Cara Unroot HP Android Semua Tipe Termudah

200
Cara Unroot HP Android
Cara Unroot HP Android

Cara Unroot HP Android – Bagi kamu yang suka dengan aktivitas oprek sistem android, pasti sudah sangat familiar sekali dengan root android. Ya, mengoprek sistem android tidak akan bisa dilakukan sebelum HP android di-root. Melakukan root android berarti membuka sistem keamanan sistem sehingga nantinya bisa dimodifikasi sesuka hati. Tidak hanya untuk soal oprek sistem android, root biasanya diperlukan ketika seseorang ingin menginstall aplikasi tertentu. Aplikasi yang dimaksud yakni jenis aplikasi yang memang disediakan khusus untuk HP telah di-root.

Cara Unroot HP Android
Cara Unroot HP Android

Melakukan rooting smartphone android umumnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Biasanya bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi untuk rooting HP android khusus. Ada banyak sekali aplikasi untuk rooting HP android yang bisa kamu gunakan. Sebaiknya hanya mencari dan menginstallnya dari Google Play Store, agar HP aman dari malware atau hacker. Hanya saja, HP android yang sudah di-root biasanya akan lebih rawan terserang virus atau malware. Karena hal inilah banyak pengguna yang akhirnya ingin mengembalikan HP ke kondisi normal alias unroot. Apakah bisa?

Baca Juga:

HP android yang sudah di-root ternyata masih bisa di-unroot lagi agar kembali ke kondisi normal. Namun, ternyata tidak semua pengguna tahu bagaimana cara unroot HP android tersebut. Sama halnya dengan root android, unroot smartphone juga sangat mudah dilakukan. Bahkan kalian yang masih pemula pun bisa melakukannya dengan tanpa kendala. Informasi selengkapnya mengenai cara melakukan unroot HP android selekapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Unroot HP Android Semua Tipe Paling Mudah

Perlu kamu tahu, unroot merupakan langkah yang berfungsi untuk menghilangkan akses penuh pengguna pada sistem android. Artinya pengguna tidak bisa lagi melakukan oprek HP android, layaknya HP pada umumnya. Ada banyak sekali manfaat melakukan unroot HP android, mulai dari memaksimalkan keamanan sistem, melakukan update sistem android, mencegah kerusakan HP dan lain sebagainya.

Sama halnya melakukan root android, unroot juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi khusus. Ada banyak jenis aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk unroot HP android, seperti Kingroot, SuperSu, Magisk, dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula cara alternatif lain untuk unroot HP android tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. Semua cara tersebut akan saya bahas pada ulasan berikut ini.

1. Unroot HP Android dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Unroot HP Android dengan Aplikasi Pihak Ketiga
Unroot HP Android dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Seperti yang dijelaskan tadi, unroot HP android bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi-aplikasi tersebut umumnya disediakan secara gratis. Namun, untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap bisa menggunakan aplikasi versi premium alias berbayar. Setidaknya ada 3 jenis aplikasi unroot HP android yang paling populer digunakan, yakni SuperSU, KingRoot, dan juga Magisk.

Menggunakan Aplikasi KingRoot

Selain berfungsi untuk me-root HP android, aplikasi KingRoot juga dibekali fitur yang memungkinkan kamu untuk melakukan unroot. Untuk langkah-langkah menggunakannya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu install aplikasi KingRoot di HP androidmu.
  • Jika sudah, sekarang jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu masuk ke Menu lalu pilih opsi Remove Root Permission.
  • Tinggal tunggu proses unroot hingga selesai. Sekarang HP sudah dalam keadaan unroot alias normal kembali.
  • Cobalah restart HP android terlebih dahulu sebelum digunakan lagi.
  • Selesai.

Menggunakan Aplikasi Magisk

Dibandingkan aplikasi lainnya, Magisk menjadi salah satu aplikasi management root yang paling kaya fitur. Selain bisa melakukan unroot, aplikasi Magisk juga banyak digunakan untuk rooting HP android. Mengenai cara unroot HP android menggunakan aplikasi Magisk, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu install aplikasi Magisk di HP androidmu.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu pilih opsi Uninstall.
  • Biasanya ada 3 pilihan uninstall di Magisk yakni, Uninstall APP (untuk menghapus akses rooting saja, tanpa modul magisk yang terinstall), Restore Image (untuk mengembalikan jenis file Boot.img ke bawaan android, Complete Uninstall (untuk menghapus akses root secara penuh).
  • Kamu tinggal pilih salah satu dari 3 pilihan unroot tersebut sesuai keinginan.
  • Selesai.

Menggunakan Aplikasi SuperSU

Selanjutnya ada aplikasi bernama SuperSU yang juga merupakan aplikasi untuk memanage root android. Aplikasi satu ini juga memungkinkankan kamu gunakan untuk root maupun unroot HP android. Mengenai langkah-langkah unroot android dengan SuperSU selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu install aplikasi SuperSU di HP androidmu.
  • Kemudian langsung jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu masuk ke menu Setting atau Pengaturan.
  • Selanjutnya pilih opsi Unroot Penuh.
  • Kamu tinggal menunggu proses unroot hingga selesai.
  • Lakukan restart HP android sebelum digunakan kembali.
  • Selesai.

2. Unroot HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Unroot HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan
Unroot HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Selain cara di atas, masih ada alternatif lain untuk unroot HP android yang tidak kalah mudahnya. Di sini kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan yang pastinya sangat mudah dan efektif. Setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu gunakan, yakni dengan reset ulang dan juga flash ulang HP android.

Factory Reset HP Android

Akses root di android akan hilang secara otomatis jika HP di-reset. Tapi perlu kamu tahu, melakukan reset HP android akan membuat semua data di dalamnya akan hilang secara permanen. Baik itu file, dokumen hingga aplikasi terinstall pastinya akan hilang. Karena itulah, sebalum melakukan reset sebaiknya kamu lakukan backup data HP terlebih dahulu.

Untuk melakukan factory reset HP android bisa kamu lakukan dengan cara, yakni melalui Pengaturan dan juga lewat Recovery Mode. Untuk reset HP android melalui menu Pengaturan, yakni dengan masuk ke menu Pengaturan >> pilih opsi Cadangkan dan Setel Ulang >> klik pada opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Flash Ulang HP Android

Selain reset, melakukan flash ulang HP android juga memungkinkan untuk menghilangkan akses penuh (root) pengguna. Namun, flash ulang hanya direkomendasikan untuk kalian yang sudah sangat paham akan sistem android. Karena jika gagal, hal ini akan membuat HP android menjadi bermasalah. Misalnya saja HP tidak masuk ke sistem android, layar blank dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara unroot HP android semua tipe yang paling mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Kunci Galeri di Android Semua Tipe
Artikel SelanjutnyaCara Membuat Barcode Lokasi Google Maps Paling Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini