Cara Unlock Bootloader Semua Tipe HP Xiaomi

Cara Unlock Bootloader Semua Tipe HP Xiaomi

Cara Unlock Bootloader Semua Tipe HP Xiaomi – Seperti yang kita ketahui bahwa merk ponsel pintar Xiaomi sendiri sangat lah laris di pasaran asia tenggara khusus nya di negara kita Indonesia ini, yang mana membuat vendor ini memiliki banyak sekali smartphone plagiat atau xiaomi palsu yang beredar juga di pasaran. Oleh karena itu pada pertengahan tahun 2016 lalu, semua ROM yang di pasarkan oleh Xiaomi sudah menggunakan sistem Locked Bootloader. Hal tersebut berdampak buruk bagi pengguna mereka yang suka mengoprek smartphone Xiaomi miliknya, karena mengakibatkan hp Xiaomi tidak bisa lagi di Root, Custom ROM, XPOSED, memang TWRP, dan masih banyak lagi. Nah oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan kamu tips untuk membuka boogloader tersebut.

Pada dasarnya di semua perangkat smartphone android mempunyai sistem Bootloader yang berguna untuk menjalankan sistem Kernel OS agar ia melakukan Booting secara normal. Sebab dari setiap hp saja mempunyai berbagai jenis komponen atau hardware yang berbeda – beda dan juga operasi sistem android sendiri bersifat Open Source, maka dari itu setiap OEM memiliki tipe versi bootloader nya sendiri yang mana telah menyesuaikan dengan komponen hardware yang sedang digunakan. Sebetulnya system locked bootloader ini sendiri telah banyak di terapkan oleh vendor – vendor besar smartphone sejak beberapa tahun lalu sebelum Xiaomi menerapkannya kepada produk mereka, sebab banyak OEM tersebut mau para penggunanya tetap memakai ROM yang sebelumnya sudah di rancang untuk perangkat hp itu.

 Baca Juga :

Yang jadi masalah ketika sistem bootloader di kunci adalah kita sebagai pengguna tidak bisa untuk melakukan custom recovery, flashing, maupun custom rom hampir mustahil sekali. Jadi sangat tidak mungkin walaupun bisa di buka bootloader tersebut, di beberapa OEM akan melakukan pembatalan garansi hp mereka secara otomatis. Satu – satunya solusi adalah membuka bootloader (Unlock Bootloader) pada hp kamu supaya bisa melakukan custom rom, root, dan lain sebagainya sehingga dapat memuaskan hasyrat kita dalam bertindak dengan segala fitur yang ada. Cara yang akan bukandroid terapkan kali ini akan dapat bekerja dengan lancar pada ponsel Xiaomi tipe Miyu 3, U5, 3 Pro, Redmi Note 3, Redmi 4, Note 3 Pro, dan lain nya yang keluar pada tahun 2016 ke atas.

Cara Unlock Bootloader Semua Tipe HP Xiaomi

Sebelum kalian menerapkan langkah – langkah bagaimana unlock bootloader pada hp Xiaomi di bawah ini, penting untuk kamu ketahui terlebih dulu kelebihan serta kekurangan yang akan terjadi nanti ketika anda sudah melakukan unlock bootloader tersebut. Hal ini sangat penting untuk kalian ketahui karena nanti anda tidak akan lagi menyesal dengan segala apa yang terjadi, dan juga jika kamu belum siap untuk menerapkan langkah ini setidaknya masih ada waktu untuk menjeda nya dan melakukan hal ini di lain hari.

Kekurangan setelah melakukan Unlock Bootloader pada ponsel Xiaomi :

  • Beberapa aplikasi yang memerlukan tingkat keamanan tinggi seperti halnya dengan aplikasi perbankan kemungkinan tidak akan bisa terinstall, terkecuali ponsel tersebut sudah di root.
  • Garansi smartphone itu akan hangus secara otomatis, hal ini sudah jelas seperti yang sudah saya katakan di atas. Jadi kalau anda mau service hp Xiaomi pada SC Xiaomi maka sebaiknya bootloader kamu sudah dalam keadaan terkunci lagi atau locked bootloader.
  • Semua data pada memory internal akan hilang sesudah melakukan UBL (Unlock BootLoader).
  • Keamanan hp akan lemah dan sangat rentan akan serangan virus jenis malware, yang mana akan mengakibatkan hilang maupun di curi nya data penting anda.
  • Jika gagal ketika sedang menginstall OS maka akan mengakibatkan Softbrick, bahkan lebih parah yaitu mati total.

Kelebihan setelah melakukan Unlock Bootloader pada ponsel Xiaomi :

  • Memingkatkan performa kinerja hp dengan melakukan modifikasi sistem atau mengisntall tweak sehingga akan menambah daya kerja software.
  • Akan bisa mengcostum ROM, TWRP, Rooted, memasang XPOSED, dan masih banyak lagi.
  • Mudah mengatasi masalah besar seperti BootLoop, Bricked, dan lain – lain.
  • Setelah anda membuka bootloader, maka bisa mengunci nya lagi dengan menyelesaikan terlebih dulu batas waktu yang sebelumnya sudah di berikan.

Syarat Untuk Melakukan Unlock Bootloader

  • Mempunyai kabel USB.
  • Memiliki akun MI dan sudah terupdate supaya dapat melakukan unlock.
  • Izin unlock melalui link disini. http://en.miui.com/unlock/
    MI Flash Unlock.

Cara Resmi Tanpa Resiko Unlock Bootloader Xiaomi

1. Request Akses Izin Untuk Unlock Bootloader

  1. Langkah pertama adalah mengunjungi situs resmi MI disini.
    Klik opsi menu Unlock Now.

    Request Akses Izin Untuk Unlock Bootloader

  2. Pada halaman tersebut silahkan login dengan menggunakan Akun MI kamu melalui Email maupun Facebook. Kalau tampil dengan bahasa China, kamu dapat mengubahnya dengan memilih opsi Bahasa Indonesia pada bagian bawah halaman.

    Request Akses Izin Untuk Unlock Bootloader

  3. Setelah login berhasil, maka secara otomatis kamu akan di arahkan kedalam halaman Unlock Your Mi Device.
  4. Kemudian lanjut dengan mengisi kolom formulir yang sudah tersedia. Jangan lupa untuk menggunakan nomer yang sudah teraktivasi dengan hp Xiaomi kami. Dan juga isikan kah alasan kamu kenapa hendak mau melakukan unlock bootloader dengan menggunakan bahasa Inggris/China.

    Request Akses Izin Untuk Unlock Bootloader

  5. Jika sudah terisi semua kolom pada form, lanjut dengan menekan opsi Apply Immediately.
  6. Tidak lama dari mengirim form tadi anda akan menerima SMS Verification, dan masukkan Kode tadi pada halaman MI dan klik Next.

    Request Akses Izin Untuk Unlock Bootloader

  7. Pada tahap ini yang harus kalian lakukan hanyalah menunggu hingga mendapat izin yang telah di setujui oleh pihak MIUI, normal nya 3 sampai 30 hari di jam kerja mereka.

2. Cara Resmi Xiaomi Proses Unlock Bootloader

  1. Download terlebih dahulu Tool MI Flash nya langsung dari situs resmi Xiaomi disini.
  2. Login lah menggunakan akun MI anda pada smartphone Xiaomi yang hendak mau di Unlock Bootloader.
  3. Masuk ke dalam menu Pengaturan akun Mi.
  4. Lalu Extract Mi Unlock yang sudah anda download tadi.
  5. Kemudian lanjut dengan membuka aplikasi miflash_unlock.exe dari folder hasil extract tadi.
  6. Tekan tombol Agree untuk menyetujui.
  7. Lanjut dengan memasukkan kembali alamat Email, No HP kamu untuk login kembali menggunakan Akun MI.
  8. Jika sudah, segera matikan smartphone Xiaomi yang hendak mau di Unlock.
  9. Selanjutnya nyalakan kembali dengan Mode Fastboot > ketika hp dalam keadaan mati silahkan kalian menekan tombol Volume Bawah dan Tombol Power secara bersamaan. Jika berhasil maka akan muncul logo Fastboot seperti gambar di bawah ini.

    Cara Resmi Xiaomi Proses Unlock Bootloader

  10. Setelah itu hubungkan lah hp kamu ke PC dengan menggunakan Kabel USB.
  11. Pada saat hp sudah terbaca aplikasi, lanjut dengan menekan UNLOCK.
    Maka secara otomatis proses unlock bootloader akan berjalan selama beberapa detik saja.
  12. Selamat, sampai disini kalian sudah berhasil melakukan Unlock Bootloader.

Penutup

Baik itulah tadi beberapa langkah aman untuk melakukan unlock bootloader pada ponsel Xiaomi, semoga dengan ada nya artikel ini akan bermanfaat bagi kalian dan orang banyak, jangan lupa share artikel ini, terimaksih.