Cara Update Aplikasi Android untuk Pemula

62
Cara Update Aplikasi Android
Cara Update Aplikasi Android

Cara Update Aplikasi Android – Seperti yang kita tahu, di perangkat HP android kita bisa dengan bebas menginstall dan menghapus aplikasi apa pun yang ada di dalamnya. Untuk soal aplikasi, pengguna bisa dengan mudah menemukannya di Google Playstore. Berbagai macam aplikasi bisa ditemukan dan diinstall dengan mudah di perangkat HP android. Namun, kamu perlu membuat akun Google terlebih dahulu agar bisa mengakses Google Playstore tersebut. Tenang saja, membuat akun Google ini gratis dan hanya membutuhkan informasi data diri dan nomor HP saja sebagai verifikasi.

Cara Update Aplikasi Android
Cara Update Aplikasi Android

Selain melalui Google Playstore, kita juga bisa mengunduh file aplikasi dan game tertentu dari situs penyedia aplikasi android lain. Berbeda dengan Google Playstore, melalui situs tersebut kamu akan mendapatkan file APK yang nantinya bisa kamu pasang atau install secara manual diperangkat android. Menginstall aplikasi berbasis APK biasanya juga dilakukan oleh pengguna yang ingin menikmati fitur premium di aplikasi dan game secara gratis. File APK tersebut sudah dimodifikasi atau yang dikenal dengan aplikasi MOD dan game MOD. Jika memang sudah bosan dengan aplikasi yang ada, kamu juga bisa dengan mudah melakukan uninstall atau penghapusan aplikasi.

Baca Juga:

Memasang aplikasi di HP android, biasanya pengguna perlu melakukan update versi dari aplikasi tersebut. Kita tahu setiap developer biasanya selalu rutin menyediakan versi terbaru dari aplikasi dan game besutannya. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki bug pada aplikasi, menambahkan fitur baru, serta menambah item di dalamnya. Untuk melakukan update aplikasi android ini sendiri, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan. Adapun cara update aplikasi android yang mudah selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Update Aplikasi Android untuk Pemula

Cara Perbarui Aplikasi Android
Cara Perbarui Aplikasi Android

Seperti yang dijelaskan di atas, beberapa metode bisa diterapkan untuk melakukan update aplikasi ke versi terbaru. Kamu bisa memilih sendiri cara mana yang dianggap lebih mudah dan ingin diterapkan. Yang pasti, cara-cara ini sama mudahnya untuk dilakukan bahkan bagi kamu yang masih awam. Mengenai cara update aplikasi android terbaru selengkapnya, sebagai berikut:

1. Update Secara Manual di Google Playstore

Cara yang pertama dan bisa dibilang lebih mudah dilakukan yakni dengan mengupdate versi aplikasi android melalui Google Playstore. Cara ini adalah yang paling banyak digunakan, khususnya bagi mereka yang menonaktifkan fitur update otomatis di Google Playstore. Kita tahu, mengaktifkan fitur ini akan sangat boros kuota data.

Adapun langkah-langkah untuk memperbarui versi aplikasi di android melalui Google Playstore tersebut, yakni:

  • Pertama pastikan HP sudah terhubung ke jaringan internet, baik itu menggunakan data seluler ataupun jaringan wifi.
  • Sekarang kamu buka Google Playstore yang ada di HP android.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik foto Profil yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Kemudian masuk ke opsi Kelola Aplikasi & Perangkat.
  • Selanjutnya kamu klik pada tab Kelola, kemudian pilih opsi Unpdate Tersedia yang ada di bawah tab tersebut.
  • Di sana akan ditampilkan daftar aplikasi yang tersedia versi terbarunya dan perlu diupdate. Kamu pilih aplikasi yang ingin diupdate ke versi terbaru.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Update atau Perbarui.
  • Tunggu hingga proses update aplikasi selesai.

Catatan: Bisa juga melakukan update beberapa aplikasi sekaligus dengan memberi tanda centang pada aplikasi yang ingin diupdate pada halaman Update Tersedia seperti di atas. Kemudian kamu klik ikon Update yang ada kanan atas tampilan.

2. Update Aplikasi Android Secara Otomatis

Jika kamu tidak ingin ribet mengupdate versi aplikasi di android secara manual, cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Kamu bisa mengaktifkan opsi update aplikasi otomatis di Google Playstore. Dengan demikian, sistem akan melakukan update secara otomatis jika memang tersedia versi aplikasi terbaru yang tersedia.

Untuk cara mengaktifkan fitur update aplikasi otomatis di Google Playstore ini sendiri terbilang mudah. Berikut ini langkah-langkah untuk pengaktifannya tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka Google Playstore di HP android.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik Foto Profil yang ada bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Kemudian kamu pilih opsi Setelan.
  • Terdapat beberapa opsi di sana, selanjutnya kamu masuk ke opsi Preferensi Jaringan.
  • Kemudian klik pada opsi Update Otomatis Aplikasi.
  • Lalu pilih salah satu dari opsi Melalui Jaringan Apa pun dan Melalui Wi-Fi saja.
  • Jika sudah dipilih, sekarang klik tombol Selesai.

Jika memilih opsi Melalui Jaringan Apa pun, maka sistem akan secara otomatis melakukan update versi aplikasi saat HP terhubung ke internet. Baik itu saat terhubung melalui data seluler ataupun jaringan wifi. Sementara jika memilih opsi Melalui Wi-Fi, maka update otomatis aplikasi hanya dilakukan jika HP terhubung melalui jaringan wifi.

3. Update Aplikasi Android Lewat Situs Lain

Untuk cara yang ketiga ini disarankan untuk diterapkan bagi kamu yang menginstall aplikasi android berbasis APK atau aplikasi yang tidak tersedia di Google Playstore. Caranya hampir sama seperti saat kamu menginstall aplikasi dari luar Playstore pertama kali. Hanya saja, kali ini kamu mendownload versi terbarunya dan melakukan install ulang.

Untuk langkah-langkah melakukan update aplikasi dari situs penyedia aplikasi di internet tersebut, yakni:

  • Pertama kamu lakukan uninstall atau penghapusan aplikasi di HP yang ingin diupdate ke versi terbaru. Jika memang aplikasi tersebut membutuhkan login akun, pastikan kamu ingat data loginnya.
  • Sekarang kunjungi situs penyedia aplikasi android yang ada di internet, misalnya saja APKPure.
  • Kemudian cari aplikasi android yang ingin kamu update ke versi terbaru. Jika sudah ketemu, selanjutnya kamu download file APK aplikasi versi terbaru yang disediakan.
  • Jika sudah, sekarang kamu cari file APK dari aplikasi yang sudah didownload tadi. Biasanya akan tersimpan di folder Download atau APK.
  • Klik pada file APK aplikasi tersebut, kemudian klik tombol Install yang ada di notifikasi pop up yang muncul.
  • Tunggu sampai proses instalasinya selesai. Sekarang kamu sudah berhasil memperbarui aplikasi ke versi terbaru.
  • Selesai.

Catatan: Jika memang aplikasi meminta izin akses, maka kamu perlu memberikanya dengan masuk ke menu Pengaturan >> Keamanan >> Install Aplikasi yang Tidak Dikenal >> Aktifkan izinnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara update aplikasi android ke versi terbaru yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Blokir Iklan Pop up di Android yang Ampuh
Artikel Selanjutnya4 Cara Mudah Keluar Mode Odin Samsung
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini