Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Live L1 ZA550KL

Cara unlock bootloader Asus Zenfone Live L1 – Asus Zenfone Live L1 ZA550KL merupakan salah satu smartphone entry-level dari Asus yang cukup menyita perhatian. Pasalnya smartphone terbarunya ini hadir dengan spesifikasi mumpuni, namun dengan paduan spesifikasi yang unggulan. Di dalamnya sudah disematkan chipset Qualcomm Snapdragon 425 yang berpadu dengan RAM 2GB. Paduan tersebut bakal menghasilkan performa kinerja yang mumpuni untuk berbagai kegiatan mobile.

Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Live L1
Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Live L1 ZA550KL

Selain spesifikasi dan harga yang cukup kompetitif, Asus bisa kamu unlock bootloader agar bisa bebas melakukan banyak hal. Salah satu hal yang bisa dilakukan setelah smartphone di-UBL (unlock bootloader) adalah rooting smartphone. Bahkan menariknya lagi, kamu bisa melakukan cara unlock bootloader Asus Zenfone Live L1 secara official alias resmi. Ini karena pihak Asus sudah memberikan support untuk cara ini.

Baca Juga:

Melakukan UBL atau unlock Bootloader mungkin akan cukup sulit dilakukan pada merek smartphone lain. Tapi tidak untuk Asus Zenfone karena aplikasi untuk UBL sendiri sudah disediakan di website resminya. Berikut ini cara unlock bootloader Asus Zenfone Live L1 ZA550KL bisa kamu terapkan.

Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Live L1 ZA550KL

Lock bootloader merupakan sistem dari vendor yang bertujuan untuk mencegah semakin maraknya produk KW atau replika. Pengguna harus melakukan UBL atau unlock bootloader jika ingin melakukan root atau oprek sistem android. Lock bootloader ini sendiri mulai diterapkan oleh masing-masing vendor smartphone semenjak tahun 2016 lalu.

Sebelum melakukan cara unlock bootloader Asus Zenfone Live L1 ZA550KL, perlu kamu tahu dulu beberapa konsekuensi yang harus diterima. Konsekuensi melakukan UBL pada Asus Zenfone Live L1 ZA550KL, antara lain:

  • Tidak bisa di lock bootloader kembali
  • Jika ada garansi, maka masanya akan hilang
  • Tidak bisa melakukan update OTA secara berkala
  • Sistem android akan lebih mudah terserang virus karena tingkat keamanan yang berkurang

Setelah mengetahui konsekuensi UBL Asus Zenfone Live L1 ZA550KL di atas, apakah kamu tetap ingin melakukannya? Jika memang tekadmu sudah bulat, terapkan langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan unlock bootloader pada Asus Zenfone Live L1.

  1. Pertama kamu perlu mengunduh aplikasi unlock bootloader yang memang disedikan khusus oleh pihak Asus. Klik DISINI untuk mengunduh file aplikasinya. Setelah masuk pada halaman web, silahkan kamu pilih “Android” pada pilihan OS yang tersedia. Tinggal unduh langsung file UnlockTool yang disediakan.
  2. Setelah berhasil diunduh, selanjutnya install aplikasi Unlock Bootloader seperti biasa. Kamu harus mengaktifkan “Unknown Source” untuk melanjutkan proses penginstalan aplikasi UBL. Mengaktifkan opsi tersebut diwajibkan karena disini kamu menginstall aplikasi yang tidak disediakan di Google Play Store. Alasannya aplikasi dari luar Google Play Store akan selalu dianggap sebagai file mengandung virus oleh sistem android. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari Asus yan pasti aman.
  3. Selanjutnya buka aplikasi Unlock Bootloader yang sebelumnya sudah dilakukan penginstalan.
  4. Nanti kamu akan mendapati syarat dan ketentuan dari aplikasi. Lakukan scroll sampai ke bagian terbawah, lalu ceklist pada kotak persetujuan (Agree).
  5. Selesai. Asus Zenfone Live L1 ZA550KL sudah berhasil di-unlock bootloader. Melakukan root atau oprek android sudah bisa kamu lakukan sekarang.

Kegagalan Saat Unlock Bootloader Asus Zenfone Live L1 ZA550KL

Meskipun cara UBL Asus Zenfone Live L1 ZA550KL terbilang simple dan mudah, tetapi tidak menutup kemungkinan kamu bisa gagal melakukannya. Kegagalan saat unlock bootloader Asus Zenfone Live L1 bisa karena kesalahan sistem android atau masalah lainnya. Gagal melakukan unlock bootloader biasanya akan ditandai dengan notifikasi fail atau gagal.

Cara mengatasi gagal unlock bootloader pada Asus Zenfone Live L1 ZA550KL sebenarnya cukup mudah. Salah satunya adalah dengan melakukan factory reset. Seperti yang kita tahu, melakukan factory reset pada smartphone akan membuat data yang ada di memori internal akan hilang. Karena itulah, pastikan kamu sudah melakukan backup pada data atau file yang dianggap penting. Untuk langkah-langkah melakukan factory reset pada Asus Zenfone Live L1 ZA550KL, bisa kamu simak di bawah ini:

  1. Pertama kamu matikan smartphone dengan menekan tombol power.
  2. Setelah itu, masuk ke recovery mode dengan cara menekan kombinasi tombol “Power + Volume Down (-)” secara bersamaan selama beberapa detik atau sampai muncul tampilan di layar. Biasanya juga akan ditandai dengan getaran.
  3. Selanjutnya pilih wipe data (full wipe) untuk melalukan factory reset. Kemudian restart kembali smartphone.
  4. Jika sudah, baru kamu bisa mengulangi cara unlock bootloader Asus Zenfone Live L1 ZA550KL di atas.

Penutup

Melakukan cara unlock bootloader pada Asus Zenfone Live L1 ZA550KL perlu dilakukan jika kamu ingin me-root atau mengoprek android. Jika kamu cukup nyaman dengan kondisi smartphone-mu saat ini, lebih baik tidak melakukan UBL. Mengingat konsekuensi yang bakal didapatkan pada smartphone tidak lebih baik daripada kondisi default smartphone. Jangan lupa share artikel ini di akun media sosial kamu agar bermanfaat untuk orang banyak.