Cara Unduh Lagu di Google Play Music Paling Mudah

Cara Unduh Lagu di Google Play Music – Mendengarkan musik merupakan salah satu aktivitas yang paling menyenangkan. Apalagi bagi mereka yang suka atau hobi bernyanyi, bermain band atau yang berhubungan dengan musik lainnya. Mendengarkan musik sekarang ini sudah bisa dilakukan hanya melalui genggaman smartphone. Bahkan menariknya lagi, kamu bisa mendengarkan beragam musik terbaru yang lagi hits, baik lagu lokal maupun lagu dari musisi luar negeri.

Cara Unduh Lagu di Google Play Music
Cara Unduh Lagu di Google Play Music

Salah satunya adalah melalui aplikasi pemutar musik resmi dari Google yang diberi nama Google Play Music. Aplikasi satu ini memang dikhususkan untuk pengguna yang ingin mendengarkan musik dengan kualitas audio terbaik. Beragam lagu bisa ditemukan di dalam aplikasi ini, termasuk lagu-lagu terbaru yang lagi hits.

Baca Juga:

Bukan hanya itu saja, di dalamnya juga disediakan fitur untuk mendownload musik yang disediakan di dalamnya. Musik yang sudah didownload tadi nantinya bisa kamu putar dengan mudah meski HP android tidak terhubung langsung ke jaringan internet. Meski begitu, tidak banyak pengguna yang tahu bagaimana cara unduh lagu di Google Play Music untuk diputar secara offline tersebut. Tetapi tenang saja, di bawah ini sudah saya rangkumkan bagaimana cara download lagu di Google Play Music yang paling mudah bisa kamu terapkan.

Cara Unduh Lagu di Google Play Music Paling Mudah

Cara Download Lagu di Google Play Music
Cara Download Lagu di Google Play Music

Seperti yang kita tahu, mendengarkan musik melalui aplikasi Google Play Music mengharuskan HP terhubung ke jaringan internet. Dengan begitu, kamu bisa melakukan streaming musik dengan nyaman sesuai genre lagu yang kamu sukai. Tetapi, ternyata kamu bisa juga loh mendengarkan lagu di Google Play Music tanpa HP terhubung ke internet. Caranya adalah dengan mengunduh lagu tersebut terlebih dahulu.

Lagu yang sudah didownload akan masuk ke daftar putar musik dan kamu bisa memutarnya meski HP tidak lagi terhubung ke jaringan internet. Adapun langkah-langkah mengunduh lagu di Google Play Music agar bisa diputar secara offline selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kamu buka aplikasi Google Play Music. Aplikasi ini biasanya terinstall secara default di HP android. Tetapi, jika ternyata aplikasi Google Play Music belum terinstall di HP android, maka kamu perlu menginstallnya secara manual melalui Google Play Store. Cari aplikasi Google Play Music di Play Store kemudian install seperti biasa.
  2. Jika sudah, sekarang langsung jalankan aplikasi Google Play Music tersebut. Jangan lupa untuk login ke akun Google Play Music dengan akun Google yang kamu miliki diperangkat.
  3. Pada tampilan utama aplikasi, sekarang kamu pilih opsi Album atau Playlist.
  4. Setelah itu, klik opsi Download (ikon arah ke bawah). Tunggu sampai proses download selesai, secara otomatis lagu tersebut akan tersimpan di aplikasi.

Cara di atas berlaku untuk pengguna yang tidak berlangganan lagu tertentu. Jika kamu merupakan langganan, ternyata juga bisa mengunduh album, playlist atau radio langganan tersebut. Dengan begitu, nantinya kamu juga bisa memutar lagu-lagu tersebut secara offline alias tanpa harus terhubung ke jaringan internet. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  1. Pertama kamu buka aplikasi Google Play Music di Hp androidmu.
  2. Setelah itu, klik opsi album, playlist, atau stasiun radio langgananmu.
  3. Selanjutnya klik opsi lainnya atau ikon tiga titik vertikal.
  4. Dan terakhir klik tombol Download.

Cara Download Lagu di Google Play Music di PC atau Laptop

Cara Download Lagu di Google Play Music di PC atau Laptop
Cara Download Lagu di Google Play Music di PC atau Laptop

Tidak hanya di perangkat android saja, Google Play Music juga bisa kamu akses melalui perangkat PC atau laptop. Menariknya lagi, lagu-lagu yang tersedia juga bisa kamu download ke perangkat komputermu untuk nantinya diputar secara offline.

Perlu diingat, kamu hanya bisa mendownload lagu di Google Play Music melalui PC atau laptop. Untuk stasiun radio tidak bisa didowload layaknya di HP android. Untuk langkah-langkah mengunduh lagu di Google Play Music melalui komputer, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama buka Web Player Google Play Musik melalui browser Chrome.
  2. Selanjutnya klik ikon tiga garis, kemudian masuk ke opsi Koleksi Musik.
  3. Setelah itu, pilih opsi Album atau Lagu.
  4. Sekarang tentukan album atau lagu yang ingin kamu download untuk didengarkan secara offline.
  5. Pada album atau lagu yang ingin didowload, kamu klik opsi Lainnya atau ikon tiga titik vertikal. Selanjutnya klik opsi Download atau Download Album.
  6. Tunggu proses download hingga selesai.

Penutup

Itulah tadi cara unduh lagu di Google Play Music yang paling mudah bisa kamu terapkan. Kamu bisa mengunduh lagu di Google Play Music melalui perangkat HP android maupun komputer, dan nantinya lagu yang diunduh bisa diputar tanpa harus lagi terhubung ke jaringan internet. Jangan lupa share informasi di atas agar juga bermanfaat untuk orang lain.