada halaman profil blogger, sekarang kamu klik tombol Buat Blog Baru. Kemudian masukkan Nama Blog, URL Blog, dan pilih Template Blog sesuai keinginan. Lanjutkan dengan klik tombol Buat Blog.
  2. Blog sudah berhasil kamu buat, sekarang klik tombol Postingan Baru untuk membuat post baru.
  3. Pada halaman membuat postingan, kamu klik ikon Sisipkan Gambar. Kemudian pilih opsi Upload dari Komputer.
  4. Halaman pop up akan muncul, selanjutnya kamu klik tombol Pilih File lalu cari dan pilih gambar atau foto yang ingin diupload. Konfirmasi dengan klik Upload untuk mulai memasukkan gambar.
  5. Selanjutnya atur gambar atau foto tersebut hingga tampilannya pas di halaman blog. Kamu bisa mengatur posisi foto, ukuran foto, deskripsi / caption, Alt text dan teks judulnya.
  6. Jika sudah, sekarang kamu klik tombol Publikasikan yang ada di bagian pojok kanan atas.
  7. Selesai.

2. Upload Foto Lewat Google Foto

Selain cara di atas, ada alternatif lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengunggah foto ke Google. Berbeda dengan Blogger, foto yang diupload melalui Google Photo ini tidak akan muncul di pencarian Google. Ini tentunya sangat cocok dipilih bagi kamu yang lebih mengedepankan privasi. Pasalnya, foto yang sudah diunggah hanya bisa dilihat jika kamu sudah login menggunakan akun yang digunakan saat mengunggahnya saja.

Untuk langkah-langkah mengunggah foto melalui Google Foto di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Browser di perangkat HP android.
  2. Kemudian kunjungi situs Google Foto atau dengan klik LINK INI.
  3. Pada halaman tersebut, selanjutnya kamu login menggunakan akun Google yang kamu miliki.
  4. Jika sudah berhasil login, sekarang kamu klik menu Buat. Kemudian pilih opsi Album, yang berarti di sini kamu akan membuat album sebagai tempat fotonya nanti.
  5. Selanjutnya kamu beri nama Album yang dibuat tersebut.
  6. Jika sudah, sekarang klik opsi Tambahkan Foto dan pilih opsi Pilih dari Perangkat atau Pilih dari Komputer.
  7. Sekarang kamu cari dan pilih foto yang ingin dimasukkan ke dalam album di Google Foto tersebut. Di sini kamu bisa mengunggah beberapa foto sekaligus untuk disimpan di Google Foto, caranya berikan tanda centang pada foto yang ingin ditambahkan.
  8. Selanjutnya klik tombol Upload. Tunggu beberapa saat sampai semua foto berhasil diupload.
  9. Selesai.

Selain menggunakan layanan Google Photo, kamu juga bisa menggunakan Google Drive untuk penyimpanan foto secara online. Syaratnya sama yakni kamu harus sudah punya akun Google untuk bisa mengakses Google Drive. Foto yang sudah diupload ke Google Foto atau Google Drive ini nantinya bisa kamu akses dari perangkat lain dengan mudah, asalkan kamu sudah login dulu ke akun Google yang digunakan untuk mengunggah foto tersebut sebelumnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara upload foto ke Google di HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimy ya?

Artikel SebelumnyaCara Mengubah Alamat IP HP Android yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Mematikan Notifikasi Youtube di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini