Cara Unlock Bootloader OPPO Terbaru untuk Pemula

190
Cara Unlock Bootloader OPPO Terbaru
Cara Unlock Bootloader OPPO Terbaru

Cara Unlock Bootloader OPPO Terbaru – OPPO termasuk salah satu brand smartphone yang beredar di Indonesia dan cukup banyak diminati hingga sekarang ini. OPPO memiliki banyak alasan kenapa orang-orang kepincut untuk membeli produk smartphone yang ditawarkannya. Salah satunya adalah dukungan kamera di HP OPPO yang super keren dan hasil fotografi memuaskan. Selain kamera, komponen lain di HP OPPO juga terbilang berkualitas tinggi sehingga akan memaksimalkan performa kinerjanya. HP OPPO juga dibanderol dengan harga cukup terjangkau, menjadi alasan lain kenapa banyak orang suka dengan produk HP besutannya tersebut.

Cara Unlock Bootloader OPPO Terbaru
Cara Unlock Bootloader OPPO Terbaru

Sebagai pengguna HP OPPO, terkadang kita perlu melakukan flashing atau pembaruan ROM/firmware agar performa HP tetap bagus dan dapat dioperasikan. Pada beberapa tipe HP OPPO di dalamnya tidak dibekali dengan Mode Recovery, sehingga kita perlu memasang tool recovery secara manual. Tool recovery yang sering digunakan untuk HP OPPO khususnya yakni TWRP dan CWM. Kita perlu memasangnya terlebih dahulu di HP android, baru nantinya bisa digunakan sebagai langkah memasang firmware baru. Baik itu, firmware original yang diunduh langsung dari situs resmi OPPO atau menggunakan custom ROM. Namun, pemasangan TWRP atau CWM tidak akan bisa dilakukan jika HP OPPO belum diunlock bootloader.

Baca Juga:

Unlock Bootloader bisa diibaratkan sebagai langkah untuk membuka kode atau kunci keamanan pada HP OPPO. Dengan melakukan unlock bootloader ini kita mendapatkan hak akses pada HP untuk melakukan langkah lebih lanjut, seperti rooting ataupun flashing HP. Namun, sayangnya masih banyak pengguna yang belum tahu cara untuk meng-unlock bootloader di HP OPPO tersebut. Tidak perlu bingung, pasalnya pada artikel kali ini akan dijelaskan cara unlock bootloader OPPO terbaru yang bisa kalian ikuti nantinya. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Apa Itu Unlock Bootloader?

Unlock Bootloader merupakan suatu tindakan untuk membuka kunci atau kode keamanan pada sebuah perangkat smartphone berbasis android. Kabanyakan HP android terbaru memang hadir dengan lock bootloader. Hal ini akan membatasi pengguna untuk melakukan langkah yang berbahaya bagi perangkat android, seperti rooting, pemasangan script, penggunaan tool dan lain sebagainya.

Unlock bootloader umumnya dilakukan sebagai langkah awal untuk rooting smartphone android. Ada juga pengguna yang melakukan unlock bootloader demi bisa memasang tool TWRP atau CWM sebagai langkah melakukan flashing atau update ROM. Dengan cara ini juga memungkinkan untuk kita memasang custom ROM di HP android.

Melakukan unlock bootloader pada perangkat HP android ternyata ada kerugian yang bisa dialami. Kerugian meng-unlock bootloader HP android tersebut yakni dapat membuat garansi hangus atau tidak berlaku, tidak dapat menerima update OTA (Update OS Android dari Vendor), sistem keamanan HP menjadi lemah, dan lain sebagainya.

Cara Unlock Bootloader OPPO Terbaru untuk Pemula

Jika kamu sudah memantapkan keyakinan untuk meng-unlock bootloader HP OPPO milikmu, maka persiapkan dulu beberapa syarat yang diperlukan untuk melakukannya. Beberapa persyaratan untuk melakukan unlock bootloader pada HP OPPO tersebut, antara lain:

  • Perangkat PC atau Laptop.
  • Kabel data / kabel USB.
  • ADB & Fastboot Tools.
  • OPPO USB Driver for Windows.
  • Daya baterai HP OPPO minimal tersisa 50%.
  • Sudah melakukan backup data penting di HP OPPO.

Jika semua syarat di atas sudah dipenuhi, sekarang kita bisa lanjut untuk melakukan unlock bootloader pada HP OPPO. Cara melakukannya ini bisa dibilang sangat mudah dan tidak butuh langkah-langkah yang panjang. Adapun cara unlock bootloader OPPO terbaru yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

Langkah 1. Mengaktifkan USB Debugging di HP OPPO

  1. Untuk mengaktifkan USB Debugging, perlu kita mengaktifkan Opsi Developer atau Developer Option terlebih dahulu di HP OPPO.
  2. Caranya dengan buka menu Pengaturan >> Tentang Ponsel >> Pita Dasar & Kernel >> ketuk sebanyak 7X pada bagian Nomor Kompilasi atau Build Number. Biasanya akan muncul notifiaksi kalau Opsi Developer sudah diaktifkan.
  3. Jika sudah, sekarang kembali ke halaman Pengaturan.
  4. Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Tambahan.
  5. Lanjutkan dengan pilih Opsi Developer atau Developer Option.
  6. Cari dan aktifkan opsi Unlock OEM dengan menggeser tombol slidernya ke arah kanan.
  7. Gulir ke bawah hingga menemukan opsi Debugging USB, dan aktifkan dengan menggeser tombol slidernya ke arah kanan.

Langkah 2. Ekstrak File ADB & Fastboot Tools dan Install OPPO USB Driver

  1. Sekarang kamu hidupkan PC atau laptop yang ingin digunakan untuk membantu proses unlock bootloader OPPO.
  2. Cari dan ekstrak file ADB & Fastboot Tools yang sudah disiapkan tadi. Kemudian masuk ke dalam folder ADB & Fastboot Tools yang sudah diekstrak. Selanjutnya tekan tombol Shift + klik kanan di mouse dan pilih Open Command Window Here.
  3. Lakukan cari file USB OPPO Driver for Windows yang sudah didownload tadi.
  4. Buka file tersebut dan lakukan penginstalan driver sesuai instruksi yang diberikan.

Langkah 3. Melakukan Unlock Bootloader OPPO

Cara Unlock Bootloader HP OPPO
  1. Jendela Command Line ADB akan ditampilkan di layar PC atau laptop.
  2. Sekarang kamu hubungkan HP OPPO ke PC atau laptop menggunakan kabel USB.
  3. Pastikan HP sudah terhubung dan terdeteksi di PC atau laptop. Untuk mengeceknya, kamu ketik perintah “adb device” di jendela Command Line ADB tadi lalu tekan enter. Jika sudah terhubung maka akan muncul nama device di sana.
  4. Selanjutnya ketik perintah “adb reboot bootloader” dan enter, maka HP akan melakukan restart dan masuk ke Mode Fastboot.
  5. Jika sudah, sekarang ketik perintah “fastboot oem unlock” atau “fastboot oem unlock-go” di Command Line ADB lalu tekan Enter. Tunggu hingga prosesnya selesai dan terdapat tulisan Finished.
  6. Dan terakhir ketik perintah “fastboot reboot” lalu Enter.
  7. Selesai.

Nantinya HP akan melakukan restart dengan sendirinya, tunggu saja hingga menyala. Jika sudah kamu tinggal mencabut HP dari sambungan ke PC atau laptop. Sekarang kamu sudah berhasil melakukan unlock bootloader pada HP OPPO milikmu.

Penutup

Itulah tadi cara unlock bootloader OPPO terbaru yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Menghilangkan Notifikasi Berita di UC Browser HP
Artikel SelanjutnyaCara Menghapus Adware Android Paling Ampuh
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini