Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 7 Pro Violet

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 7 Pro – Xiaomi dengan sub-brandnya yakni Redmi memberikan gebrakan baru dengan peluncuran Redmi Note 7 dan Redmi Note 7 Pro. Kedua varian tersebut sebenarnya sama, hanya pada segi dapur pacunya yang dibuat lebih tinggi dari seri standar. Tapi sayangnya, untuk wilayah Indonesia mungkin tidak bisa mencicipi keganasan dari  Redmi Note 7 Pro Violet. Karena pihak developer hanya menjual seri tersebut di india saja. Meski begitu, kamu masih bisa membelinya lewat jalur distributor.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 7 Pro
Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 7 Pro

Membeli Redmi Note 7 Pro lewat distributor mungkin kamu akan mendapatkan smartphone dengan ROM MIUI abal-abal alias tidak resmi. Karena itulah, untuk bisa menggantinya dengan ROM MIUI resmi, maka kamu harus melakukan flashing HP. Flashing HP juga masih belum bisa dilakukan sebelum kamu melakukan cara unlock bootloader Xiaomi Redmi Not 7 Pro. Sistem lock booloader sendiri memang diterapkan untuk tindakan meminimalisir produk HP KW atau replika.

Baca Juga:

Mungkin kalian akan sedikit bingung bagaimana cara UBL Redmi Note 7 Pro. Tenang saja, karena pada artikel ini saya sudah merangkumkan tutorialnya untuk kamu. Selain bisa melakukan flashing, unlock bootloader Redmi Note 7 Pro juga memiliki keuntungan lain seperti bisa melakukan root,  ngoprek sistem android, dan lain sebagainya. Lain dari itu, ada pula kekurangan UBL Redmi Note 7 Pro yang pastinya perli dipertimbangkan.

Kelebihan dan Kekurangan UBL Redmi Note 7 Pro

Sebelum lanjut ke cara unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 7 Pro, perlu kamu tahu juga keuntungan dan kerugian yang akan kamu dapatkan. Berikut ini ada kelebihan dan kekurangan UBL Xiaomi Redmi Note 7 Pro yang harus kamu tahu.

Kelebihan UBL Redmi Note 7 Pro, antara lain:

  • Bisa mengaktifkan Mode Fastboot
  • Agar bisa melakukan rooting HP
  • Agar bisa melakukan flashing HP
  • Supaya bisa mengcustom kernel atau recovery
  • Bisa mengatasi masalah bootlop, brick, dan masalah lainnya

Kekurangan UBL Redmi Note 7 Pro, antara lain:

  • Jika masih ada garansi, UBL akan membuatnya tidak berlaku lagi
  • Sistem keamanan HP menurun sehingga mudah terserang virus
  • Bisa menyebabkan matot jika kamu tidak hati-hati melakukannya

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 7 Pro

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugian melakukan UBL pada Redmi Note 7 Pro, selanjutnya adalah cara UBL-nya. Sangat mudah untuk melakukan unlock bootloader pada Redmi Note 7 Pro, bahkan bagi kamu yang merupakan pengguna baru sekalipun. Untuk langkah-langkah selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Proses Mengunduh Aplikasi Mi Flash Unlock

1. Pertama adalah dengan terlebih dahulu membuat akun Xiaomi atau Mi Account pribadi langsung dari HP. Silahkan kamu masuk ke menu Setting dan cari opsi buat Mi Account.

2. Setelah berhasil membuat Mi Account, selanjutnya kamu harus mengunduh Mi Flash Unlock melalui situs resminya. Kunjungi situs resminya DISINI, lalu login terlebih dahulu dengan Mi Account yang sudah dibuat sebelumnya. Perlu diingat, jangan sekali-kali mengunduh Mi Flash Unlock melalui situs lain, karena bisa jadi berisi virus.

Proses Add Account and Device

3. Lanjut ke settingan di HP, kamu perlu mengaktifkan “Mode Developer Options”. Caranya cukup mudah, kamu tinggal masuk ke menu “Setting” lalu pilih “About Phone”. Pada bagian “MIUI Version” kamu perlu melakukan klik sebanyak 7 kali berturut-turut.

4. Setelah “Mode Developer Options” diaktifkan, kamu bisa masuk ke mode tersebut untuk melanjutkan langkah-langkahnya. Caranya cukup mudah, kamu tinggal masuk ke menu “Setting” lalu klik pada opsi “Additional Settings”. Di dalam mode tersebut kamu juga harus mengaktifkan “USB Debugging” dan juga “OEM Unlock”.

5. Langkah selanjutnya kamu tinggal masuk ke menu “Mi Unlock Status” dan kemudian klik pada opsi “Add Account and Device”. Proses integrasi “Account and Device” hingga berhasil diasosiasikan biasanya membutuhkan waktu yang agak lama. Bisa jadi proses tersebut membutuhkan waktu 1 sampai 3 hari. Jika berhasil nantinya akan ada notifikasi bertuliskan “Added Succesfully. Mi Account is associated with this device now”.

Proses UBL Redmi Note 7 Pro

6. Selanjutnya adalah langkah-langkah unlocking Redmi Note 7 Pro. Disini kamu membutuhkan laptop atau PC dan juga aplikasi Mi Flash Unlock. Install terlebih dahulu aplikasi Mi Flash Unlock di PC atau laptop dan jangan jalankan dulu.

7. Matikan HP Redmi Note 7 Pro, lalu masuk ke Mode Fashboot. Untuk masuk ke mode tersebut kamu tinggal menekan kombinasi tombol “POWER + Volume Down” secara bersamaan dalam detik hingga HP bergetar atau muncul tulisan di layar.

8. Setelah itu, kamu perlu menghubungkan HP ke PC atau laptop menggunakan kabel USB.

9. Sekarang mulailah menjalankan aplikasi Mi Flash Unlock yang sudah kamu install di PC atau laptop tadi. Pastikan kamu membukanya dengan cara “Klik kanan aplikasi >> Run Administrator”.

10. Selanjutnya kamu perlu juga melakukan “Disable Driver Signature Enforcement”. Cara ini dilakukan untuk meminimalisir risiko kegagalan UBL Redmi Note 7 Pro.

11. Pada halaman utama aplikasi, silahkan kamu login ke Mi Account yang sudah kamu buat sebelumnya. Setelah itu, langsung saja mulai proses unlock dengan cara klik pada tombol “Unlock” yang ada di bagian bawah. Tunggu proses unlocking hingga selesai.

Penutup

Itulah tadi cara unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 7 Pro yang bisa kamu terapkan. Kegagalan UBL mungkin bisa saja kamu dapati, ini hal yang wajar untuk Mi Account yang masih baru. Untuk meminimalisir kegagalan tersebut sebaiknya kamu menunggu waktu setidaknya 1-2 minggu Mi Account  login di HP. Kemungkinan besar cara UBL akan langsung berhasil dalam 1 kali percobaan.