Cara Update Google Play Terbaru yang Mudah

Cara Update Google Play Terbaru – Google Play Store bisa dibilang sebagai gudangnya aplikasi dan game android. Di sini kamu bisa menemukan aplikasi apa saja, dan hampir semua aplikasi Google Play Store bisa diinstall secara gratis. Meski demikian, terkadang ada pula fitur-fitur premium dalam aplikasi yang hanya diperuntukkan bagi pengguna berbayar. Ada pula aplikasi yang sepenuhnya gratis, namun terdapat iklan yang muncul saat kamu menjalankan apliaksi tersebut.

Cara Update Google Play Terbaru
Cara Update Google Play Terbaru

Layaknya aplikasi lain di android, Google Play Store terkadang mengalami beberapa masalah error. Misalnya saja Google Play Store yang tidak bisa dibuka atau sering keluar sendiri. Masalah seperti ini memang bisa saja dialami oleh semua pengguna Android, dan penyebabnya pun beragam. Selain itu, masalah lain yang sering dialami pengguna android yakni tidak bisa install aplikasi lewat Google Play Store. Saat mengalami masalah seperti ini, pastinya bikin kesel banget kan?

Baca Juga:

Salah satu cara untuk mengatasi masalah yang terjadi di Google Play Store tersebut yakni dengan melakukan update. Mungkin saja Google Play Store yang kamu gunakan merupakan versi lama, sehingga perlu update ke versi terbaru. Sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana cara mengupdate Google Play Store ke versi terbaru tersebut. Apakah kamu juga termasuk salah satunya? Kalau begitu kamu perlu simak cara update Google Play Terbaru berikut ini.

Cara Update Google Play Terbaru yang Mudah

Cara Update Google Play Store Terbaru
Cara Update Google Play Store Terbaru

Untuk melakukan update Google Play ke versi terbaru, setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu gunakan. Metode yang pertama yakni mengupdate Google Play Store dengan file APK. Sementara metode yang kedua yakni tanpa file apk alias update versi Google Play Store secara otomatis.

Adapun langkah-langkah untuk update Google Play Store ke versi paling baru selengkapnya, sebagai berikut:

1. Update Google Play Store Tanpa APK

Cara yang pertama untuk mengupdate Google Play Store ke versi terbaru yakni dengan menginstall secara otomatis. Di sini kamu tidak perlu mengunduh file apk Google Play Store untuk melakukan update ke versi terbaru. Cukup dengan beberapa step mudah kamu sudah bisa mengupdate Google Play Store tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka Google Play Store di HP androidmu.
  • Pada halaman utama aplikasi, selanjutnya kamu klik ikon tiga garis horizontal yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  • Akan tampil beberapa opsi di sisi kiri layar, selanjutnya Anda klik pada opsi Setelan atau Settings.
  • Scroll ke bawah sampai Anda menemukan opsi Versi Play Store atau Play Store Version. Selanjutnya kamu klik pada opsi tersebut.
  • Jika memang ada versi Google Play Store versi baru, maka sisten akan langsung meminta izin untuk mendownload dan menginstall versi terbarunya. Untuk opsi ini biasanya akan muncul notifikasi pop up bertulis “A new version of Google Play Store will be downloaded and installed”. Kamu tinggal klik tombol OK untuk melanjutkan update Google Play Store.
  • Namun, jika Google Play Store sudah dalam versi baru maka yang muncul di notifikasi pop up yakni tulisan “Google Play Store is up to date”. Berarti kamu tidak perlu lagi melakukan update Google Play Store ke versi terbaru.

2. Update Google Play Store dengan File APK

Jika cara di atas tidak berhasil, maka cara yang kedua ini bisa kamu jadikan alternatif. Berbeda dengan cara di atas, di sini kamu perlu mengunduh terlebih dahulu file APK Google Play Store-nya. Namun yang perlu diingat, jangan mengunduh file APK Google Play Store di sembarang situs. Pastikan situs yang kamu kunjungi tersebut sudah terpercaya dan aman pastinya.

Jika mengunduh file APK Google Play Store dari situs abal-abal, bisa jadi file APK tersebut sudah disisipi virus atau malware. Tentunya ini akan sangat membahayakan HP jika virus atau malware sampai masuk ke dalamnya. Adapun cara update Google Play terbaru dengan file APK selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama pastinya kamu perlu mengunduh file APK Google Play Store-nya.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu buka file tersebut dan install seperti biasa.
  • Sebelum menginstall, pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur install aplikasi dari sumber tidak dikenal. Caranya masuk ke menu Pengaturan >> pilih opsi Pengaman >> pilih opsi Instal aplikasi yang tdk dikenal >> kemudian tinggal kamu aktifkan fitur tersebut.
  • Tunggu sampai proses menginstalan Google Play Store sampai selesai.

Sekarang kamu sudah berhasil mengupdate Google Play Store ke versi yang terbaru. Sekarang berbagau masalah yang terjadi di Google Play Store akan segera teratasi. Tidak hanya itu, beberapa fitur terbaru dalam aplikasi mungkin bisa juga kamu temukan dan gunakan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara update Google Play terbaru yang paling mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.