Cara Upload Foto di Pinterest HP Android

46
Cara Upload Foto di Pinterest HP
Cara Upload Foto di Pinterest HP

Cara Upload Foto di Pinterest HP – Jika dibandingkan dengan Instagram, Pinterest bisa dibilang masih kalah populer. Namun, Pinterest tersebut memiliki kalangan peminatnya sendiri, yang mana platform ini sudah lebih dulu hadir sejak dulu dibandingkan dengan Instagram. Pinterest menjadi salah satu platform berbagi foto atau video dalam bentuk Pin yang dimasukkan ke dalam Papan. Kamu sebagai pengguna bebas ingin mengupload apa pun di akun Pinterest dan membagikannya ke media sosial lainnya.

Cara Upload Foto di Pinterest HP
Cara Upload Foto di Pinterest HP

Yang menjadi salah satu keunggulan dari Pinterest adalah kemudahan bagi kita untuk mengelompokkan Pin yang berupa foto atau video unggahan ke dalam Papan sesuai dengan kategorinya. Misalnya saja kamu ingin membuat Papan khusus untuk tempat Pin bertema foto keluarga, tema liburan, tema tips dan lain sebagainya. Bahkan menariknya lagi, kamu juga bisa menjadikan Pin dari pengguna lain ke dalam Papan yang telah kamu buat di akun Pinterest. Jadi, tidak perlu repot-repot mendownload dan menguploadnya ulang di akun Pinterestmu.

Baca Juga:

Berselancar di Pinterest, mungkin kamu menemukan foto atau video unggahan dari pengguna lain dan ingin menyimpannya di Galeri. Sayangnya di Pinterest belum disediakan fitur untuk download foto atau video dari Pinterest tersebut. Solusinya kamu bisa menggunakan aplikasi foto/video downloader Pinterest atau situs downloader Pinterest yang bisa ditemukan di internet. Akan tetapi, untuk soal upload Pin di Pinterest terbilang sangat mudah, bahkan kamu bisa melakukannya melalui perangkat HP android. Berikut ini cara upload foto di Pinterest HP android yang bisa kamu simak dan terapkan.

Cara Upload Foto di Pinterest HP Android

Cara Upload Foto di Pinterest Android
Cara Upload Foto di Pinterest Android

Untuk mengupload foto atau video kamu di Pinterest melalui HP android, setidaknya ada 2 cara yang bisa kamu gunakan. Kedua cara yang dimaksud yakni mengunggah foto lewat aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Kamu bisa memilih cara mana saja yang dianggap paling mudah dan praktis untuk diterapkan.

Adapun cara upload foto di Pinterest HP android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Upload Foto di Pinterest HP Menggunakan Aplikasi

Cara yang paling mudah untuk mengupload foto di akun Pinterst yakni dengan menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi yang dimaksud di sini yakni aplikasi Pinterest yang bisa kamu download dan install melalui Google Playstore. Atau bisa juga mengunduh file APK Pinterest tersebut melalui situs penyedia aplikasi android lain di internet.

Cara melakukannya pun sangat mudah dan simpel, bahkan kamu yang masih pemula pun tidak akan kesulitan menerapkannya. Untuk langkah-langkah selengkapnya, yakni:

  • Pertama kamu download dan install aplikasi Pinterest di HP melalui Google Playstore.
  • Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi Pinterest tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu perlu login ke akun Pinterest yang kamu miliki. Jika masih belum punya, maka kamu perlu mendaftar akun Pinterest terlebih dahulu menggunakan akun e-mail.
  • Jika sudah berhasil masuk, sekarang kamu klik menu Porfil atau icon Foto Profil yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  • Kemudian kamu klik ikon Tambah (+) yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Lalu kamu pilih opsi Pin. Jika ini baru pertama kali kamu lakukan, biasanya aplikasi akan meminta izin akses pada Galeri dan Penyimpanan HP. Klik tombol Berikutnya, lalu pilih Izinkan.
  • Selanjutnya kamu pilih foto yang ingin diupload ke akun Pinterestmu. Selain itu, kamu juga bisa langsung mengambil foto lewat kamera dengan cara klik ikon Kamera yang ada di sana. Jika sudah, sekarang kamu klik tombol Berikutnya.
  • Lengkapi foto unggahan tersebut dengan Judul, Deskripsi dan juga Situs Web Tujuan atau Link Tautan. Isi sesuai dengan tema dari foto yang kamu pilih tersebut. Jika sudah, sekarang klik tombol Berikutnya.
  • Kemudian kamu pilih Papan yang ingin digunakan untuk menyimpan Pin (foto unggahan) tersebut, jika sebelumnya kamu pernah membuat Papan. Atau jika tidak ada yang cocok, maka kamu bisa membuat Papan baru untuk foto tersebut dengan klik Buat Papan.
  • Setelah memilih Papan tempat menyimpan Pin, sekarang kamu klik tombol Simpan untuk mengunggahnya.
  • Selesai.

Dengan cara ini kamu sudah berhasil membuat Pin baru di akun Pinterest yang berupa foto. Meskipun sudah diupload, kamu masih bisa mengeditnya dengan cara klik pada Pin tersebut lalu klik Tiga Titik yang ada di pojok kanan atas dan klik Edit. Kamu bisa mengubah judul, deskripsi atau link tautan untuk Pin tersebut. Serta juga di sana terdapat pilihan untuk menghapus Pin jika kamu menginginkannya.

2. Upload Foto di Pinterest HP Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika menurutmu menginstall aplikasi tambahan di HP cukup merepotkan, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan di android, melainkan memanfaatkan browser bawaan yang ada di dalamnya. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka browser yang ada di HP androidmu, baik itu Google Chrome atau browser bawaan dari vendor.
  • Selanjutnya kamu kunjungi situs Pinterest, kemudian login ke akun Pinterest milikmu. Jika masih belum punya akun Pinterest, maka kamu perlu mendaftar terlebih dahulu.
  • Pada halaman dasboard akun Pinterest, sekarang kamu klik menu Foto Profil yang ada di bawah tampilan.
  • Kemudian klik tombol Tambah (+) yang ada di bagian kanan atas tampilan.
  • Lanjutkan dengan pilih opsi Foto, lalu kamu pilih foto yang ingin diupload ke akun Pinterest.
  • Selanjutnya kamu lengkapi foto tersebut dengan Judul, Deskripsi dan juga Link Tujuan.
  • Kemudian kamu pilih Papan yang ingin digunakan untuk menaruh Pin tersebut. Atau kamu bisa klik Buat Papan untuk membuat Papan baru.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Simpan untuk mengupload Pin tersebut.
  • Selesai.

Cara kedua ini bisa dibilang lebih praktis karena kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan di HP. Namun, untuk langkah-langkah upload fotonya tidak telalu berbeda jauh dengan cara upload lewat aplikasi Pinterest di atas.

Penutup

Itulah tadi dua cara upload foto di Pinterest HP android yang mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri yang Ampuh
Artikel SelanjutnyaCara Cek HP Sudah Support MHL atau Belum Paling Akurat
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini